7 Hal Serba Pertama dari MotoGP Spanyol 2024, Epik!

Beberapa pembalap capai milestone baru

MotoGP Spanyol yang berlangsung di Sirkuit Jerez pada Minggu (28/4/2024) tak kalah seru dengan seri sebelumnya di Amerika Serikat. Sejak sesi kualifikasi, persaingan sudah sangat kompetitif. Saling kejar, saling adu salip, bahkan saling senggol mewarnai jalannya balapan.

Di sesi kualifikasi, sesi sprint race, hingga sesi main race ternyata ada saja pencapaian apik yang tercipta. Milestone baru dan pencapaian serbapertama pun terukir di sini. Apa saja pencapaian serbapertama yang terjadi di MotoGP seri Spanyol? Simak ulasannya, yuk!

1. Marc Marquez rebut pole position pertama bersama Ducati

7 Hal Serba Pertama dari MotoGP Spanyol 2024, Epik!potret Marc Marquez (motogp.com)

Marc Marquez mencapai milestone baru bersama Ducati. Untuk pertama kalinya ia berhasil merebut pole position di atas Desmosedici. Ini juga menjadi pole position pertamanya sejak seri Portugal musim 2023 atau setelah 399 hari yang lalu. Uniknya, pole position ini adalah pole position ke-93 dalam karier Grand Prix Marquez, sama dengan nomor motornya.

2. Marc Marquez juga rebut podium pertama bersama Ducati dan Gresini

7 Hal Serba Pertama dari MotoGP Spanyol 2024, Epik!potret Marc Marquez (motogp.com)

Saat melakoni main race di Sirkuit Jerez, Marc Marquez tampil trengginas. Ia sempat menyerang Fracesco Bagnaia dan memimpin jalannya balapan meski hanya sesaat. Setelah melewati garis finis, Marquez harus puas finis di posisi ke-2. Meski begitu, ini merupakan podium pertamanya bersama Ducati dan Gresini, sekaligus menjadi podium pada balapan kering pertamanya sejak seri Australia musim 2022 lalu.

3. Pertama kalinya ada 8 Ducati di posisi 9 besar kualifikasi

7 Hal Serba Pertama dari MotoGP Spanyol 2024, Epik!potret Marc Marquez dan Francesco Bagnaia (motogp.com)

Bagi Ducati, seri Grand Prix di Spanyol menjadi pencapaian unik. Ini merupakan Grand Prix ke-64 secara beruntun saat ada tiga pembalap Ducati yang menempati posisi terdepan di sesi kualifikasi. Selain itu, di seri ini juga untuk pertama kalinya ada 8 Ducati dalam posisi 9 besar saat kualifikasi.

Baca Juga: Performa Apik Marc Marquez MotoGP 2024 Bersama Ducati, Kuda Hitam?

4. Pedro Acosta jadi rookie pertama yang naik podium sprint race

7 Hal Serba Pertama dari MotoGP Spanyol 2024, Epik!potret Pedro Acosta (motogp.com)

Sejak pertama kali digelar pada musim 2023, belum pernah ada pembalap debutan yang bisa merebut podium pada sesi sprint race. Namun, rekor tersebut dipecahkan oleh Pedro Acosta. Rider di tim satelit Red Bull GASGAS Tech3 itu finis P2 di sesi sprint race seri Spanyol. Ia pun menjadi rookie pertama yang naik podium sprint race.

5. Dani Pedrosa jadi test rider pertama yang rebut podium sprint

7 Hal Serba Pertama dari MotoGP Spanyol 2024, Epik!potret Dani Pedrosa (motogp.com)

Dani Pedrosa mencetak rekor bersejarah di Sirkuit Jerez. Dengan finis di posisi ke-3 saat sesi sprint race, ia menjadi test rider pertama yang finis balapan sprint. Test rider KTM ini juga jadi pembalap penguji pertama yang meraih podium MotoGP sejak Katsuyuki Nakasuga meraihnya di Valencia 2012.

6. Marco Bezzecchi rebut podium pertamanya musim ini

7 Hal Serba Pertama dari MotoGP Spanyol 2024, Epik!potret Marco Bezzecchi (motogp.com)

Marco Bezzecchi bisa tersenyum puas usai finis P3 pada main race seri Spanyol. Pembalap tim Pertamina Enduro VR46 Racing Team itu berhasil merebut podium pertamanya musim ini. Hasil tersebut juga menandai berakhirnya paceklik podium bagi Bezzecchi sejak terakhir kali ia menang di seri India pada September 2023 atau setelah 217 hari lalu.

7. Joe Roberts jadi pembalap Amerika Serikat pertama yang memimpin klasemen Grand Prix sejak 2006

7 Hal Serba Pertama dari MotoGP Spanyol 2024, Epik!potret Joe Roberts (motogp.com)

Joe Roberts (OnlyFans American Racing Team) memang tak bisa mengejar Fermin Aldeguer (Beta Tools SpeedUp) di Sirkuit Jerez. Meskipun begitu, finis P2 di Jerez mengantarkan Roberts menjadi pemuncak klasemen sementara Moto2. Dengan begitu, ia menjadi rider Amerika Serikat pertama yang bisa memimpin klasemen Grand Prix sejak Nicky Hayden pada 2006 silam.

MotoGP seri Spanyol di Sirkuit Jerez menyuguhkan pertarungan sengit. Pada seri berikutnya, balapan akan digelar di Sirkuit Le Mans, Prancis, pada 10—12 Mei 2024. Keseruan apa saja, ya, yang bakal terjadi?

Baca Juga: Bezzecchi Masuk Podium di MotoGP Spanyol Berkat Rossi

Ryan Budiman Photo Verified Writer Ryan Budiman

MotoGP enthusiast

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya