Comscore Tracker

Kursi Panas Pembalap Formula 1 2023, 4 Tim Lengkap

Enam kursi panas yang masih diperebutkan 

Ajang balap Formula 1 2022 sedang istirahat sejenak. Para pembalap serta kru tim berkesempatan menikmati liburan musim panas terlebih dahulu.

Meski begitu, informasi terkait susunan pembalap untuk musim depan masih terus bergulir. Ada beberapa hal menarik yang perlu dicermati penggemar lomba jet darat ini.

Inilah kursi panas pembalap Formula 1 2023.

1. Empat tim sudah punya pembalap lengkap

Kursi Panas Pembalap Formula 1 2023, 4 Tim Lengkapmobil Formula 1 Red Bull dan Ferrari (formula1.com)

Ada sepuluh tim yang akan ikut serta pada Formula 1 2023. Semuanya masih sama dengan tahun ini.

Di antara 10 tim tersebut, 4 di antaranya sudah memiliki susunan pembalap lengkap. Salah satu kabar yang cukup heboh adalah kepindahan Fernando Alonso dari Alpine ke Aston Martin.

Nah, susunan pembalap yang dimaksud adalah:

  • Red Bull: Sergio Perez dan Max Verstappen,
  • Ferrari: Charles Leclerc dan Carlos Sainz,
  • Mercedes: Lewis Hamilton dan George Russell,
  • Aston Martin: Fernando Alonso dan Lance Stroll.

2. Daniel Ricciardo masih belum pasti di Mclaren

Kursi Panas Pembalap Formula 1 2023, 4 Tim Lengkapmobil Formula 1 Mclaren musim 2022 (formula1.com)

Mclaren sudah memiliki pembalap yang akan membela tim ini pada 2023. Pembalap tersebut adalah Lando Norris. Ia dikontrak hingga 2025.

Sementara itu, rekan satu tim Norris tahun ini, Daniel Ricciardo, sebenarnya memiliki kontrak hingga 2023 bersama McLaren. Namun, ada kabar kemungkinan ia akan keluar dari tim tersebut. Oscar Piastri kemungkinan menjadi penggantinya.

3. Mick Schumacher masih belum jelas

Kursi Panas Pembalap Formula 1 2023, 4 Tim LengkapMick Schumacher (formula1.com)

Haas sudah pasti diperkuat Kevin Magnussen pada 2023. Pembalap tersebut sepakat untuk tampil dalam beberapa tahun mendatang.

Meski begitu, nasib belum jelas dialami rekannya, Mick Schumacher. Membawa nama besar ayahnya, Mick belum menunjukkan hasil yang luar biasa walau berhasil mengumpulkan poin musim ini.

4. Alex Albon tetap di Williams

Kursi Panas Pembalap Formula 1 2023, 4 Tim LengkapAlex Albon (formula1.com)

Williams yang saat ini berada di peringkat terakhir klasemen konstruktor sementara sudah memberi konfirmasi bahwa Alex Albon akan membela tim musim depan. Pembalap asal Thailand tersebut baru saja memperpanjang kontrak hingga 2023.

Rekannya, Nicholas Latifi, kemungkinan besar akan keluar. Hasil buruk yang ditunjukkannya selama membalap untuk Williams tidak menarik perhatian para petinggi untuk mempertahankannya.

Baca Juga: 9 Balapan Tersisa di Kalender Formula 1 2022, Masih Seru! 

5. Alpine mencari pengganti Alonso

Kursi Panas Pembalap Formula 1 2023, 4 Tim LengkapTim F1 Alpine (formula1.com)

Alpine baru memiliki satu pembalap untuk 2023. Pembalap itu adalah Esteban Ocon yang terikat kontrak dengan tim asal Prancis tersebut hingga 2024.

Nah, satu kursi tersisa masih kosong saat ini setelah ditinggal Fernando Alonso yang pindah ke Aston Martin. Oscar Piastri yang sebelumnya diduga kuat mengisi kursi tersebut sudah memberi jawaban bahwa ia tidak akan membalap untuk Alpine tahun depan.

6. Valtteri Bottas tetap di Alfa Romeo

Kursi Panas Pembalap Formula 1 2023, 4 Tim LengkapValtteri Bottas (formula1.com)

Alfa Romeo juga baru memiliki satu pembalap untuk 2023. Valtteri Bottas bergabung ke tim ini pada 2022. Ia akan bertahan di Alfa Romeo hingga 2024.

Rekan satu timnya, Zhou Guanyu, belum mendapat kepastian. Hingga artikel ini ditulis, Alfa Romeo belum memberi konfirmasi apakah ia akan membalap untuk tim ini tahun depan atau tidak.

7. Siapa pendamping Pierre Gasly?

Kursi Panas Pembalap Formula 1 2023, 4 Tim LengkapPierre Gasly (formula1.com)

Alpha Tauri tentunya akan diperkuat Pierre Gasly musim depan. Pembalap tersebut memang sudah dikontrak hingga 2023.

Sementara itu, Yuki Tsunoda masih diragukan kepastiannya untuk membalap bersama Alpha Tauri musim depan. Pembalap Jepang ini belum memberi hasil yang memuaskan sepanjang musim.

8. Tidak ada Sebastian Vettel

Kursi Panas Pembalap Formula 1 2023, 4 Tim LengkapSebastian Vettel umumkan pensiun dari F1. (twitter.com/Formula 1)

Sebastian Vettel yang membela Aston Martin tahun ini tidak akan lagi berkarier di Formula 1 pada 2023. Pembalap Jerman ini baru saja mengumumkan pensiun dari ajang balap Formula 1 pada akhir Juli lalu.

Pencapaian paling membanggakan Vettel adalah empat gelar juara dunia bersama Red Bull. Publik akan kehilangan satu lagi legenda Formula 1 tahun depan.

Kita masih menunggu siapa yang akan mengisi kursi panas yang masih kosong untuk Formula 1 2023. Kamu tentunya juga penasaran dengan penghuni enam kursi tersebut, bukan?

Baca Juga: Cerita Leclerc Soal Keresahan Ibunya pada Bahaya Balapan Formula 1

Samuel Photo Verified Writer Samuel

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya