Comscore Tracker

Performa 6 Pembalap Tuan Rumah di MotoGP Inggris 2022, Ada yang Podium

Berlomba menjadi yang terbaik di Moto2 dan Moto3

Sejak Cal Crutchlow pensiun pada akhir musim 2020, belum ada lagi pembalap asal Inggris yang mengaspal secara reguler di kelas premier. Rider asal Negeri Ratu Elizabeth hanya turun balap di kelas ringan dan intermediate.

Kendati demikian, setidaknya 40.000 penonton yang memadati Sirkuit Silverstone pada hari Minggu (7/8/2022) masih bisa melihat langsung performa lima pembalap tuan rumah. Seharusnya ada enam orang, sayangnya, salah satu dari mereka cedera.

Pada balapan yang jadi seri pembuka pada paruh kedua tersebut, ada satu pembalap Inggris yang merebut podium. Bagaimana performa pembalap lainnya? Simak ulasan berikut ini, ya!

1. Jake Dixon (Moto2, finis podium ke-3)

Performa 6 Pembalap Tuan Rumah di MotoGP Inggris 2022, Ada yang PodiumJake Dixon (motogp.com)

Jake Dixon satu-satunya pembalap Inggris yang naik podium di kandang. Rider GASGAS Aspar Team itu memulai balapan dari urutan ke-6 dan mampu finis di posisi ke-3 setelah melibas 18 putaran. Selisih waktu Dixon kurang satu detik dari Augusto Fernandez yang menang.

Sepanjang musim, Jake Dixon telah mengumpulkan 3 podium ke-3. Ia kini berada di peringkat ke-7 pada klasemen sementara dengan raihan 92 poin.

2. Sam Lowes (Moto2, cedera)

Performa 6 Pembalap Tuan Rumah di MotoGP Inggris 2022, Ada yang PodiumSam Lowes (motogp.com)

Sam Lowes tak bisa ikut balapan di kandang. Pembalap tim Elf Marc VDS Racing itu cedera lantaran terjatuh pada sesi latihan bebas, Jumat (5/8/2022).

Baru melahap tiga lap, Lowes mengalami highside pada tikungan enam Sirkuit Silverstone. Pembalap yang musim ini baru merebut dua podium tersebut cedera pada bahu kirinya.

3. Rory Skinner (Moto2, finis posisi ke-21)

Performa 6 Pembalap Tuan Rumah di MotoGP Inggris 2022, Ada yang PodiumRory Skinner (motogp.com)

Rory Skinner adalah pembalap Inggris yang menjadi wildcard di Silverstone. Pembalap muda yang berkompetisi di British Superbike (BSB) ini turun balap di bawah naungan tim American Racing. Ia menjadi rekan Cameron Beaubier dan Sean Dylan Kelly setidaknya untuk dua seri balap di Inggris dan Austria.

Skinner memulai balapan dari urutan ke-24 di grid. Baru pertama kali menajajal kompetisi di kelas Moto2, ia finis di posisi ke-21.

Baca Juga: Augusto Fernandez Kudeta Puncak Klasemen Moto2 Milik Celestino Vietti

4. John McPhee (Moto3, finis posisi ke-7)

Performa 6 Pembalap Tuan Rumah di MotoGP Inggris 2022, Ada yang PodiumJohn McPhee (motogp.com)

John McPhee jadi pembalap Inggris di kelas Moto3 dengan hasil terbaik. Pembalap tim Sterilgarda Husqvarna Max tersebut start dari urutan ke-10 dan finis di posisi ke-7.

McPhee termasuk pembalap senior di Moto3. Ia debut di kelas ringan Grand Prix sejak musim 2010. Saat ini pembalap berusia 28 tahun itu baru mengemas 33 poin.

5. Scott Ogden (Moto3, finis posisi ke-12)

Performa 6 Pembalap Tuan Rumah di MotoGP Inggris 2022, Ada yang PodiumScott Ogden (motogp.com)

Scott Ogden adalah rookie Moto3 asal Inggris yang digadang-gadang jadi calon pembalap andalan Inggris di ajang Grand Prix. Pemuda berusia 18 tahun itu kini mengaspal bersama VisionTrack Racing Team.

Pada balapan debutnya di kandang sendiri, Ogden memulai balapan dari urutan ke-24 dan mampu finis di posisi ke-12. Sepanjang musim, ia telah mengoleksi 20 poin. Cukup bagus untuk seorang rookie.

6. Joshua Whatley (Moto3, finis posisi ke-21)

Performa 6 Pembalap Tuan Rumah di MotoGP Inggris 2022, Ada yang PodiumJoshua Whatley (motogp.com)

Sama seperti Scott Ogden, Joshua Whatley adalah pembalap rookie di tim VisionTrack Racing. Sayangnya, Whatley masih berjuang keras untuk beradaptasi di kelas Moto3. Ia masih belum berhasil mendapatkan poin.

Pada perlombaan di Silverstone, Whatley finis di posisi yang tak jauh beda dengan balapan-balapan sebelumnya. Ia start dari urutan ke-26 dan finis di posisi ke-21.

 

Pembalap muda Inggris masih butuh waktu untuk kembali berlaga di kelas utama. Menurutmu, siapa yang pada akhirnya akan meneruskan jejak Cal Crutchlow di MotoGP?

Baca Juga: Menanti Kejutan David Munoz pada Paruh Kedua Moto3

Ryan Budiman Photo Verified Writer Ryan Budiman

Hola... jadipunya.id

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya