Comscore Tracker

Taiga Hada Isi Posisi di Pertamina SAG Moto2, Gantikan Gabriel Rodrigo

Taiga Hada akan berlaga hingga akhir musim

Pertamina Mandalika SAG Team akhirnya punya pembalap baru yang akan mengisi kursi kosong yang ditinggalkan Gabriel Rodrigo. Tim asal Spanyol itu menunjuk Taiga Hada hingga akhir musim 2022.

Rodrigo didera cedera bahu kanan yang memaksanya absen sejak seri Moto2 di Mugello. Setelah naik ke meja operasi, proses pemulihannya berdampak pada keikutsertaannya di ajang kejuaraan dunia.

1. Gabriel Rodrigo sempat digantikan beberapa pembalap pengganti

Taiga Hada Isi Posisi di Pertamina SAG Moto2, Gantikan Gabriel RodrigoGabriel Rodrigo (motogp.com)

Dalam beberapa balapan terakhir, peran Rodrigo digantikan oleh beberapa pembalap pengganti. Pertamina Mandalika SAG Team memakai jasa Piotr Biesiekirski dan Alex Toledo.

Biesiekirski tampil di Catalunya dan Inggris, sementara Toledo tampil di Jerman dan Belanda. Namun, keduanya kadung terlibat dalam kejuaraan JuniorGP 2022 sehingga tak bisa membalap reguler di Moto2.

Oleh karena itu, SAG Team memilih Taiga Hada yang siap tampil hingga akhir musim. Pembalap Jepang ini akan melakoni delapan laga terakhir, mulai dari seri Austria.

2. Pertamina Mandalika SAG Team menilai Taiga Hada pilihan yang tepat

Taiga Hada Isi Posisi di Pertamina SAG Moto2, Gantikan Gabriel RodrigoTaiga Hada (instagram.com/taiga_hada23)

Edu Perales, Bos SAG Team, mengaku bahwa ia lebih memilih Taiga Hada lantaran sudah pernah bekerja sama dengannya pada tahun lalu. Saat itu, pembalap yang berjuluk The Tiger tersebut menjadi pembalap wildcard untuk Pertamina Mandalika SAG Team di Moto2 seri Austria.

“Kami menerima banyak tawaran untuk menggantikan Gabriel Rodrigo, tetapi kami memutuskan untuk memberi Taiga kesempatan karena ia pernah menjadi wildcard bersama kami tahun lalu. Kami sangat puas dengan talenta dan profesionalismenya.

Seperti biasanya, kami akan selalu memberikan Taiga semua dukungan yang diperlukan, dan kami menjadikan kesempatan ini untuk berharap agar Gabri secepatnya pulih,” kata Perales seperti dilansir GPOne.

Baca Juga: Pertamina Mandalika SAG Team Kenalkan Tim untuk Moto2 2022

3. Taiga Hada pernah turun balap di Moto2

Taiga Hada Isi Posisi di Pertamina SAG Moto2, Gantikan Gabriel RodrigoTaiga Hada (instagram.com/sagracingteam)

Taiga Hada memang bukan wajah baru di ajang Grand Prix. Pembalap Jepang ini setidaknya pernah mengaspal dua kali di Moto2 musim 2021. Debut pertamanya ia lakoni di Sirkuit Jerez, Spanyol, menggantikan Barry Baltus yang cedera di tim NTS RW Racing GP.

Berikutnya ia berkompetisi sebagai pembalap wildcard di Sirkuit Red Bull Ring, Austria, bersama tim Pertamina Mandalika SAG Terulu. Di Jerez, Hada finis di posisi ke-22, sedangkan di Red Bull Ring ia tempati urutan ke-21.

4. Taiga Hada punya banyak pengalaman

Taiga Hada Isi Posisi di Pertamina SAG Moto2, Gantikan Gabriel RodrigoTaiga Hada (instagram.com/sagracingteam)

Taiga Hada lahir pada 1998 di Jepang. Dalam perjalanan kariernya, Hada pernah turun balap di Asia Road Race Championship antara SuperSport 600 dan JSB1000. Pada 2019, ia mengaspal di CEV Moto2, kejuaraan yang ia ikuti hingga tahun lalu.

Hada pun sempat berkompetisi di ajang Endurance World Championship, terakhir kali di Suzuka 8 Hours memacu CBR1000RR-R Fireblade. Musim 2022 ini Taiga Hada aktif di All Japan Road Race Championship sebagai rookie di kategori ST600.

5. Taiga Hada akan bertandem dengan Bo Bendsneyder

Taiga Hada Isi Posisi di Pertamina SAG Moto2, Gantikan Gabriel RodrigoBo Bendsneyder (motogp.com)

“Aku sangat senang bisa berpartisipasi pada babak kedua kejuaraan. Aku berterima kasih kepada P-UP dan TN45 yang mengizinkanku berpartisipasi di ajang Grand Prix. Aku akan memberikan semua yang aku punya untuk sisa musim ini,” kata Hada mengenai peran barunya di Moto2 seperti dikutip GPOne.

Di tim Pertamina Mandalika SAG, Taiga Hada akan menjadi tandem Bo Bendsneyder. Pembalap asal Belanda yang kini menempati ranking ke-12 di klasemen sementara dengan raihan 61 poin. Hasil terbaik Bendsneyder adalah finis di posisi ke-6 saat balapan kandang di Sirkuit Assen, Belanda.

 

Masih ada delapan seri yang dilombakan pada Moto2 musim 2022. Pada sisa balapan tersebut, mampukah Taiga Hada tampil maksimal?

Baca Juga: Mengenal Bo Bendsneyder, Rider Pertamina Mandalika SAG Team di Moto2

Ryan Budiman Photo Verified Writer Ryan Budiman

Hola... jadipunya.id

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya