MotoGP Jerman 2022 Jadi Seri Balap Paling Memalukan bagi Honda

Tak ada pembalap Honda yang meraih poin

Honda benar-benar kehilangan dominasinya di Sachsenring. Tanpa kehadiran Marc Marquez, performa Honda di MotoGP Jerman yang digelar pada Minggu (19/6/2022) benar-benar mengecewakan. Pasalnya, hampir semua pembalapnya tak bisa menyelesaikan balapan karena berbagai alasan.

Dari 4 pembalap yang berlaga, hanya 1 yang finis. Itu pun tak menghasilkan poin. Dengan capaian seperti itu, baru kali ini Honda tak bisa menghasilkan satu poin pun di ajang MotoGP.

1. Pertama kalinya Honda tak meraih poin dalam balapan MotoGP yang diikutinya

MotoGP Jerman 2022 Jadi Seri Balap Paling Memalukan bagi HondaRepsol Honda Team (hondaracingcorporation.com)

Honda terakhir kali tidak meraih poin dalam sebuah balapan 40 tahun lalu. Saat MotoGP Prancis di Sirkuit Nogaro pada 1982, para pembalapnya memboikot balapan karena kondisi trek yang dinilai membahayakan. Akibatnya, Honda kehilangan poin.

Kejadian kali ini berbeda. Sachsenring jadi saksi bisu Honda mendapatkan poin nihil lantaran para pembalapnya tak bisa finis di posisi lima belas besar.

Paling mengecewakan, ini terjadi di sirkuit di mana Honda pernah menang sebelas kali beruntun. Tiga dengan Dani Pedrosa dan delapan dengan Marc Marquez.

2. Stefan Bradl finis, tetapi di luar zona poin

MotoGP Jerman 2022 Jadi Seri Balap Paling Memalukan bagi HondaStefan Bradl (motogp.com)

Stefan Bradl yang merupakan pembalap pengganti Marc Marquez jadi satu-satunya yang mampu finis di Sachsenring. Pembalap tuan rumah itu memulai balapan dari urutan ke-18 dan finis di posisi ke-16.

Meski mampu menuntaskan balapan, Bradl tak mendapatkan poin lantaran finis di luar zona poin (lima belas besar). Usai Grand Prix, Bradl pun mengkritik motor Honda yang begitu panas. Kondisinya diperparah dengan temperatur sekitar sirkuit yang mencapai 35 derajat celcius.

“Aku hanya mencoba untuk menyelesaikan balapan. Secara fisik (panasnya) itu di luar batas. Aku pun mengalami luka bakar di kaki kananku karena sangat panas. Kondisi ini tak bisa diterima, kami harus memperbaikinya,” kata Bradl seperti dikutip The Race.

Baca Juga: GP Qatar Tak Akan Jadi Seri Pembuka pada Kalender Balap MotoGP 2023

3. Pol Espargaro tak mampu menuntaskan balapan

MotoGP Jerman 2022 Jadi Seri Balap Paling Memalukan bagi HondaPol Espargaro (motogp.com)

Pol Espargaro merasakan penderitaan yang sama dengan Bradl. Ia begitu kepanasan di atas RC213V. Temperatur motor yang ditungganginya mencapai 100 derajat celcius. Panas di dalam kakinya mencapai 50 derajat celcius.

Ia bahkan sempat pusing saat balapan. Dengan kondisi fisik yang kesakitan akibat terjatuh saat sesi latihan bebas, Pol Espargaro memutuskan untuk tak melanjutkan balapan setelah melewati 21 putaran.

“Aku tak bisa bernapas, aku pun merasa pusing dan kakiku begitu kepanasan. Ini adalah masalah yang sudah kami alami selama 2 tahun sejak aku bergabung. (Balapan di Sachsenring) cukup menyakitkan sehingga aku putuskan untuk berhenti,” kata Pol dikutip The Race.

4. Alex Marquez kembali ke pitbox lantaran masalah teknis

MotoGP Jerman 2022 Jadi Seri Balap Paling Memalukan bagi HondaAlex Marquez (motogp.com)

Sama dengan dua rekannya di tim pabrikan Honda, pembalap tim LCR pun tak mampu menyelesaikan balapan. Alex Marquez harus kembali ke pitbox setelah melewati tujuh putaran.

Motor RC213V yang dikendarai Alex mengalami gangguan teknis. Masalahnya ada pada rear ride-height device yang tak berfungsi sejak awal balapan.

5. Takaaki Nakagami terjatuh dan selesai balapan lebih awal

MotoGP Jerman 2022 Jadi Seri Balap Paling Memalukan bagi HondaTakaaki Nakagami (motogp.com)

Takaaki Nakagami sejatinya merupakan pembalap Honda dengan posisi start paling baik di Sachsenring. Pembalap tim LCR ini memulai balapan di urutan ke-10.    

Meski begitu, ia jadi satu-satunya pembalap Honda yang tak finis karena terjatuh. Baru melewati putaran ketujuh, Nakagami terpaksa balapan lebih awal. Harapannya untuk mengoleksi tambahan poin pun hilang.

MotoGP Jerman jadi balapan yang pastinya akan dilupakan Honda. Pada seri Grand Prix berikutnya di Belanda, bisakah pabrikan asal Jepang ini mengemas hasil yang lebih baik?

Baca Juga: 5 Pembalap MotoGP 2022 yang Menang pada 7 Seri Balapan

Ryan Budiman Photo Verified Writer Ryan Budiman

Hola... jadipunya.id

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya