6 Pembalap Formula 1 yang Menangi GP Bahrain dari Pole Position 

Tiga di antaranya masih berpeluang ulangi prestasi ini 

Akhir pekan ini, tepatnya tanggal 3–5 Maret 2023, balapan pembuka Formula 1 2023, GP Bahrain yang berlangsung di Sirkuit Internasional Bahrain digelar. Kamu tentu sudah tak sabar ingin melihat pembalap jagoannya beraksi di atas lintasan.

Bukan kali ini saja GP Bahrain menjadi seri pembuka perhelatan Formula 1. Sejauh ini, ada enam pembalap yang mampu meraih catatan manis tersebut di GP Bahrain. Akankah catatan ini bertambah di Formula 1 2023?

1. Michael Schumacher

6 Pembalap Formula 1 yang Menangi GP Bahrain dari Pole Position Michael Schumacher menjuarai GP Bahrain 2004. (twitter.com/Scuderia Ferrari)

GP Bahrain menjadi tuan rumah Formula 1 untuk pertama kalinya pada 2004. Michael Schumacher menjadi pembalap yang bersinar pada balapan yang berlangsung di area gurun pasir tersebut.

Pembalap Jerman tersebut meraih pole position di sesi kualifikasi dan finis di podium pertama. Tak hanya itu, ia juga sukses mencatatkan fastest lap. Dengan demikian, Michael Schumacher menjadi pembalap yang meraih pole position, kemenangan, serta fastest lap untuk pertama kalinya di GP Bahrain.

2. Fernando Alonso

6 Pembalap Formula 1 yang Menangi GP Bahrain dari Pole Position Fernando Alonso menjadi pemenang GP Bahrain 2005. (twitter.com/Bahrain Int. Circuit)

Satu musim berikutnya, giliran Fernando Alonso yang tampil gemilang di GP Bahrain. Ia meraih pole position di sesi kualifikasi GP Bahrain 2005.

Pembalap Renault ini sebenarnya sempat mendapat tekanan dari Michael Schumacher di awal-awal balapan. Sayangnya, mobil Schumacher mengalami kendala teknis pada putaran ke-12 sehingga tidak dapat menyelesaikan balapan. Alonso memanfaatkan kesempatan ini untuk menjadi pemenang GP Bahrain 2005.

3. Felipe Massa

6 Pembalap Formula 1 yang Menangi GP Bahrain dari Pole Position Felipe Massa meluapkan kegembiraan setelah memenangi GP Bahrain 2007. (twitter.com/Formula 1)

Ketiga adalah Felipe Massa. Saat sesi kualifikasi GP Bahrain 2007, pembalap Brasil ini berhasil mengunci posisi start terdepan.

Di akhir balapan, Massa menjadi pembalap pertama yang melewati garis finis. Tak hanya itu, ia juga menjadi pembalap yang mencatatkan fastest lap.

Baca Juga: Ferrari Puas dengan Hasil Tes Pramusim Formula 1 2023

4. Sebastian Vettel

6 Pembalap Formula 1 yang Menangi GP Bahrain dari Pole Position Sebastian Vettel mengangkat trofi kemenangan di GP Bahrain 2018. (twitter.com/Scuderia Ferrari)

Sebastian Vettel menjadi pembalap pertama yang memenangi GP Bahrain dari pole position sebanyak dua kali. Pertama kali ia lakukan pada musim 2012 ketika membela Red Bull. Selain meraih pole position dan kemenangan, Vettel juga mencatatkan fastest lap.

Lalu, kali kedua diraihnya di GP Bahrain 2018 ketika ia sudah berseragam Ferrari. Tidak seperti 2012, di edisi 2018 itu ia tidak mencatatkan fastest lap.

5. Lewis Hamilton

6 Pembalap Formula 1 yang Menangi GP Bahrain dari Pole Position Lewis Hamilton mengangkat trofi juara pertama di GP Bahrain 2020. (fia.com)

Lewis Hamilton menjadi pembalap kedua yang meniru prestasi Vettel. Berbeda dengan Vettel, Hamilton memenangi seri pembuka Formula 1 di GP Bahrain dengan membela tim yang sama, Mercedes.

Hamilton meraihnya pada musim 2015 dan 2020. Meski dua kali mencatatkan diri menjadi pemenang di seri pembuka Formula 1 GP Bahrain, ia tidak mencatatkan fastest lap.

6. Charles Leclerc

6 Pembalap Formula 1 yang Menangi GP Bahrain dari Pole Position Charles Leclerc memegang trofi kemenangan GP Bahrain 2022. (ferrari.com)

Pembalap keenam yang mampu meraih kemenangan di GP Bahrain dari pole position adalah Charles Leclerc. Ia meraihnya pada musim 2022.

Pembalap Monako ini perlu berjuang keras menghadapi tekanan Max Verstappen sejak start sebelum pembalap Belanda tersebut harus berhenti karena mengalami gangguan teknis pada mobilnya. Selain pole position dan kemenangan, kala itu Leclerc juga sanggup mencatatkan fastest lap.

Dari keenam pembalap di atas, Fernando Alonso, Lewis Hamilton, dan Charles Leclerc akan kembali bertarung di Formula 1 2023 GP Bahrain. Apakah salah satu dari mereka akan kembali mengulangi catatan manis ini, atau ada pembalap baru yang akan mencatatkan namanya di daftar peraih pole position sekaligus kemenangan di GP Bahrain? 

Baca Juga: Segera Dimulai, Begini Potret 10 Tim Formula 2023

Samuel Photo Verified Writer Samuel

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya