Marc Marquez Yakin Honda Kuat Saat Tandem dengan Joan Mir

Ada dua juara dunia di garasi Repsol Honda

Repsol Honda akan menjadi salah satu tim terkuat di grid balap MotoGP 2023. Bagaimana tidak, kedua pembalapnya adalah pembalap berpengalaman yang punya pengalaman merebut gelar juara dunia.

Pada akhir Agutus 2022 lalu, Repsol Honda meresmikan bergabungnya Joan Mir. Pembalap Suzuki tersebut akan menggantikan Pol Espargaro sebagai tandem Marc Marquez mulai musim 2023.

Kehadiran Mir di garasi Repsol Honda disambut hangat Marc Marquez. Bagi Marquez, Mir bisa membantunya membuat Honda kembali menjadi tim yang kuat. Sementara itu, Marc Marquez fokus adaptasi dengan motor RC213V musim ini.

1. Marquez yakin Mir bisa beradaptasi dengan Honda

Marc Marquez Yakin Honda Kuat Saat Tandem dengan Joan MirMarc Marquez (motogp.com)

Kendati Joan Mir datang dari tim dengan konfigurasi motor berbeda, Marc Marquez yakin Mir bisa beradaptasi di atas RC213V. Sebagai catatan, sepanjang 4 tahun kariernya di MotoGP, Mir selalu memacu Suzuki yang bermesin inline-4. Berbeda dengan Honda yang bermesin V4.

“Ia merupakan salah satu pembalap terbaik yang ada di pasar. Lebih dari segalanya, ia mampu beradaptasi. Ia memiliki kemampuan beradaptasi ketika datang ke kondisi yang berbeda dan motor yang berbeda,” kata Marc Marquez dilansir Motorsport-total.

2. Marc Marquez tak meragukan kehebatan seorang Joan Mir

Marc Marquez Yakin Honda Kuat Saat Tandem dengan Joan MirMarc Marquez dan Joan Mir (motogp.com)

Bukan tanpa alasan Marc Marquez punya keyakinan kepada Joan Mir. Sebagai sesama pembalap di kelas premier, Marquez tahu bagaimana aksi Mir di lintasan balap.

“Kamu lihat caranya melakukan motorcross, flat track, atau bahkan karting pada kondisi campuran, dan ia selalu ada di sana, ia selalu cepat. Juga, Mir adalah juara dunia MotoGP,” ujar juara dunia delapan kali ini dengan yakin.

Baca Juga: Resmi! Marc Marquez Comeback di MotoGP Aragon

3. Prestasi Joan Mir memang bukan kaleng-kaleng

Marc Marquez Yakin Honda Kuat Saat Tandem dengan Joan MirJoan Mir (instagram.com/joanmir36official)

Joan Mir bukan pembalap sembarangan, ia seorang juara dunia. Pada 2017, ia mengamankan gelar juara dunia di kelas Moto3. Hanya setahun mengaspal di Moto2, Mir langsung promosi ke kelas MotoGP dan memperkuat Suzuki untuk musim 2019.

Setahun berikutnya, pada 2020, Joan Mir tak menyia-nyiakan kesempatan untuk masuk ke daftar para juara di kelas premier. Hanya butuh 2 tahun bagi Mir untuk menjadi seorang juara dunia MotoGP.

4. Marquez yakin Mir bisa membuat tim Repsol Honda kuat

Marc Marquez Yakin Honda Kuat Saat Tandem dengan Joan MirMarc Marquez (motogp.com)

Marc Marquez melihat Joan Mir akan jadi tandem yang cocok untuk musim 2023. Dengan kehebatan dan kecepatan yang dimilikinya, Marquez percaya diri bisa membuat tim Repsol Honda makin kuat.

“Aku pikir kami punya tim yang sangat kuat. Aku pikir aku dan Mir bisa berada di depan. Tentu saja kami harus bekerja sama. Maksudku bersama adalah dengan Honda agar bisa mencapai tujuan akhir, yaitu memperjuangkan kemenangan pada tiap balapan dan kejuaraan dunia,” kata The Baby Alien dilansir Motorsport-total.

5. Marc Marquez dan Joan Mir akan turun balap di MotoGP Aragon

Marc Marquez Yakin Honda Kuat Saat Tandem dengan Joan MirMarc Marquez dan Joan Mir (motogp.com)

Pada 2022 ini, performa Marc Marquez dan Joan Mir sama-sama tak apik. Marquez didera cedera. Setelah memutuskan untuk melakukan operasi keempat pada humerusnya, Marquez harus cuti lebih dari 3 bulan. Ia kini sudah pulih dan berencana turun balap di MotoGP Aragon.

Meski banyak absen, Marquez tetap menjadi pembalap Honda dengan poin tertinggi pada klasemen sementara. Ia menempati peringkat ke-15 dengan raihan 60 poin. Joan Mir berada tak terlalu jauh. Ia hanya menempati urutan ke-13 dengan 77 poin.

Mir juga sebenarnya bernasib malang musim ini. Ia tak bisa tampil konsisten. Sejak Suzuki mengumumkan keluar dari kejuaraan dunia Grand Prix, Mir banyak terjatuh. Pada kecelakaan terakhirnya di Austria, ia cedera pada pergelangan kaki kanan dan terpaksa melewatkan balapan di seri San Marino.

Sama seperti Marc Marquez, Joan Mir dikabarkan akan kembali turun balap di MotoGP Aragon. Pada balapan nanti, mampukah Mir dan Marquez tampil kompetitif di barisan depan?

Baca Juga: Joan Mir Ingin Nikmati Seri-Seri Terakhir Bersama Suzuki

Ryan Budiman Photo Verified Writer Ryan Budiman

Hola... jadipunya.id

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya