Persiapan Menuju Formula 1 2023 GP Arab Saudi 

Uji nyali di sirkuit jalan raya tercepat di dunia 

Setelah menjalani balapan pembuka Formula 1 2023 di GP Bahrain pada 3–5 Maret 2023, para peserta lomba jet darat tersebut bersiap menghadapi balapan kedua musim ini yang masih berlokasi di kawasan Timur Tengah. Balapan tersebut adalah GP Arab Saudi 2023 atau Formula 1 STC Saudi Arabian Grand Prix 2023 yang berlangsung pada 17–19 Maret 2023 di Jeddah Corniche Circuit.

Tahun ini adalah tahun ketiga Arab Saudi menjadi tuan rumah balapan Formula 1 sejak pertama kali menggelar balap jet darat ini pada musim 2021. Nah, intip dulu sederet informasi yang kamu perlu ketahui sebelum mengikuti Formula 1 2023 GP Arab Saudi akhir pekan ini, yuk!

1. Jadwal kegiatan

Persiapan Menuju Formula 1 2023 GP Arab Saudi penampakan Jeddah Corniche Circuit di siang hari (formula1.com)

Pada hari, Jumat (17/3/2023), kamu dapat mengikuti sesi latihan bebas pertama pada pukul 16.300 – 17.30 dan sesi latihan bebas ke-2 pada 20.00 – 21.00 waktu Arab Saudi. Lalu, pada Sabtu (18/3/2023), ada sesi latihan bebas ke-3 dan sesi kualifikasi pada jam yang sama seperti kegiatan pada hari Jumat. Balapan utama akan berlangsung pada hari, Minggu (19/3/2023), yang dimulai pukul 20.00.

Sekadar informasi, selisih waktu Arab Saudi dan zona Indonesia bagian Barat berselisih empat jam. Hal ini berarti kamu masih dapat mengikuti sesi latihan bebas ke-1 dan ke-3 di hari yang sama dengan kegiatan tersebut berlangsung. Namun, latihan bebas ke-2, kualifikasi, dan balapan akan berlangsung dini hari mulai pukul 00.00 WIB di hari yang berbeda.

2. Data sirkuit

Persiapan Menuju Formula 1 2023 GP Arab Saudi desain Jeddah Corniche Circuit (formula1.com)

Jeddah Corniche Circuit memiliki alur putaran berlawanan arah jarum jam. Sirkuit ini memiliki tikungan yang cukup banyak berjumlah 27 buah yang terdiri dari 16 tikungan ke kiri dan 11 tikungan ke kanan.

Selama balapan, para pembalap wajib mengitari sirkuit dengan panjang 6.174 km ini sebanyak 50 kali yang berarti mereka akan menempuh jarak 308,45 km dari start hingga finis. Balapan Formula 1 pertama di sirkuit ini berlangsung pada 2021, di mana Lewis Hamilton mencatatkan putaran tercepat dengan waktu 1:30.734 yang masih belum bisa dikalahkan oleh pembalap lain maupun ia sendiri pada 2022.

Baca Juga: 6 Sisi Menarik yang Terjadi di Formula 1 GP Bahrain 2023

3. Ban yang akan dipakai

Persiapan Menuju Formula 1 2023 GP Arab Saudi Tiga jenis ban Pirelli yaitu soft (merah), medium (kuning), dan hard (putih) akan digunakan di GP Arab Saudi 2023. (twitter.com/Saudi Arabian GP)

Pirelli akan membawa tiga jenis ban ke GP Arab Saudi, yaitu C2 (hard), C3 (medium), dan C4 (soft). Tiga jenis ban ini juga digunakan di GP Arab Saudi 2022.

Tiap mobil akan mendapatkan alokasi dua set ban hard (warna putih), tiga set ban medium (warna kuning), dan delapan set ban soft (warna merah). Sebagai antisipasi hujan, Pirelli juga menyediakan ban intermediate dan wet.

4. Prakiraan cuaca

Persiapan Menuju Formula 1 2023 GP Arab Saudi prakiraan cuaca selama GP Arab Saudi 2023 (formula1.com)

Hujan sangat jarang terjadi di Kota Jeddah, kemungkinan hal itu juga bakal terjadi saat GP Arab Saudi berlangsung akhir pekan ini. Dengan kata lain, balapan akan berlangsung di atas lintasan yang kering.

Temperatur udara cukup panas dengan yang terendah mencapai 20 derajat Celsius dan tertinggi mencapai 29 derajat Celsius. Meski panas dan kering, suasana akan tetap lebih sejuk dengan hembusan angin ringan hingga sedang.

5. Klasemen sementara pembalap jelang GP Arab Saudi 2023

Persiapan Menuju Formula 1 2023 GP Arab Saudi klasemen sementara pembalap jelang GP Arab Saudi 2023 (twitter.com/Formula 1)

Dua pembalap Red Bull, Max Verstappen dan Sergio Perez yang finis 1-2 di GP Bahrain, berhak menempati dua posisi teratas klasemen sementara pembalap. Dua tim lainnya, di mana kedua pembalapnya berada di posisi 10 besar, adalah Aston Martin dan Mercedes.

Carlos Sainz menjadi satu-satunya pembalap Ferrari di antara Aston Martin dan Mercedes setelah Charles Leclerc mengalami gangguan mesin sehingga tidak finis di GP Bahrain. Tiga pembalap lainnya yang juga meraih poin pertama musim ini adalah Valteri Bottas, Pierre Gasly, dan Alex Albon.

6. Klasemen sementara konstruktor jelang GP Arab Saudi 2023

Persiapan Menuju Formula 1 2023 GP Arab Saudi klasemen sementara konstruktor jelang GP Arab Saudi 2023 (twitter.com/Formula 1)

Karena finis 1-2 di GP Bahrain, Red Bull menjadi tim yang mengoleksi poin terbanyak dan berhak menduduki posisi teratas di klasemen sementara konstruktor. Aston Martin mencuri perhatian dengan berada di posisi kedua setelah Fernando Alonso finis di podium ketiga di GP Bahrain.

Lewis Hamilton dan George Russell yang sama-sama meraih poin membawa Mercedes ke peringkat ketiga di atas Ferrari. Tiga tim lainnya yang juga meraih poin pertamanya musim ini adalah Alfa Romeo, Alpha Tauri, dan Williams.

7. Hasil GP Arab Saudi 2022

Persiapan Menuju Formula 1 2023 GP Arab Saudi Max Verstappen menjuarai GP Arab Saudi 2022. (formula1.com)

Sergio Perez sempat membuat kehebohan di sesi kualifikasi GP Arab Saudi 2022 saat meraih pole position pertamanya sekaligus pembalap Meksiko pertama yang meraih pole position di Formula 1. Sayangnya, ia hanya finis di posisi keempat di akhir balapan karena strategi pit stop yang kurang tepat.

Verstappen keluar sebagai pemenang setelah menyalip Leclerc di akhir-akhir balapan dengan selisih waktu finis keduanya yang kurang dari satu detik. Podium ketiga ditempati oleh Carlos Sainz.

Dengan performa yang cukup jauh dari lawan-lawannya di GP Bahrain, Red Bull dijagokan tetap tampil dominan di Formula 1 2023 GP Arab Saudi. Untuk memastikan hal ini, yuk, sama-sama mengikuti pagelaran GP Arab Saudi akhir pekan ini, ya!

Baca Juga: 7 Pembalap Formula 1 yang Kontraknya Habis pada Akhir Musim 2023

Samuel Photo Verified Writer Samuel

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya