6 Sisi Menarik yang Terjadi di Formula 1 GP Bahrain 2023

Raih poin meski start paling belakang 

Para pencinta Formula 1 baru saja mengikuti GP Bahrain di Sirkuit Internasional Bahrain pada 3–5 Maret 2023. Max Verstappen keluar sebagai pemenang setelah finis pertama.

Ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui setelah balapan. Begini sisi menarik yang terjadi di Formula 1 GP Bahrain 2023.

1. Max Verstappen meraih kemenangan dari pole position

6 Sisi Menarik yang Terjadi di Formula 1 GP Bahrain 2023Max Verstappen mengangkat trofi juara pertama di GP Bahrain 2023. (formula1.com)

Max Verstappen yang menjadi pemenang GP Bahrain 2023 memulai balapan dari posisi start terdepan. Pada sesi kualifikasi, ia mencatatkan putaran tercepat dengan waktu 1:29,708. Ia berhak menempati pole position. Pada akhir balapan, ia finis di podium pertama.

Verstappen menjadi pembalap ketujuh yang mampu memenangi GP Bahrain dari pole position. Enam pembalap sebelumnya yang berhasil mengukir prestasi tersebut adalah Michael Schumacher, Fernando Alonso, Felipe Massa, Sebastian Vettel, Lewis Hamilton, dan Charles Leclerc.

2. Red Bull jadi tim ketiga yang finis 1-2 di GP Bahrain

6 Sisi Menarik yang Terjadi di Formula 1 GP Bahrain 2023Max Verstappen dan Sergio Perez memberi kemenangan 1-2 untuk Red Bull di GP Bahrain 2023. (formula1.com)

Red Bull memulai Formula 1 2023 dengan finis 1-2 di GP Bahrain. Sergio Perez finis di podium kedua mendampingi Max Verstappen yang menjadi pemenang.

Sejak pertama kali menjadi tuan rumah Formula 1 pada 2004, GP Bahrain menjadi saksi bisu dari tiga tim yang berhasil finis 1-2 di Sirkuit Internasional Bahrain. Red Bull menjadi tim ketiga yang meraih hasil tersebut.

Ferrari sejauh ini sudah 4 kali disusul Mercedes yang 2 kali finis 1-2 di GP Bahrain. Berikut ini datanya:

  • GP Bahrain 2004: Michael Schumacher dan Rubens Barrichello;
  • GP Bahrain 2008: Felipe Massa dan Kimi Raikkonen;
  • GP Bahrain 2010: Fernando Alonso dan Felipe Massa;
  • GP Bahrain 2014: Lewis Hamilton dan Nico Rosberg;
  • GP Bahrain 2019: Lewis Hamilton dan Valteri Bottas;
  • GP Bahrain 2022: Charles Leclerc dan Carlos Sainz.

3. Peraih fastest lap finis di luar sepuluh besar

6 Sisi Menarik yang Terjadi di Formula 1 GP Bahrain 2023Zhou Guanyu (formula1.com)

Gelar pembalap yang meraih fastest lap di GP Bahrain 2023 jatuh kepada Zhou Guanyu. Menariknya, pembalap Alfa Romeo ini tidak finis di posisi 10 besar, melainkan di posisi 16.

Zhou mencatatkan hasil tersebut pada putaran ke-56 dengan waktu 1:33,996. Sayangnya, karena finis di luar sepuluh besar, ia tidak mendapatkan tambahan poin sebagai hadiah dari fastest lap. Itu fastest lap kedua dalam kariernya di Formula 1 setelah GP Jepang 2022.

Baca Juga: 5 Fakta Menarik Kemenangan Max Verstappen di F1 GP Bahrain 2023

4. Fernando Alonso naik podium ketika debut bersama tim baru

6 Sisi Menarik yang Terjadi di Formula 1 GP Bahrain 2023Fernando Alonso langsung meraih kemenangan ketika debut bersama Ferrari di GP Bahrain 2010. (dok.youtube.com/Formula 1)

Fernando Alonso bergabung dengan Aston Martin pada 2023 ini setelah pindah dari Alpine. GP Bahrain 2023 menjadi balapan pertamanya bersama Aston Martin. Ia berhasil memberi kado indah dengan finis di podium ketiga.

Pembalap Spanyol ini juga punya kenangan manis ketika debut bersama tim baru dengan naik podium di GP Bahrain. Hal tersebut terjadi pada 2010 di mana GP Bahrain menjadi balapan pembuka musim. Saat itu, ia membalap untuk pertama kalinya bersama Ferrari dan menyelesaikan balapan di atas podium tertinggi.

5. Pembalap paling senior yang menjadi Driver of the Day

6 Sisi Menarik yang Terjadi di Formula 1 GP Bahrain 2023Fernando Alonso memegang trofi peringkat ketiga di GP Bahrain 2023. (formula1.com)

Dari 20 pembalap Formula 1 2023, Fernando Alonso memiliki usia paling senior. Ia sudah berusia 41 tahun ketika mengikuti GP Bahrain tahun ini.

Alonso yang tampil impresif dengan finis di podium ketiga menarik perhatian. Itu membuatnya mendapatkan gelar Driver of the Day.

Alonso merupakan pembalap kedua berusia lebih dari 40 tahun yang finis di atas podium setelah Michael Schumacher (43) di GP Valencia 2012. Hasil ini sekaligus menjadi kado istimewa untuk memperingati 20 tahun karier Alonso di Formula 1.

6. Pierre Gasly start dari posisi terbuncit dan meraih poin

6 Sisi Menarik yang Terjadi di Formula 1 GP Bahrain 2023Pierre Gasly berfoto bersama kru Alpine. (twitter.com/Pierre Gasly)

Satu pembalap yang juga ikut menarik perhatian adalah Pierre Gasly. Ia menjalani debut sebagai pengganti Alonso di Alpine. Ia menjalani sesi kualifikasi dengan hasil mengecewakan karena menduduki posisi start ke-20.

Menariknya, pembalap Perancis ini menyelesaikan balapan di posisi ke-9. Ia membawa pulang dua poin. Sebelumnya, Gasly juga pernah start dari posisi ke-20 dan pulang dengan membawa poin di GP Meksiko 2018. Ia finis di posisi ke-10 saat itu.

Secara umum, GP Bahrain 2023 memberi kenangan tersendiri untuk Red Bull dan kedua pembalapnya. Namun, Alonso ternyata mampu ikut memberikan warna dengan menjadi pembalap paling senior di lintasan. Ia menghuni podium ketiga dan menyabet gelar Driver of the Day.

Baca Juga: Naik Podium di GP Bahrain, Fernando Alonso Puji Performa AMR23

Samuel Photo Verified Writer Samuel

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya