5 Kenangan Sebastian Vettel di Formula 1 GP Brasil, Tak Terlupakan!

Raih kemenangan beruntun terbanyak 

Sebastian Vettel akan tampil untuk terakhir kalinya sebagai pembalap Formula 1 di GP Brasil pada akhir pekan ini (11–13/11/2022). Kebetulan pembalap Jerman tersebut memutuskan untuk pensiun setelah musim 2022 berakhir.

Vettel, yang saat ini membela Aston Martin, memiliki kenangan yang tidak akan ia lupakan di GP Brasil yang berlangsung di Sirkuit Interlagos. Apa saja kenangan Sebastian Vettel di Formula 1 GP Brasil?

1. Menang perdana di GP Brasil pada 2010

5 Kenangan Sebastian Vettel di Formula 1 GP Brasil, Tak Terlupakan!Sebastian Vettel mengendarai mobil Red Bull RB6 dengan nomor bodi 5 di Formula 1 2010. (formula1.com)

Sebastian Vettel yang membela Red Bull Racing Renault pada 2010 memulai GP Brasil dari posisi kedua, diikuti rekan satu timnya, Mark Webber, di posisi ketiga. Sementara itu, yang menduduki pole position adalah Nico Hulkenberg dari Williams Cosworth.

Pada akhir balapan, kedua pembalap Red Bull sukses finis 1-2 dengan Vettel di posisi pertama dan Webber di posisi kedua. Podium ketiga menjadi milik Fernando Alonso dari Ferrari.

2. Raih gelar juara dunia ke-3 secara dramatis

5 Kenangan Sebastian Vettel di Formula 1 GP Brasil, Tak Terlupakan!Sebastian Vettel merayakan gelar juara dunia pembalap Formula 1 ketiganya bersama Adrian Newey dan Christian Horner di atas podium usai GP Brazil 2012. (formula1.com)

GP Brasil 2012 menjadi balapan penentu juara dunia pembalap musim itu. Penentuan terjadi antara Sebastian Vettel dan Fernando Alonso. Vettel memulai balapan dari posisi keempat, sedangkan Alonso start dari posisi ketujuh.

Vettel memulai balapan dengan nasib kurang beruntung karena melintir usai keluar dari tikungan keempat pada putaran pertama. Akibatnya, ia harus melanjutkan balapan dari posisi terakhir.

Pada akhir balapan, Alonso finis di posisi kedua. Sementara itu, meski finis di posisi keenam, Vettel secara sah mengunci gelar juara dunia pembalap ketiganya, menyusul dua gelar juara dunia yang diraih pada 2010 dan 2011.

Baca Juga: 6 Kenangan Sebastian Vettel Menuju Formula 1 GP Amerika Terakhirnya

3. Meraih sembilan kemenangan beruntun

5 Kenangan Sebastian Vettel di Formula 1 GP Brasil, Tak Terlupakan!Sebastian Vettel menjadi juara pertama di GP Brasil 2013. (fia.com)

Sebastian Vettel memulai balapan GP Brasil 2013 dari pole position dan mengakhiri balapan di posisi pertama. Hasil ini ternyata tidak biasa-biasa saja.

Kemenangan di GP Brasil tersebut merupakan kemenangannya ke-13 dalam 1 musim, yang saat itu menyamai rekor Michael Schumacher. Lebih menarik lagi, hasil gemilang tersebut juga membuatnya meraih 9 kemenangan beruntun dalam 1 musim.

4. Meraih kemenangan ke-3 di GP Brasil bersama Ferrari

5 Kenangan Sebastian Vettel di Formula 1 GP Brasil, Tak Terlupakan!Sebastian Vettel melakukan selebrasi usai menjuarai GP Brazil 2017. (formula1.com)

Sebastian Vettel meraih kemenangan ketiganya di GP Brasil pada 2017. Ia yang membela Ferrari memulai balapan dari posisi kedua dengan Valteri Bottas dari Mercedes start dari pole position. Kimi Raikkonen yang menjadi rekan satu tim Vettel start dari posisi ketiga.

GP Brasil 2017 menjadi saksi pertarungan sengit antara Ferrari dan Mercedes yang mengunci posisi finis empat besar. Jarak keempatnya dengan pembalap yang finis di posisi kelima cukup jauh, yakni 30 detik lebih.

Pada akhir balapan, Vettel pulang sebagai pemenang, diikuti Valteri Bottas dan Kimi Raikkonen yang menghuni podium kedua dan ketiga. Rekan satu tim Bottas, Lewis Hamilton, finis di posisi keempat. Selisih waktu finis Vettel dan Hamilton kurang dari 6 detik.

5. Senggol rekannya dan sama-sama tidak finis

5 Kenangan Sebastian Vettel di Formula 1 GP Brasil, Tak Terlupakan!Sebastian Vettel bersenggolan dengan Charles Leclerc di GP Brazil 2019. (formula1.com)

Sebastian Vettel memulai GP Brasil 2019 dari posisi kedua. Sementara itu, rekan satu timnya pada 2019, Charles Leclerc, start dari posisi ke-15.

Kedua pembalap Ferrari tersebut sebenarnya sudah berada di posisi ideal untuk menyelesaikan balapan dan meraih poin. Sayangnya, enam putaran menuju finis, Vettel yang berusaha menyalip Leclerc tak sengaja menyenggol mobil rekan satu timnya.

Akibat senggolan tersebut, ban depan kanan Leclerc dan ban belakang kiri Vettel pecah. Keduanya terpaksa menghentikan balapan dan kehilangan poin untuk timnya.

Vettel memiliki kenangan yang cukup indah di GP Brasil dengan meraih gelar juara dunia ketiganya serta meraih 9 kemenangan beruntun dalam 1 musim. Semoga saja kenangan indah ini memberi motivasi kepada pembalap Jerman tersebut yang saat ini membela Aston Martin untuk tampil semaksimal mungkin di GP Brasil terakhirnya.

Baca Juga: Sebastian Vettel Sebut Siapa Rival Terberatnya di Formula 1

Samuel Photo Verified Writer Samuel

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya