Comscore Tracker

Kunci Sukses Tim Aprilia Racing Adalah Hubungan yang Harmonis

Aleix Espargaro dan Maverick Vinales berteman sangat akrab

Tak ada yang meragukan kesuksesan Aprilia Racing pada paruh pertama MotoGP musim 2022. Tim asal Italia tersebut kini memuncaki klasemen sementara kejuaraan dunia tim.

Bukan hanya karena performa RS-GP yang makin garang. Namun, keberhasilan Aprilia di atas lintasan berkat konsistensi dari dua pembalap andalan mereka, Aleix Espargaro dan Maverick Vinales.

1. Keduanya sudah mengemas 6 podium untuk Aprilia

Kunci Sukses Tim Aprilia Racing Adalah Hubungan yang HarmonisMaverick Vinales dan Aleix Espargaro (motogp.com)

Setelah melakoni sebelas balapan, Aleix Espargaro merebut 5 podium yang 1 di antaranya adalah kemenangan. Sedangkan Maverick Vinales berhasil merebut podium pertamanya bersama Aprilia saat balapan di Sirkuit Assen, Belanda.

Penampilan mereka saat balapan terakhir pada paruh pertama musim itu memang mengesankan. Ketika Maverick merebut podium ke-3, Aleix sendiri tampil luar biasa. Meski terlempar ke urutan 15 akibat terlibat insiden dengan Fabio Quartararo, Aleix bisa finis di posisi ke-4.

Setelah balapan usai, Aleix adalah salah satu orang pertama yang memberikan ucapan selamat kepada Vinales di parc ferme Sirkuit Assen. Keduanya terlihat begitu kompak dan harmonis. Seakrab itukah mereka?

2. Aleix Espargaro dan Maverick Vinales punya hubungan akrab

Kunci Sukses Tim Aprilia Racing Adalah Hubungan yang HarmonisAleix Espargaro dan Maverick Vinales (motogp.com)

Hubungan antara Aleix dan Vinales terjalin sejak lama. Tahun lalu, Aleix adalah orang yang mengajak Vinales bergabung ke Aprilia setelah ia hengkang dari Yamaha. Lebih jauh lagi, mereka bahkan pernah jadi rekan setim saat memperkuat Suzuki pada tahun 2015 dan 2016.

“Ketika kami bilang kami punya hubungan yang baik, kami tak hanya mengatakannya untuk keperluan pers. Kami benar-benar punya hubungan yang harmonis dan kami bekerja sama. Kami juga sering mengadakan tanya jawab teknis dengan para insinyur secara bersama-sama,” ungkap Aleix seperti dikutip Speedweek.

Baca Juga: Aleix Espargaro dan Maverick Vinales Bertahan di Aprilia Hingga 2024

3. Mereka kompak di atas lintasan

Kunci Sukses Tim Aprilia Racing Adalah Hubungan yang HarmonisMaverick Vinales dan Aleix Espargaro (motogp.com)

Aleix Espargaro memberikan contoh bagaimana ia dan Vinales cukup kompak di atas lintasan. Sejak seri balap di Italia, mereka berdua terlihat bekerja sama dalam sesi latihan.

“Maverick bilang ia sedikit kesulitan di Mugello, jadi ia bertanya padaku apakah ia bisa mengikutiku. Ia kemudian menyelesaikan sepuluh menit pertama FP3 tepat di belakangku.

Kami melihat slipstream-nya sekitar 10 km/jam dan kami mendiskusikannya. Kemudian aku menggunakan slipstream miliknya untuk mencari tahu seperti apa kondisi saat balapan dan bagaimana tekanan ban nantinya. Ada banyak hal (yang kami temukan) di sana,” ujar Aleix.

4. Hubungan harmonis adalah kunci untuk menjadi lebih cepat

Kunci Sukses Tim Aprilia Racing Adalah Hubungan yang HarmonisMaverick Vinales (motogp.com)

Aleix yang telah bergabung dengan pabirkan Noale sejak 2017 itu tahu betul bahwa hubungan yang harmonis bisa meningkatkan performa tim. Pembalap yang oleh kru Aprilia disebut Il Capitano tersebut menjadikan hubungan sesama tim sebagai kunci kesuksesan.

“Sangat bagus untuk bisa memiliki rekan setim yang punya hubungan bagus denganmu. Karena dengan begitu kamu bisa berkembang untuk menjadi cepat dan lebih cepat lagi,” kata Aleix dilansir Speedweek.

5. Tahun 2022 jadi musim tersukses Aprilia

Kunci Sukses Tim Aprilia Racing Adalah Hubungan yang HarmonisAleix Espargaro (motogp.com)

MotoGP musim 2022 memang belum usai, tetapi prestasi Aleix dan Vinales sudah terlihat. Aleix kini menjadi runner-up pada klasemen sementara. Selisihnya dengan Quartararo hanya 21 poin. Dengan begitu, Aleix punya peluang merebut gelar juara dunia.

Vinales, di sisi lain, menunjukkan peningkatan performa di atas RS-GP. Sepertinya tinggal menunggu waktu sampai pembalap berjuluk Top Gun itu mampu merebut kemenangan pertamanya dengan Aprilia.

 

Baik Aleix Espargaro maupun Maverick Vinales punya kesempatan untuk tampil lebih trengginas pada paruh kedua musim. Dengan sisa 9 balapan, mungkinkah keduanya bisa merebut lebih banyak podium?

Baca Juga: Senangnya Maverick Vinales Naik Podium Bersama Aprilia pada GP Belanda

Ryan Budiman Photo Verified Writer Ryan Budiman

Hola... jadipunya.id

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya