Comscore Tracker

Sederet Pembalap Pecahkan Rekor Putaran Marc Marquez di MotoGP Inggris

Motor MotoGP makin kencang

Sudah tiga tahun rekor putaran tercepat milik Marc Marquez bertahan di Sirkuit Silverstone. Pembalap tim Repsol Honda itu mencatatkan waktu 1 menit 58,168 detik dalam gelaran MotoGP Inggris musim 2019.

Kini, pada musim 2022, rekor baru terlahir. Tak tanggung-tanggung, sebanyak delapan pembalap bisa membukukan waktu putaran yang lebih cepat dari yang diraih Marquez.

1. Johann Zarco pecahkan rekor, jadi pole sitter

Sederet Pembalap Pecahkan Rekor Putaran Marc Marquez di MotoGP InggrisJohann Zarco (motogp.com)

Johann Zarco jadi yang tercepat dalam sesi kualifikasi (Q2) di MotoGP Inggris. Pembalap tim Pramac Racing itu membukukan waktu 1 menit 57,767 detik. Raihan waktunya tentu lebih baik dari milik Marc Marquez. Saat ini Zarco jadi pemegang all time lap record di Sirkuit Silverstone.

Hasil apik itu juga mengantarkan Zarco jadi pole sitter. Pada balapan hari Minggu (7/8/2022), pengendara Ducati Desmosedici GP22 itu memulai balapan dari urutan paling depan.

2. Zarco dan Vinales raih waktu putaran kurang dari 1 menit 57,9 detik

Sederet Pembalap Pecahkan Rekor Putaran Marc Marquez di MotoGP InggrisMaverick Vinales (motogp.com)

Selain Johann Zarco, ada satu pembalap lain yang mencatatkan waktu cepat. Perolehan waktu mereka tak jauh berbeda. Maverick Vinales yang mengendarai Aprilia RS-GP meraih waktu putaran 1 menit 57,865 detik.

Mereka adalah dua pembalap yang mampu meraih waktu putaran kurang dari 1 menit 57,9 detik. Bagi Vinales, ini merupakan hasil kualifikasi terbaiknya sejak ia menjadi penggawa tim Aprilia Racing.

Baca Juga: Gaya Balap Aneh Aleix Espargaro Justru Cocok dengan Aprilia

3. Empat pembalap raih waktu putaran kurang dari 1 menit 58 detik

Sederet Pembalap Pecahkan Rekor Putaran Marc Marquez di MotoGP InggrisFabio Quartararo (motogp.com)

Empat pembalap lain meraih hasil putaran yang juga melampaui rekor milik Marc Marquez. Jack Miller, Fabio Quartararo, Francesco Bagnaia, dan Aleix Espargaro mencetak waktu putaran kurang dari 1 menit 58 detik.

Aleix Espargaro jadi yang paling heroik. Andalan tim Aprilia Racing itu membukukan hasil apik dan akan memulai balapan dari urutan ke-6. Padahal, pada sesi latihan bebas sebelumnya ia terjatuh lantaran mengalami highside pada tikungan 12.

4. Bezzecchi dan Bastianini juga mampu tampil cepat

Sederet Pembalap Pecahkan Rekor Putaran Marc Marquez di MotoGP InggrisEnea Bastianini (motogp.com)

Marco Bezzeechi dan Enea Bastianini pun mencatatkan waktu putaran yang cukup apik. Meski tipis, kedunya tetap memecahkan rekor waktu milik The Baby Alien.

Sama-sama memacu Ducati Desmosedici GP21, kedua pembalap muda Italia itu tampil trengginas. Mereka akan memulai balapan dari urutan ke-7 dan ke-8.

5. Delapan besar hasil kualifikasi MotoGP Inggris, pecahkan rekor Marc Marquez

Sederet Pembalap Pecahkan Rekor Putaran Marc Marquez di MotoGP InggrisMarco Bezzecchi (motogp.com)

Hampir semua motor MotoGP mengalami peningkatan dalam hal top speed. Aprilia, misalnya, sudah bisa bersaing di barisan depan, baik saat sesi kualifikasi maupun balapan.

Kendati demikian, Ducati masih tetap menguasai jumlah posisi di grid. Di Silverstone, lima dari delapan pembalap terdepan di grid diisi oleh penunggang Ducati. Berikut daftarnya:  

  1. Johann Zarco (Prima Pramac Racing) – 1'57.767
  2. Maverick Vinales (Aprilia Racing) – 1'57.865
  3. Jack Miller (Ducati Lenovo) – 1'57.931
  4. Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha) – 1'57.938
  5. Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) – 1'57.961
  6. Aleix Espargaro (Aprilia Racing) – 1'57.966
  7. Marco Bezzecchi (Mooney VR46 Racing) – 1'58.101
  8. Enea Bastianini (Gresini Racing) – 1'58.106

MotoGP Inggris jadi seri pembuka pada paruh kedua musim 2022. Johan Zarco yang merebut pole position bisakah meraih kemenangan pertamanya di kelas premier?

Baca Juga: Tempati Posisi Tiga Besar Klasemen, Johann Zarco Punya Motivasi Tinggi

Ryan Budiman Photo Verified Writer Ryan Budiman

Hola... jadipunya.id

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya