Marco Bezzecchi Jadi Rookie Tercepat di Tes Pramusim MotoGP Mandalika

Pembalap muda Italia murid The Doctor!

Tes Pramusim MotoGP di Sirkuit Mandalika yang berlangsung pada Jumat hingga Minggu (13/2/2022) telah selesai. Setelah tiga hari bergelut dengan kondisi menantang di lintasan anyar ini, para rider dan tim bisa mengumpulkan data pengaturan terbaik untuk motor mereka.

Di antara 24 pembalap yang berpartispasi, ada pembalap debutan yang juga mencoba beradaptasi dengan keganasan motor MotoGP. Bagaimana hasil para rookie pada tes pramusim di Sirkuit Mandalika? Berikut ini catatan waktunya seperti dilansir laman resmi MotoGP.

1. Marco Bezzecchi (1 menit 31,901 detik)

Marco Bezzecchi Jadi Rookie Tercepat di Tes Pramusim MotoGP MandalikaMarco Bezzecchi (motogp.com)

Marco Bezzecchi menjadi rookie tercepat dengan catatan waktu 1 menit 31,901 detik. Pembalap VR46 Racing Team ini mengandalkan Ducati Desmosedici GP21. Secara keseluruhan, Bezzecchi menempati posisi ke-20. Selisih waktu dengan Pol Espargaro yang merupakan pembalap tercepat di sesi tes Mandalika sekitar 0,841 detik.

“Aku sangat senang dengan hasil tesnya. Khususnya di sini, di Indonesia, kita mulai dengan cukup sulit, tetapi peningkatannya cukup besar jadi aku sangat senang dengan tes pramusim ini. Dan sekarang aku tak sabar untuk berlaga pada seri pertama di Qatar,” kata Bezzecchi dikutip MotoGP.com.

2. Fabio Di Giannantonio (1 menit 31,915 detik)

Marco Bezzecchi Jadi Rookie Tercepat di Tes Pramusim MotoGP MandalikaFabio Di Giannantonio (motogp.com)

Fabio Di Giannantonio mencatatkan waktu 1 menit 31,915 detik. Memacu Ducati Desmosedici GP21, pembalap tim Gresini Racing ini menempati posisi ke-21. Ia cukup puas dengan hasil tes pramusim pertamanya di kelas premier.

“Aku bisa katakan ini tes pramusim yang bagus buat kami. Aku bisa meningkatkan banyak (kemampuanku) dengan motor selama tes berlangsung,” ungkap Diggia dilansir MotoGP.com.

Baca Juga: Ingin Menonton MotoGP 2022 Mandalika? Segera Cari Penginapan

3. Raul Fernandez (1 menit 32,401 detik)

Marco Bezzecchi Jadi Rookie Tercepat di Tes Pramusim MotoGP MandalikaRaul Fernandez (motogp.com)

Memacu KTM RC16, Raul Fernandez mencatatkan waktu 1 menit 32,401 detik. Hasil ini membuatnya berada di posisi ke-22. Sayangnya, Fernandez tidak bisa mengikuti tes hingga hari ketiga.  

Ia hanya bisa menyelesaikan tujuh putaran pada hari terakhir. Pembalap Spanyol ini mengalami cedera kepala karena sehari sebelumnya ia mengalami kecelakaan yang mengakibatkan kepalanya memar.

4. Remy Gardner (1 menit 32,598 detik)

Marco Bezzecchi Jadi Rookie Tercepat di Tes Pramusim MotoGP MandalikaRemy Gardner (motogp.com)

Remy Gardner yang menggeber RC16 mencatatkan waktu 1 menit 32,598 detik yang menempatkannya di urutan ke-23. Hasil ini ia dapatkan pada tes hari kedua. Pada hari ketiga, catatan waktunya tak jadi lebih baik. Pembalap Australia ini memang masih mengalami cedera pergelangan tangan kanan akibat kecelakaan saat latihan off-road Januari lalu.

5. Darryn Binder (1 menit 33,049 detik)

Marco Bezzecchi Jadi Rookie Tercepat di Tes Pramusim MotoGP MandalikaDarryn Binder (motogp.com)

Darryn Binder sebenarnya tampil dengan konsisten. Catatan waktunya terus membaik sejak hari pertama hingga ketiga. Ia mencatatkan waktu tercepat 1 menit 33,049 detik. Pembalap yang langsung loncat dari Moto3 ini memang tak berekspektasi tinggi. Tujuannya hanya ingin belajar banyak dan bisa beradaptasi dengan YZR-M1.

Untuk perbandingan yang lebih jelas, berikut ini hasil waktu kombinasi tes pramusim di Sirkuit Mandalika, 11—13 Februari 2022:

  • 1. Pol Espargaro (Repsol Honda Team) - 1 menit 31,060 detik
  • 2. Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha) - 1 menit 31,074 detik
  • 9. Marc Marquez (Repsol Honda Team) - 1 menit 31,481 detik
  • 20. Marco Bezzecchi (Mooney VR46 Racing Team) - 1 menit 31,901 detik
  • 21. Fabio Di Giannantonio (Gresini Racing) - 1 menit 31,915 detik
  • 22. Raul Fernandez (Tech3 KTM Factory Racing) - 1 menit 32,401 detik
  • 23. Remy Gardner (Tech3 KTM Factory Racing) - 1 menit 32,598 detik
  • 24. Darryn Binder (WithU Yamaha RNF) - 1 menit 33,049 detik

Usai sudah tes pramusim MotoGP musim ini. Semua pembalap akan bersiap untuk mengikuti seri balapan pertama yang akan berlangsung pada 4—6 Maret 2022 di Sirkuit Losail, Qatar. Siapa nih kira-kira yang akan jadi juaranya?

Baca Juga: Tes Pramusim Sukses, MotoGP Diperkirakan Dihadiri 200 Ribu Penonton

Ryan Budiman Photo Verified Writer Ryan Budiman

Hola... jadipunya.id

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya