7 Pembalap Formula 1 2023 yang Pernah Naik Podium di GP Azerbaijan

Rookie termuda sempat memberi kejutan 

GP Azerbaijan adalah balapan Formula 1 keempat musim 2023 yang akan berlangsung akhir pekan ini, 28–30 April 2023. Seperti tahun-tahun sebelumnya, GP Azerbaijan tetap menggunakan sirkuit jalan raya Baku.

Secara total, balapan Formula 1 sudah berlangsung enam kali di Azerbaijan sejak 2016. Fakta menarik, dari 20 pembalap utama Formula 1 2023, 7 di antaranya sudah pernah merasakan naik podium di balapan GP Azerbaijan. Siapa saja mereka?

1. Sergio Perez

7 Pembalap Formula 1 2023 yang Pernah Naik Podium di GP AzerbaijanSergio Perez mengangkat trofi juara ketiga di GP Eropa 2016 yang berlangsung di sirkuit Baku, Azerbaijan. (fia.com)

Pembalap pertama adalah Sergio Perez yang sudah empat kali naik podium di Sirkuit Baku. Ia finis ketiga di balapan pertama Formula 1 di sirkuit tersebut musim 2016 yang saat itu masih bernama GP Eropa. Kala itu, pembalap Meksiko ini membela Force India. Ia kembali finis ketiga pada 2018 bersama Racing Point.

Dua podium berikutnya ia raih bersama Red Bull, di mana ia pulang sebagai pemenang GP Azerbaijan 2021. Satu musim berselang, ia sukses finis di podium kedua.

Baca Juga: Sergio Perez Beberkan Hubungan dengan Max Verstappen, Saling Respek!

2. Valtteri Bottas

Selanjutnya adalah Valtteri Bottas yang sudah dua kali naik podium di GP Azerbaijan. Kedua podium tersebut diraih Bottas bersama tim yang sama, Mercedes.

Pada 2017, ia berhasil menduduki podium kedua setelah menyalip Lance Stroll dari Williams tepat sebelum garis finis. Kemudian, ia berhasil mencatatkan namanya sebagai pemenang GP Azerbaijan pada 2019.

3. Lance Stroll

7 Pembalap Formula 1 2023 yang Pernah Naik Podium di GP AzerbaijanLance Stroll mengangkat trofi juara ketiga di GP Azerbaijan 2017. (twitter.com/Williams Racing)

Lance Stroll menjalani musim pertamanya di Formula 1 pada 2017. Pembalap Kanada tersebut finis di podium ketiga di Azerbaijan 2017 sekaligus menjadi podium pertamanya di Formula 1.

Pada balapan tersebut, Stroll yang membela Williams berpeluang besar menjadi penghuni podium kedua. Sayangnya, ia disalip oleh Valtteri Bottas 0,105 detik sebelum garis finis. Meski begitu, hasil ini sudah cukup untuk mencatat namanya sebagai rookie termuda yang berhasil naik podium saat usianya kala itu masih 18 tahun 239 hari.

4. Lewis Hamilton

7 Pembalap Formula 1 2023 yang Pernah Naik Podium di GP AzerbaijanLewis Hamilton mengangkat trofi juara pertama di GP Azerbaijan 2018. (twitter.com/Formula 1)

Lewis Hamilton memulai GP Azerbaijan 2018 dari posisi kedua. Sepanjang balapan, praktis yang menjadi lawan utamanya adalah rekan satu timnya saat itu, Valtteri Bottas, yang start dari posisi ketiga.

Dua putaran sebelum garis finis, Bottas memimpin balapan disusul Hamilton di posisi kedua. Sayangnya, ketika memasuki tikungan pertama, ban belakang Bottas pecah akibat mobilnya melindas serpihan di sirkuit yang memaksanya tidak dapat menyelesaikan balapan.

Hamilton memanfaatkan kondisi tersebut untuk pulang sebagai pemenang. Pembalap Inggris ini naik podium lagi di GP Azerbaijan 2019, di mana ia finis di podium kedua menemani Valtteri Bottas yang menjadi pemenang.

Baca Juga: Pierre Gasly Masih Butuh Waktu untuk Buktikan Performa di Alpine

5. Pierre Gasly

7 Pembalap Formula 1 2023 yang Pernah Naik Podium di GP AzerbaijanPierre Gasly mengangkat trofi juara ketiga di GP Azerbaijan 2021. (twitter.com/Pierre Gasly)

Pembalap aktif berikutnya adalah Pierre Gasly. Di GP Azerbaijan 2021, pembalap Prancis yang saat itu membela Alpha Tauri meraih podium ketiganya di Formula 1 usai finis ketiga di balapan yang berlangsung di Sirkuit Baku tersebut.

Padahal, ia memulai balapan dari posisi sangat belakang, yaitu posisi ke-17. Di momen menjelang akhir balapan, Gasly sempat bertarung dengan Charles Leclerc sebelum menjadi pembalap ketiga yang melintasi garis finis.

6. Max Verstappen

7 Pembalap Formula 1 2023 yang Pernah Naik Podium di GP AzerbaijanMax Verstappen mengangkat trofi kemenangan GP Azerbaijan 2022. (formula1.com)

Max Verstappen sudah mengikuti balapan Formula 1 di Sirkuit Baku selama lima tahun sejak 2016 tanpa finis di atas podium. Baru di tahun ke-6, yakni tahun 2022, ia berhasil naik podium di Azerbaijan.

Podium pertamanya di Sirkuit Baku langsung berbuah podium kemenangan. Podium ini juga makin istimewa karena ia ditemani rekan satu timnya, Sergio Perez, yang menempati podium kedua yang tak lain menjadi kemenangan 1-2 untuk Red Bull.

7. George Russell

7 Pembalap Formula 1 2023 yang Pernah Naik Podium di GP AzerbaijanGeorge Russell mengangkat trofi juara ketiga di GP Azerbaijan 2022. (twitter.con/Mercedes-AMG Petronas F1 Team)

Ketujuh adalah George Russell. Ia menjadi pelengkap penghuni podium GP Azerbaijan 2022 di mana ia menghuni podium ketiga untuk menemani dua pembalap Red Bull.

Podium tersebut sekaligus menjadi podium keempatnya di Formula 1. Pada balapan saat itu, Russell unggul dari rekan satu timnya, Lewis Hamilton, yang finis di posisi keempat.

Akhir pekan nanti, Max Verstappen dan Sergio Perez berpeluang besar kembali naik podium di Sirkuit Baku mengingat performa Red Bull yang superior sejauh ini. Bisa juga ada pembalap kejutan lain yang akan naik podium, misalnya seperti Stroll dan Gasly. Bagaimana prediksimu jelang F1 2023 GP Azerbaijan mendatang?

Baca Juga: 5 Pembalap Formula 1 asal Swedia yang Pernah Naik Podium

Samuel Photo Verified Writer Samuel

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya