5 Sirkuit di Amerika Utara yang Pernah Jadi Tuan Rumah MotoGP

Kanada juga pernah gelar MotoGP!

Benua Amerika akan kembali menjadi tuan rumah MotoGP. Setelah Argentina menggelar ajang Grand Prix, kini giliran Amerika Serikat yang akan melombakan kelas Moto3, Moto2, dan MotoGP.

Dalam sejarahnya, Amerika Serikat punya beberapa sirkuit yang lintasannya pernah dipakai adu cepat oleh para pembalap kelas dunia. Selain Amerika Serikat, ternyata negara-negara di Amerika Utara juga pernah menggelar MotoGP.

Kanada pernah sekali menjadi tuan rumah ajang Grand Prix. Sirkuit apa saja di Amerika Utara yang pernah digunakan untuk MotoGP?

1. Circuit of the Americas, Amerika Serikat

5 Sirkuit di Amerika Utara yang Pernah Jadi Tuan Rumah MotoGPpotret Sirkuit COTA (motogp.com)

Circuit of the Americas atau yang lebih dikenal dengan sebutan COTA memiliki panjang lintasan 5,5 km. Saat ini, COTA menjadi satu-satunya sirkuit di Amerika Serikat yang jadi lokasi ajang MotoGP.

Sirkuit yang putarannya berlawanan arah jarum jam ini sudah menggelar MotoGP sejak 2013 hingga sekarang. Kecuali pada 2020 karena adanya pandemik COVID-19.

Marc Marquez menjadi pembalap dengan kemenangan terbanyak di sini. Ia mampu meraih 7 kali kemenangan, 6 di antaranya secara beruntun. Tak heran jika pembalap Repsol Honda ini mendapat beberapa julukan, yaitu King of COTA dan The Sheriff of COTA.

2. Sirkuit Indianapolis, Amerika Serikat

5 Sirkuit di Amerika Utara yang Pernah Jadi Tuan Rumah MotoGPpotret Sirkuit Indianapolis (motogp.com)

Sirkuit Indianapolis awalnya merupakan lintasan balap mobil. Sirkuit yang bernama lengkap Indianapolis Motor Speedway ini terletak di Speedway, Indiana. Dengan panjang lintasan sekitar 4,2 km, Sirkuit Indianapolis menghelat MotoGP pada 2008 hingga 2015.

Untuk kelas premier, Marc Marquez menjadi pembalap dengan koleksi kemenangan terbanyak di sini. Marquez mengoleksi 3 kemenangan beruntun.

Baca Juga: 7 Sirkuit yang Dipakai di Ajang MotoGP dan World Superbike Musim 2022

3. Sirkuit Laguna Seca, Amerika Serikat

5 Sirkuit di Amerika Utara yang Pernah Jadi Tuan Rumah MotoGPValentino Rossi dan Casey Stoner di Sirkuit Laguna Seca. (motogp.com)

Sirkuit Laguna Seca menggelar MotoGP pada 1988—1991, 1993—1994, dan 2005—2013. Sirkuit yang terletak di Monterey, California ini memiliki panjang lintasan 3,6 km.

Pada tahun pertamanya menjadi tuan rumah, pembalap asal Amerika menang di kedua kelas yang dilombakan. Eddie Lawson jadi yang pertama di kelas 500cc dan Jim Filice, seorang pembalap wildcard, menang di kelas 250cc.

Pembalap Amerika memang sedang mendominasi MotoGP saat itu. Pada periode 1988—1994, satu-satunya pembalap non-Amerika yang bisa menang di Sirkuit Laguna Seca adalah Luca Cadalora.

Setelah absen 10 tahun dari ajang Grand Prix, Laguna Seca kembali menjadi tuan rumah untuk periode 2005 hingga 2013. Pada 2008, terjadi duel seru yang melegenda antara Valentino Rossi dan Casey Stoner di tikungan Corkscrew.

4. Sirkuit Daytona, Amerika Serikat

5 Sirkuit di Amerika Utara yang Pernah Jadi Tuan Rumah MotoGPilustrasi balap di Sirkuit Daytona (motogp.com)

Sirkuit Daytona menjadi sirkuit yang pertama kali menggelar MotoGP di Amerika Serikat pada tahun 1964—1965. Sirkuit ini memiliki panjang lintasan sekitar 3,2 km.

Mike Hailwood menang pada tahun pertama MotoGP digelar di sini. Setahun berikutnya, Hailwood masih menjadi yang tercepat.

Namun, ada satu pembalap tuan rumah yang mencetak sejarah. Buddy Parriott bisa finis di posisi ke-2 dan menjadikannya pembalap asal Amerika Serikat pertama yang mampu naik podium.

5. Sirkuit Mosport, Kanada

5 Sirkuit di Amerika Utara yang Pernah Jadi Tuan Rumah MotoGPGiacomo Agostini di Sirkuit Mosport, Kanada. (motogp.com)

Sirkuit Mosport adalah sirkuit yang pertama kali dan satu-satunya trek yang menggelar ajang MotoGP di Kanada. Berlangsung pada 30 September 1967, beberapa sejarah terlahir di sirkuit ini.

Di sinilah terakhir kalinya pembalap Inggris mendominasi kemenangan di banyak kelas Grand Prix. Mengendarai Yamaha, Billy Ivy meraih kemenangan di kelas 125cc. Sementara itu, Mike Hailwood menang di kelas 250cc dan 500cc dengan memacu Honda.

Sirkuit Mosport juga menjadi saksi bisu penentuan juara dunia kelas 500cc musim 1967 antara Mike Hailwood dan Giacomo Agostini. Hailwood menang di Mosport sedangkan Agostini finis di podium ke-2.

Dengan hasil ini, Hailwood dan Agostini sama-sama mengoleksi 46 poin. Namun, karena Agostini mengantongi tiga podium ke-2 dan Hailwood hanya punya dua, maka gelar juara dunia jatuh pada Agostini.

 

Seri MotoGP Amerika akan berlangsung di COTA pada 8—10 April 2022. Jika Marc Marquez sudah pulih dan bisa kembali turun balap, mungkinkah ia bisa tetap menjadi juara di sini?

Baca Juga: 6 Sirkuit di Amerika Latin yang Pernah Menggelar MotoGP, Apa Saja?

Ryan Budiman Photo Verified Writer Ryan Budiman

Hola... jadipunya.id

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya