Comscore Tracker

Tes MotoGP 2022 di Jerez Hasilkan Kesimpulan Menarik

Ducati dan Bagnaia jadi yang tercepat

Tes resmi MotoGP 2022 di Sirkuit Jerez, Spanyol, telah usai. Tes yang dilakukan pada 18—19 November 2021 ini sekaligus menutup rangkaian MotoGP tahun ini.

Tes Jerez menjadi kesempatan untuk tim dan pembalap menjajal motor prototipe 2022 yang akan mereka gunakan pada MotoGP tahun depan. Bagi para rookie, tes ini tentu saja menjadi pengalaman penting mencoba motor MotoGP.

1. Francesco Bagnaia dan Ducati Desmosedici GP22 menjadi yang tercepat

Tes MotoGP 2022 di Jerez Hasilkan Kesimpulan MenarikFrancesco Bagnaia di sesi tes resmi MotoGP di Sirkuit Jerez. (motogp.com)

Francesco Bagnaia menjadi pembalap tercepat di tes resmi MotoGP di Jerez. Bagnaia tampil impresif dengan mencatatkan waktu 1 menit 36,872 detik. Dengan hasil ini, pabrikan Ducati akan membawa momentum yang baik pada sesi tes di Sepang tahun depan.

Pada tes di Jerez ini, para pembalap Ducati mengendarai motor Ducati baru termasuk dengan mesin, fairing depan, dan knalpot baru. Dari segi tampilan, yang paling terlihat berbeda adalah bentuk knalpot yang lebih panjang.

Knalpot ini digunakan oleh Bagnaia dan Jack Miller pada dua hari tes tersebut. Untuk mesin yang digunakan, Ducati belum akan memutuskan spesifikasi mereka sampai tes di Sirkuit Mandalika pada Februari 2022.

2. Fabio Quartararo kesulitan, tetapi masih bisa jadi tercepat kedua

Tes MotoGP 2022 di Jerez Hasilkan Kesimpulan MenarikFabio Quartararo (motogp.com)

Pada hari pertama tes, juara dunia MotoGP 2021, Fabio Quartaro, mengaku mengalami kesulitan. Ia tidak menemukan kemajuan berarti dari motor barunya. Laptime yang dia dapat dari motor prototipe 2022 masih sama dengan motor tahun ini.

Quartararo masih membutuhkan tenaga yang lebih baik, wheelie yang lebih sedikit, dan grip belakang yang maksimal untuk tes tahun depan. Meski begitu, Quartararo masih bisa menyelesaikan tes hari kedua dengan catatan waktu 1 menit 37,324 detik. Tercepat kedua setelah Bagnaia.

Baca Juga: Akhirnya Lengkap! Ini 12 Tim dan Pembalap MotoGP 2022

3. Honda menguji RC213V tanpa tangan dingin Marc Marquez

Tes MotoGP 2022 di Jerez Hasilkan Kesimpulan MenarikPol Espargaro (motogp.com)

Kondisi Marc Marquez yang cedera dan mengalami diplopia mengharuskannya untuk istirahat. Marc Marquez tidak mengikuti dua sesi balap terakhir MotoGP di Portimao dan Jerez. Pada tes resmi di Jerez ini pun, Marquez masih absen.

Sesi tes tanpa Marquez tentu saja hal yang kurang baik bagi Honda. Namun, untungnya ada rekan setim Marquez, Pol Espargaro, yang menjadi ujung tombak uji coba kali ini.

Pada tes hari terakhir, Espargaro mencatatkan waktu 1 menit 37,496 detik atau selisih 0,624 detik dari Bagnaia. Ia menjadi tercepat keempat. Espargaro puas dengan hasil ini dan menilai motor Honda versi 2022 sangat cepat.

Pembalap Honda lain, Takaaki Nakagami (LCR Honda Idemitsu), mendapatkan hasil tercepat pada hari pertama. Namun, pada hari kedua, Nakagami ada di posisi tujuh.

4. Fabio Di Giannantonio menjadi rookie tercepat

Tes MotoGP 2022 di Jerez Hasilkan Kesimpulan MenarikFabio Di Giannantonio (motogp.com)

Dari lima rookie yang baru mencoba motor MotoGP, Fabio Di Giannantonio menjadi yang tercepat. Pembalap Greisini Racing MotoGP ini mencatatkan waktu 1 menit 38,528 detik atau selisih 1,656 detik dari Bagnaia. Ia berada di peringkat 19.

Rookie lainnya berada di belakang Di Giannantonio dengan selisih bervariasi 0—1 sekian detik. Secara berurutan, rookie tercepat di sesi tes Jerez adalah Fabio Di Giannantonio, Raul Fernandez, Remy Gardner, Marco Bezzecchi, dan Darryn Binder.

5. Enea Bastianini masuk 8 besar pada hari kedua dan 5 besar pada catatan waktu kombinasi

Tes MotoGP 2022 di Jerez Hasilkan Kesimpulan MenarikEnea Bastianini (motogp.com)

Pada MotoGP 2022 nanti, pembalap Ducati yang menggunakan motor versi 2022 hanya para pembalap Ducati Lenovo, Pramac Racing, dan Luca Marini (VR46 Racing). Sementara. Enea Bastianini (Gresini Racing) dan pembalap Ducati lainnya akan menggunakan motor versi 2021.

Meski begitu, Enea Bastianini atau The Beast mampu memperoleh hasil tes yang memuaskan. Pada hari kedua, pembalap Italia ini menempati posisi 8 dengan catatan waktu 1 menit 37,698 detik, atau selisih 0,826 detik dari Bagnaia. Sedangkan, pada catatan waktu kombinasi, Bastianini berada di peringkat lima.

Berikut ini 10 besar catatan waktu kombinasi pada tes Jerez MotoGP 2022:

  1. Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo Team) – 1:36.872
  2. Takaaki Nakagami (LCR Honda Idemitsu) + 0.441
  3. Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha MotoGP) + 0.452
  4. Johann Zarco (Pramac Racing) + 0.484
  5. Enea Bastianini (Team Gresini Racing MotoGP) + 0.530
  6. Alex Rins (Team Suzuki Ecstar) + 0.551
  7. Pol Espargaro (Repsol Honda Team) + 0.624
  8. Maverick Viñales (Aprilia Racing) + 0.750
  9. Joan Mir (Team Suzuki Ecstar) + 0.762
  10. Jack Miller (Ducati Lenovo Team) + 0.845

Dengan melihat hasil tes Jerez ini, MotoGP 2022 akan dipenuhi dengan kejutan. Bisa jadi Ducati akan meneruskan dominasinya. Bisa juga Honda kembali menjadi saingan terberat. Apalagi jika Marc Marquez sudah pulih dan bisa melakukan tes di Sepang dan Mandalika. Jangan lupakan juga Enea Bastianini dengan performanya yang apik.

Baca Juga: 6 Fakta Enea Bastianini, Pembalap MotoGP Berjuluk The Beast

Ryan Budiman Photo Verified Writer Ryan Budiman

Hola... jadipunya.id

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya