Raul Fernandez Kesulitan di Paruh Pertama MotoGP 2022

Masih tenggelam di dasar klasemen

Dalam dua tahun terakhir, Raul Fernandez mengalami musim balapan bak roller coaster. Saat masih di Moto2 musim 2021 lalu, ia berada di jajaran pemuncak klasemen hingga pulang sebagai runner-up kejuaraan.

Namun, musim balapan 2022 ini terasa berbeda baginya. Sebagai rookie di MotoGP, Raul Fernandez tertatih-tatih pada paruh pertama musim. Pembalap tim Tech3 KTM itu pun untuk sementara tenggelam di dasar klasemen.

1. Baru mengumpulkan 5 poin

Raul Fernandez Kesulitan di Paruh Pertama MotoGP 2022Raul Fernandez (motogp.com)

Dalam sebelas balapan yang telah dilangsungkan MotoGP 2022, Raul Fernandez hanya berhasil finis di zona poin sebanyak dua kali; ia meraihnya di seri balap Catalunya dan Jerman. Total, ia baru mengumpulkan 5 poin yang menempatkannya di urutan terakhir klasemen sementara pembalap.

Catatan lain, sejauh ini Raul Fernandez sudah lima kali terjatuh dan tak sanggup menuntaskan balapan dua kali. Pembalap muda asal Spanyol itu juga dua kali tak turun balap akibat cedera.

“Sejujurnya, paruh pertama musim ini sulit. Aku cukup sering terjatuh. Susuatu yang tak biasa bagiku. Selain itu, ada fase dimana kami belum membuat kemajuan apapun,” kata Fernandez dikutip Motorsport-Total.

2. Pertama kali mendapatkan poin saat balapan di GP Catalunya

Raul Fernandez Kesulitan di Paruh Pertama MotoGP 2022Raul Fernandez (motogp.com)

Terobosan bagi Raul Fernandez terjadi pada Grand Prix di Catalunya, Minggu (5/6/2022). Kala itu, ia mampu finis di posisi ke-15 yang membuatnya berhak mengoleksi 1 poin.

Fernandez sendiri memulai balapan dari urutan ke-24. Mampu menjaga ritme balap, pembalap berusia 21 tahun itu pun tak melewatkan peluang untuk terus mendorong ke depan setelah beberapa pembalap lain terjatuh.

Baca Juga: Alasan Miguel Oliveira Ogah Pindah ke Tim Tech3 KTM, Buka-bukaan!

3. Hasil terbaiknya finis ke-12 di GP Jerman

Raul Fernandez Kesulitan di Paruh Pertama MotoGP 2022Remy Gardner dan Raul Fernandez (motogp.com)

Pada seri balap selanjutnya di Grand Prix Jerman, Minggu (19/6/2022), Raul Fernandez kembali merebut poin. Ia mampu tampil lebih baik di Sirkuit Sachsenring.

Mempertahankan momentum balap di atas RC16 miliknya, Fernandez finis di posisi ke-12. Ia pun berhak mendapat tambahan 4 poin.

4. Percaya diri pada paruh kedua musim.

Raul Fernandez Kesulitan di Paruh Pertama MotoGP 2022Dani Pedrosa dan Raul Fernandez (motogp.com)

Mengacu pada hasil balapan di Catalunya dan Sachsenring, Raul Fernandez merasa yakin bisa tampil lebih baik pada paruh kedua musim. Ia masih punya kesempatan untuk mendulang poin pada sisa 9 balapan.

“Segalanya berjalan lebih baik pada beberapa balapan terakhir,” ungkap Fernandez seperti dilansir Motorsport-Total.

5. Raul Fernandez ingin segera tampil di GP Inggris

Raul Fernandez Kesulitan di Paruh Pertama MotoGP 2022Raul Fernandez (motogp.com)

Liburan musim panas hampir usai. Raul Fernandez tak sabar untuk kembali beraksi pada paruh kedua musim yang akan dimulai di Sirkuit Silverstone, Inggris, 5—7 Agustus 2022.

“Tujuan kami adalah untuk memangkas jarak. Kami tahu bahwa kami memiliki kemampuan untuk itu,” kata runner up Moto2 2021 dilansir Motorsport-Total.

Menjadi pembalap yang menempati dasar klasemen nyatanya tak mematahkan semangat Raul Fernandez. Pada paruh kedua MotoGP 2022 yang tinggal menyisakan sembilan balapan ini, mampukah ia tampil lebih maksimal dan mendapat banyak tambahan poin?

Baca Juga: Kekecewaan Remy Gardner dan Raul Fernandez sebagai Rookie

Ryan Budiman Photo Verified Writer Ryan Budiman

Hola... jadipunya.id

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya