Menggeber Suzuki GSX-RR Jadi Momen Terbaik Aleix Espargaro

Lebih berkesan daripada menang di Argentina bersama Aprilia

Hengkangnya Suzuki dari MotoGP sangat disayangkan. Bagi para mantan pembalapnya, Suzuki adalah tim dan motor yang layak dikenang, tak terkecuali untuk Aleix Espargaro.

Saat Suzuki kembali ke MotoGP pada akhir musim 2014, Aleix Espargaro adalah salah satu pembalap reguler pabrikan Hamamatsu. Aleix masih terkesan dengan pengalaman pertamanya menggeber GSX-RR.

1. Momen-momen terbaik Aleix Espargaro di MotoGP

Menggeber Suzuki GSX-RR Jadi Momen Terbaik Aleix EspargaroAleix Espargaro saat berseragam Suzuki. (motogp.com)

“Memori terbaikku di MotoGP adalah podium pertamaku, kemenangan pertamaku, dan uji coba Suzuki hari Senin untuk pertama kalinya,” kata rider yang kini memperkuat Aprilia Racing itu seperti dikutip Motorsport-Total.

Aleix merebut podium pertamanya (P2) di kelas premier pada 2014 di atas Forward Yamaha. Kemenangan pertamanya baru terjadi pada musim 2022 bersama Aprilia di Argentina. Sementara bersama Suzuki, Aleix pertama kali menaiki GSX-RR pada akhir musim 2014.

2. Tes perdana Suzuki lebih baik daripada kemenangan di Argentina

Menggeber Suzuki GSX-RR Jadi Momen Terbaik Aleix EspargaroAleix Espargaro saat mengikuti tes Valencia 2014. (motogp.com)

Setelah berakhirnya seri pemungkas musim 2014 di Valencia, Suzuki memang kembali ke paddock MotoGP setelah sebelumnya keluar sejak 2011. Pada tes pascamusim tahun itulah pertama kalinya Aleix menggeber Suzuki GSX-RR, hasil racikan pabrikan Hamamatsu.

“Tes ini mungkin lebih baik dari kemenanganku di Argentina. Ketika kamu semakin tua dan telah berada di paddock selama sepuluh atau 12 tahun dan kamu bisa menguji motor pabrikan untuk pertama kalinya, itu sangat luar biasa!” kenang Aleix.

Baca Juga: Bersepeda Jadi Sarana Self Healing bagi Aleix Espargaro, Kok Bisa?

3. Aleix Espargaro masih ingat sensasinya

Menggeber Suzuki GSX-RR Jadi Momen Terbaik Aleix EspargaroAleix Espargaro saat menjajal Suzuki di tes Valencia 2014. (motogp.com)

“Saat aku pertama kali mengendarai Suzuki keluar dari pit, seluruh tubuhku gemetar,” kata pembalap berusia 33 tahun itu dilansir Motorsport-Total.

Aleix Espargaro membalap untuk tim pabrikan Suzuki selama dua tahun, yaitu 2015 dan 2016. Sayangnya, ia tak meraih satu pun podium. Hasil terbaiknya adalah finis P4 di GP Jepang 2016.

4. Aleix pernah merebut pole position bersama Suzuki

Menggeber Suzuki GSX-RR Jadi Momen Terbaik Aleix EspargaroAleix Espargaro tampil pada sesi kualifikasi GP Catalunya 2015. (motogp.com)

Meski tak pernah podium, Aleix pernah mencetak momen manis dengan merebut pole position bersama Suzuki. Pada musim debutnya bersama GSX-RR, ia memulai balapan dari urutan pertama di GP Catalunya.

Kala itu, Aleix berada di depan rekan setimnya, Maverick Vinales. Ternyata, Maverick Vinales juga yang mempersembahkan kemenangan pertama bagi Suzuki.

5. Hengkangnya Suzuki sangat menyedihkan

Menggeber Suzuki GSX-RR Jadi Momen Terbaik Aleix EspargaroTim Suzuki Ecstar musim 2015 (motogp.com)

Bagai petir di siang bolong, Suzuki malah memutuskan keluar dari MotoGP akhir musim 2022. Semua penghuni paddock MotoGP, termasuk Aleix Espargaro, dibuat terkejut.

“Itu sangat menyedihkan! Sangat menyedihkan dan kabar buruk bagi olahraga kita,” kata Aleix dikutip Motorsport-Total.

 

Suzuki punya sejarah 'putus nyambung' di MotoGP. Namun, kali ini ada dugaan Suzuki akan pergi lama dari ajang Grand Prix. Cepat comeback ya, Suzuki!

Baca Juga: 5 Pencapaian Aleix Espargaro di MotoGP 2022, Bersejarah!

Ryan Budiman Photo Verified Writer Ryan Budiman

Hola... jadipunya.id

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya