Comscore Tracker

Menilik Performa Ducati di Sirkuit Jerez sejak Berlaga di MotoGP

Hanya ada 2 rider Ducati yang pernah menang di Sirkuit Jerez

Sudah sejak tahun 1987, Sirkuit Jerez menggelar MotoGP. Selama itu, Ducati hanya bisa merebut dua kemenangan di kelas premier.

Ducati sendiri baru turun balap di ajang grand prix sejak 2003. Periode yang termasuk baru jika dibandingkan pabrikan lain seperti Honda dan Yamaha. Mari menilik performa Ducati di sirkuit Jerez sejak berlaga di MotoGP!

1. Pabrikan Jepang paling banyak menang di Sirkuit Jerez

Menilik Performa Ducati di Sirkuit Jerez sejak Berlaga di MotoGPilustrasi saling menyalip di tikungan balap (motogp.com)

Honda menjadi pabrikan yang paling banyak menang di Sirkuit Jerez dengan mengoleksi 22 kemenangan. Lalu Yamaha menyusul dengan 10 kemenangan. Pabrikan Jepang lain, Suzuki, baru 2 kali menang di sirkuit sepanjang 4,4 km ini.

Raihan itu sama dengan Ducati yang juga merebut 2 kemenangan. Loris Capirossi dan Jack Miller pernah jadi pembalap Ducati yang pertama melewati garis finis.

2. Loris Capirossi menang pada musim 2006

Menilik Performa Ducati di Sirkuit Jerez sejak Berlaga di MotoGPLoris Capirossi (motogp.com)

Ducati berlaga di MotoGP sejak 2003. Pabrikan asal Borgo Panigale ini terbilang jarang menang di Sirkuit Jerez. Kemenangan pertama Ducati di sini dipersembahkan oleh Loris Capirossi pada 2006.

Selain menang saat balapan, Capirossi juga merebut pole position dan mencatatkan waktu tercepat. Saat melewati chequered flag, ia mengasapi dua pembalap Repsol Honda, Dani Pedrosa dan Nicky Hayden.

Baca Juga: Serba-serbi Statistik Menarik Jelang MotoGP di Sirkuit Jerez

3. Jack Miller menang pada musim 2021

Menilik Performa Ducati di Sirkuit Jerez sejak Berlaga di MotoGPJack Miller (instagram.com/jackmilleraus)

Kemenangan Ducati berikutnya di Sirkuit Jerez terpaut cukup jauh. Baru pada musim 2021 Ducati yang dikendarai Jack Miller kembali merebut kemenangan. Tak hanya menang, Miller dan rekan setimnya, Francesco Bagnaia, mempersembahkan podium ganda untuk Ducati.

Jack Miller memang sudah tampil apik sejak sesi kualifikasi sehingga bisa start dari barisan depan. Namun, saat balapan, Fabio Quartararo yang sebenarnya mendominasi. Sayangnya, pembalap tim pabrikan Yamaha itu mengalami cedera arm pump sehingga membuatnya tercecer ke posisi belakang.

Nasib malang untuk Quartararo, tetapi keuntungan untuk duo Ducati. Jack Miller dan Francesco Bagnaia bisa mengambil kesempatan untuk merebut podium pertama dan ke-2. Mereka ditemani oleh Franco Morbidelli di posisi ke-3.

4. MotoGP seri Spanyol musim 2022 jadi ajang perburuan podium bagi para rider Ducati

Menilik Performa Ducati di Sirkuit Jerez sejak Berlaga di MotoGPJack Miller dan Francesco Bagnaia (motogp.com)

Awal musim 2022 cukup menyulitkan bagi tim pabrikan Ducati. Dalam lima balapan yang sudah digelar, belum ada satu pun kemenangan yang bisa mereka bawa pulang.

Ducati Desmosedici GP22 masih belum menemukan pengaturan terbaiknya. Justru Enea Bastianini dari Gresini Racing yang bisa dua kali menang dengan menggeber Desmosedici GP21. Hasil terbaik tim pabrikan Ducati hanya podium ke-3 yang diraih oleh Jack Miller pada GP Amerika.

5. Miller dan Bagnaia punya tantangan besar untuk bisa merebut kemenangan di Sirkuit Jerez

Menilik Performa Ducati di Sirkuit Jerez sejak Berlaga di MotoGPFrancesco Bagnaia dan Fabio Quartararo. (motogp.com)

Seri balapan keenam MotoGP musim 2022 akan berlangsung di Sirkuit Jerez pada Minggu (1/5/2022). Ada harapan besar di pundak Jack Miller untuk bisa menjadi pemenang seperti tahun lalu. Francesco Bagnaia pun punya ambisi untuk merebut podium pertamanya musim ini.

Hanya saja, mereka harus berhadapan dengan pembalap lain yang tak kalah tangguh. Tantangan terbesar bagi mereka adalah Fabio Quartararo.

Sejak 2019, pembalap Monster Energy Yamaha itu tampil trengginas di Sirkuit Jerez. Dari 4 balapan yang ia lakoni di sini, Quartararo meraih 4 kali pole position dan 2 kali menang dengan rata-rata selisih waktunya lebih dari 4,5 detik.

 

Yamaha dengan Fabio Quartararo punya peluang besar untuk merebut kemenangan di Sirkuit Jerez. Namun, bukan tak mungkin bagi Jack Miller dan Francesco Bagnaia untuk juga mendapatkan hasil maksimal. Pada balapan nanti, bisakah pembalap Ducati menambah koleksi kemenangannya?

Baca Juga: 6 Pembalap MotoGP asal Spanyol yang Pernah Menang di Jerez

Ryan Budiman Photo Verified Writer Ryan Budiman

Hola... jadipunya.id

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya