GP Qatar Tak Akan Jadi Seri Pembuka pada Kalender Balap MotoGP 2023

GP Indonesia bisa jadi kandidat seri pertama musim depan

Qatar sudah langganan menjadi seri pembuka dalam kalender balap MotoGP sejak musim 2007. Namun, pada musim 2023 mendatang GP Qatar tak akan jadi seri pembuka seperti biasanya.

Lantas, apa yang menyebabkan GP Qatar tak menyandang status sebagai seri balap pembuka untuk musim 2023? Lalu, sirkuit mana saja yang menjadi kandidat untuk menggelar seri pertama musim depan?

Simak ulasan lengkapnya berikut ini, ya!

1. GP Qatar mulai debut pada musim 2004, gelar balapan pada hari Sabtu

GP Qatar Tak Akan Jadi Seri Pembuka pada Kalender Balap MotoGP 2023potret Sete Gibernau, Colin Edwards, dan Ruben Xaus pada podium GP Qatar 2004 (motogp.com)

Sebelum membahas alasan di balik GP Qatar tak menjadi seri balap pertama dalam kalender musim 2023, ada baiknya kita melihat sejarah GP Qatar pada ajang MotoGP. Mari sejenak kembali ke musim 2004.

Musim tersebut adalah debut GP Qatar menggelar balapan MotoGP. Saat itu, main race yang berlangsung di Lusail International Circuit berlangsung pada hari Sabtu siang, bukan pada hari Minggu seperti sekarang ini.

Main race GP Qatar tetap digelar pada hari Sabtu pada musim 2005. Barulah pada musim 2006 balapan digelar seperti seri-seri balap lainnya, yaitu pada hari Minggu.

2. Sandang status sebagai balapan pembuka sejak 2007, gelar balapan malam mulai 2008

GP Qatar Tak Akan Jadi Seri Pembuka pada Kalender Balap MotoGP 2023potret Casey Stoner dan Jorge Lorenzo pada balapan GP Qatar 2008 (motogp.com)

GP Qatar baru menyandang status sebagai balapan pembuka dalam kalender balap pada 2007. Sejak saat itu, Qatar selalu rutin membuka musim MotoGP hingga pada musim 2022 ini.

Terkait balapan malam, GP Qatar baru melakukannya pada musim 2008. Hingga kini, GP Qatar menjadi satu-satunya seri balap yang menggelar main race pada malam hari.

Baca Juga: Catatan dari Para Petinggi di MotoGP Terkait Keputusan Suzuki

3. Alasan GP Qatar tak menggelar balapan sebagai seri pertama pada musim 2023

GP Qatar Tak Akan Jadi Seri Pembuka pada Kalender Balap MotoGP 2023potret salah satu momen pada GP Qatar 2022 (motogp.com)

Posisi GP Qatar sebagai seri pertama dalam kalender balap MotoGP akan berganti pada musim 2023. Hal ini karena pihak sirkuit bakal melakukan renovasi besar-besaran pada beberapa bagian.

"Lusail International Circuit akan melakukan renovasi besar-besaran dan renovasi pada area paddock dan fasilitas sirkuit untuk tahun 2023.

Trek telah dikonfirmasi ada dalam kalender MotoGP setidaknya hingga 2031. Pengerjaan ini akan membuat venue motorsport unggulan di Timur Tengah ini semakin menegaskan statusnya sebagai salah satu fasilitas balap dengan perlengkapan terbaik di dunia," bunyi pernyataan resmi seperti dilansir Motorsport.com.

4. GP Qatar tetap akan ada pada musim 2023, tapi digelar menjelang akhir musim

GP Qatar Tak Akan Jadi Seri Pembuka pada Kalender Balap MotoGP 2023potret salah satu momen GP Qatar 2022 (motogp.com)

Lebih lanjut, pihak Lusail International Circuit menegaskan jika sirkuit akan tetap menggelar balapan GP Qatar musim depan. Akan tetapi, pekan balap akan dihelat menjelang akhir musim.

Ini menjadi pertama kalinya MotoGP menggelar seri pertama dengan tidak menggelar balapan di Qatar. Terakhir kali seri pertama digelar di luar Qatar adalah pada musim 2006.

Ketika itu, sirkuit Jerez didapuk sebagai balapan pembuka dengan tajuk GP Spanyol. GP Qatar pada musim 2006 tercatat sebagai seri kedua setelah GP Spanyol.

5. GP Indonesia dan Australia berpeluang menjadi seri pembuka MotoGP 2023

GP Qatar Tak Akan Jadi Seri Pembuka pada Kalender Balap MotoGP 2023potret salah satu momen GP Indonesia 2022 (motogp.com)

Memang, kalender balap musim 2023 masih belum diumumkan. Akan tetapi, sejumlah trek dikabarkan menjadi kandidat untuk menggelar balapan sebagai seri pembuka.

Dilansir Crash, GP Indonesia termasuk salah satu yang berpeluang menggelar seri pertama MotoGP musim 2023. Selain itu, ada GP Australia yang dikabarkan akan pindah jadwal dari Oktober ke Maret dengan alasan kondisi cuaca yang lebih baik.

Layak dinanti siapa yang kira-kira bakal menyandang status sebagai balapan pembuka pada musim 2023. Apakah Sirkuit Mandalika bisa mendapatkannya? Semoga saja, ya!

Baca Juga: 9 Potret Mural Ikonik Dua Terowongan Sirkuit Mandalika, Artistik!

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya