5 Tim MotoGP yang Belum Resmikan Line Up Pembalapnya untuk Musim 2023

Beberapa pembalap tinggal tunggu teken kontrak

Tim pabrikan Ducati dan tim satelit Pramac Racing resmi mengumumkan line up pembalapnya untuk musim 2023. Hal ini diumumkan oleh Ducati Corse pada Jumat (26/8/2022).

Untuk tim pabrikan Ducati, Enea Bastianini terpilih sebagai rekan Francesco Bagnaia. Sementara itu, Jorge Martin dan Johann Zarco akan tetap menjadi tandem di tim Pramac Racing. Dengan lengkapnya daftar pembalap di kedua tim tersebut, berarti tinggal 5 tim MotoGP yang belum meresmikan line up pembalapnya untuk musim 2023. Tim mana sajakah itu?

1. Repsol Honda

5 Tim MotoGP yang Belum Resmikan Line Up Pembalapnya untuk Musim 2023Marc Marquez dan Joan Mir (motogp.com)

Repsol Honda baru mengumumkan satu pembalapnya, siapa lagi kalau bukan Marc Marquez. Pembalap yang sudah mengoleksi enam gelar juara dunia MotoGP ini setidaknya akan memperkuat Repsol Honda hingga 2024.

Mengenai siapa yang akan menjadi tandem Marc Marquez belum diumumkan secara resmi. Hanya saja, sudah ada satu nama yang santer terdengar akan menjadi pembalap kedua di Repsol Honda. Kandidat terkuat itu adalah Joan Mir.

Pembalap Repsol Honda untuk musim 2023:

  • Marc Marquez (kontrak hingga 2024);
  • Joan Mir (masih menunggu teken kontrak).

2. LCR Honda

5 Tim MotoGP yang Belum Resmikan Line Up Pembalapnya untuk Musim 2023potret Takaaki Nakagami dan Alex Rins (motogp.com)

Tim lain yang line up pebalapnya belum lengkap masih dari pabrikan Honda. Tim LCR baru mengumumkan satu nama, Alex Rins, yang akan memperkuat mereka mulai musim 2023 hingga 2024. Rins menggantikan Alex Marquez yang pindah ke Gresini Racing.

Untuk pembalap keduanya, LCR masih menunggu keputusan dari Jepang. Pasalnya, satu pembalap di LCR memang dikhususkan untuk pembalap dari Negeri Matahari Terbit atau negara Asia lain. Ada dua pilihan, pertama memperpanjang kontrak Takaaki Nakagami. Kedua, mempromosikan AI Ogura yang kini berlaga di Moto2.

Pembalap LCR Honda untuk musim 2023:

  • Alex Rins (kontrak hingga 2024);
  • Takaaki Nakagami atau Ai Ogura.

Baca Juga: Senyum Semringah Alex Rins usai Tanda Tangan Kontrak Bersama LCR Honda

3. Mooney VR46 Racing Team

5 Tim MotoGP yang Belum Resmikan Line Up Pembalapnya untuk Musim 2023Luca Marini dan Marco Bezzecchi (motogp.com)

Dari empat tim Ducati yang akan berlaga musim depan, tinggal satu tim yang belum mengumumkan nama pembalapnya. Mooney VR46 Racing Team masih menunggu waktu yang tepat untuk meresmikan perpanjangan kontrak dua rider andalannya.

Tim milik Valentino Rossi ini dipercaya masih akan menggunakan jasa Luca Marini dan Marco Bezzecchi. Pasalnya, baik Marini maupun Bezzecchi adalah anak didik Rossi di VR46 Riders Academy.

Pembalap Mooney VR46 Racing Team musim 2023:

  • Luca Marini (menunggu teken kontrak);
  • Marco Bezzecchi (menunggu teken kontrak).

4. WithU Aprilia RNF

5 Tim MotoGP yang Belum Resmikan Line Up Pembalapnya untuk Musim 2023potret kru Aprilia (motogp.com)

Aprilia Racing melebarkan sayap di MotoGP. Tak hanya diperkuat tim pabrikan, mulai musim 2023 pabrikan Noale akan diperkuat tim satelit baru, yaitu tim WithU Aprilia RNF milik Razlan Razali.

Sampai saat ini, belum ada nama pasti siapa yang akan menjadi pembalap mereka tahun depan. Kabar awalnya mereka sedang mendekati Miguel Oliveira. Namun, Oliveira pun sedang diincar oleh GASGAS dari grup KTM.

Untuk pembalap keduanya, WithU Aprilia RNF dipercaya mengincar pembalap muda, tetapi yang sudah punya pengalaman di MotoGP. Kandidat kuatnya adalah Raul Fernandez yang kini sudah putus kontrak dengan KTM. Nama Darryn Binder pun sempat disebut meski kemungkinannya lebih kecil. Jangan lupakan juga Remy Gardner.

Pembalap WithU Aprilia RNF musim 2023:

  • Miguel Oliveira (masih diperebutkan dengan GASGAS);
  • Raul Fernandez (kandidat terkuat).

5. GASGAS Factory Team

5 Tim MotoGP yang Belum Resmikan Line Up Pembalapnya untuk Musim 2023motor baru tim GASGAS Factory Racing (motogp.com)

GASGAS Factory Team adalah nama baru di MotoGP. Tim yang merupakan rebadge dari Tech3 KTM itu sudah punya satu jagoan untuk musim depan. Pol Espargaro sudah resmi menjadi pembalap utama mereka.

GASGAS tinggal menunggu keputusan dari Miguel Oliveira apakah ia akan bergabung atau tidak. Oliveira sudah ditawari kontrak sepanjang tiga tahun.

Meski begitu, GASGAS punya beberapa pilihan jika Oliveira menolak. Pembalap Moto2, Augusto Fernandez atau Jake Dixon, sempat disebut sebagai kandidat untuk mengisi kursi kedua tersebut.

Pembalap GASGAS Factory Team musim 2023:

  • Pol Espargaro (kontrak hingga 2024);
  • Miguel Oliveira, Augusto Fernandez, atau Jake Dixon.

 

Setahap demi setahap, line up pembalap untuk MotoGP musim 2023 mulai lengkap. Menurut kamu, dari para kandidat untuk lima tim di atas, siapa yang cocok mengisi kursi di setiap tim tersebut?

Baca Juga: 3 Kandidat Pembalap GASGAS di MotoGP 2023, Miguel Oliveira Terkuat

Ryan Budiman Photo Verified Writer Ryan Budiman

Hola... jadipunya.id

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya