Comscore Tracker

Serba-serbi Jelang MotoGP Inggris yang Perlu Kamu Tahu

Balapan perdana pada paruh kedua musim 2022

Paruh kedua MotoGP musim 2022 akan dimulai di Inggris pada Jumat hingga Minggu (5—7/8/2022). Bertempat di Sirkuit Silverstone, setiap pembalap akan unjuk kebolehan di atas lintasan sepanjang 5,9 km itu.

Sayangnya, tak ada pembalap tuan rumah yang berlaga di kelas premier. Kendati demikian, keseruan balapan tetap tak akan berkurang. Simak serba-serbi jelang MotoGP Inggris di bawah ini, yuk!

1. Fabio Quartararo harus menjalani long lap penalty

Serba-serbi Jelang MotoGP Inggris yang Perlu Kamu TahuAleix Espargaro dan Fabio Quartararo (motogp.com)

Bagi Fabio Quartararo, balapan di Inggris adalah kesempatan untuk memperlebar jarak poin dengan para rival terdekatnya. Pembalap tim pabrikan Yamaha itu kini mengoleksi 172 poin, selisih 21 poin dengan Aleix Espargaro yang berada tepat di bawahnya.

Hanya saja, nasib Quartararo sedikit kurang beruntung. Lantaran terlibat kecelakaan dengan Aleix saat Grand Prix di Sirkuit Assen, Belanda, FIM Stewards MotoGP menghukum Quartararo dengan long lap penalty di Sirkuit Silverstone.

Terlepas dari kontroversialnya penalti ini, Quartararo jelas mengalami kerugian. Dengan top speed Yamaha yang paling rendah di antara motor lain, kehilangan beberapa detik saat balapan akan menyulitkan Quartararo untuk mengejar ketertinggalan.

2. Aleix Espargaro rebut podium pertamanya bersama Aprilia di Sirkuit Silverstone

Serba-serbi Jelang MotoGP Inggris yang Perlu Kamu TahuAleix Espargaro (motogp.com)

Bagi Aleix Espargaro, Grand Prix Igggris merupakan kesempatan untuk mengejar ketertinggalannya dari Fabio Quartararo. Mengendarai Aprilia RS-GP yang sangat kompetitif, Aleix punya momentum untuk menang.

Apalagi, jika melihat performa tahun lalu, Aleix bisa merebut podium ke-3 di Sirkuit Silverstone. Itu merupakan podium pertamanya bersama Aprilia.

Baca Juga: Biasa Bicara Blak-blakan, Aleix Espargaro Tak Takut Lakukan Kesalahan

3. Alex Rins punya sejarah tampil apik di MotoGP Inggris

Serba-serbi Jelang MotoGP Inggris yang Perlu Kamu TahuAlex Rins (motogp.com)

Dalam dua balapan terakhir di Sirkuit Silverstone, Alex Rins pun tampil apik. Pembalap tim Suzuki Ecstar itu selalu meraih podium. Pada musim 2019, Rins berhasil merebut kemenangan setelah berduel sengit dengan Marc Marquez. Setahun berikutnya, MotoGP tak digelar di Inggris karena adanya pandemik COVID-19.

Pada musim 2021, Alex Rins kembali tampil mengesankan. Memulai balapan dari urutan ke-10, Rins mampu finis di posisi ke-2 di belakang Fabio Quartararo dan di depan Aleix Espargaro. Bersenjatakan Suzuki GSX-RR, Rins bisa jadi rival tangguh dalam memperebutkan podium nanti.

4. Ada lima pembalap tuan rumah yang akan berlaga di Silverstone

Serba-serbi Jelang MotoGP Inggris yang Perlu Kamu TahuSam Lowes (motogp.com)

Sejak Cal Crutchlow pensiun, belum ada lagi pembalap asal Inggris yang berlaga secara reguler di kelas premier. Tahun 2021 lalu, Crutchlow dan Jake Dixon turun balap di MotoGP, tetapi sebagai pembalap pengganti.

Kendati demikian, Inggris tetap punya wakil di ajang Grand Prix. Beberapa pembalap mudanya turun balap di kelas intermediate dan ringan. Di kelas Moto2 ada Sam Lowes (Elf Marc VDS Racing Team) dan Jake Dixon (GASGAS Aspar Team). Sementara itu, di kelas Moto3 ada Joshua Whatley (VisionTrack Racing Team), Scott Ogden (VisionTrack Racing Team), dan John McPhee (Sterilgarda Husqvarna Max).

5. Ada banyak barang pembalap yang akan dilelang, termasuk chequered flag Valentino Rossi

Serba-serbi Jelang MotoGP Inggris yang Perlu Kamu TahuValentino Rossi (motogp.com)

Salah satu rangkaian acara MotoGP Inggris adalah lelang barang-barang memorabilia yang akan digelar pada hari Kamis (4/8/2022). Salah satunya adalah bendera finis alias chequered flag yang dikibarkan pada balapan terakhir Valentino Rossi di Valencia 2021.

Dalam chequered flag tersebut, terdapat tanda tangan dari Rossi dan bintang sepak bola Brasil, Ronaldo, yang mengibarkan benderanya. Barang-barang lainnya yang akan dilelang antara lain:

  • helm bertanda tangan Kenny Roberts dari Goodwood Festival of Speed tahun ini;
  • sepatu bot bertanda tangan Jack Miller;
  • sarung tangan bertanda tangan Francesco Bagnaia;
  • sarung tangan bertanda tangan Miguel Oliveira;
  • sepatu bot bertanda tangan Brad Binder; dan
  • trofi yang dibuat dari bagian-bagian mesin balap pembalap tuan rumah, Jake Dixon.

MotoGP Inggris tinggal menghitung hari. Menurutmu, siapa yang akan keluar sebagai pemenang?

Baca Juga: Espargaro Berpotensi Dekati Quartararo di MotoGP Inggris

Ryan Budiman Photo Verified Writer Ryan Budiman

Hola... jadipunya.id

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya