6 Pembalap yang Pernah Juara di Formula 1 GP Abu Dhabi

Ada yang sukses kunci gelar juara dunia di GP Abu Dhabi juga

GP Abu Dhabi yang berlangsung di Sirkuit Yas Marina memulai debutnya sebagai tuan rumah balapan Formula 1 pada 2009. Sejak itu, balapan ini selalu masuk kalender rutin balap jet darat tersebut hingga tahun 2022 ini.

Fakta ini sekaligus berarti jika Sirkuit Yas Marina sudah menyelenggarakan balapan Formula 1 sebanyak 13 kali hingga 2021. Namun, ternyata baru ada enam pembalap saja yang pernah menjadi pemenang di GP Abu Dhabi, lho! Siapa saja keenam pembalap tersebut?

1. Kimi Raikkonen

6 Pembalap yang Pernah Juara di Formula 1 GP Abu DhabiKimi Raikkonen finis pertama di GP Abu Dhabi 2012 disusul Fernando Alonso di posisi kedua. (fia.com)

Salah satu pemenang GP Abu Dhabi adalah juara dunia Formula 1 2007, Kimi Raikkonen. Pembalap Finlandia tersebut meraih kemenangan di GP Abu Dhabi pada 2012 bersama Lotus Renault.

Kala itu, ia harus bersaing ketat dengan Fernando Alonso dari Ferrari hingga garis finis. Selisih waktu antara keduanya hanya terpaut kurang dari satu detik saja. Hasil tersebut merupakan kemenangan pertamanya setelah kembali ke ajang balap jet darat pada tahun 2012.

2. Nico Rosberg

6 Pembalap yang Pernah Juara di Formula 1 GP Abu DhabiNico Rosberg menjuarai GP Abu Dhabi 2015. (twitter.com/Formula 1)

Pembalap lain yang juga pernah menang satu kali saja di GP Abu Dhabi adalah Nico Rosberg. Ia sukses memimpin dua posisi start terdepan untuk Mercedes pada 2015 dengan rekan satu timnya, Lewis Hamilton, yang start di posisi kedua.

Lalu, di akhir balapan, ternyata posisi finis kedua pembalap Mercedes tersebut sama dengan posisi start. Dengan kata lain, Nico Rosberg pulang sebagai pemenang GP Abu Dhabi 2015.

3. Valtteri Bottas

6 Pembalap yang Pernah Juara di Formula 1 GP Abu DhabiValteri Bottas memegang trofi juara pertama GP Abu Dhabi 2017. (twitter.com/Formula 1)

Valtteri Bottas menjadi pembalap Mercedes pada musim 2017. Ia meraih kemenangan ketiganya di Formula 1 di GP Abu Dhabi 2017.

Hasil ini juga istimewa untuk timnya karena berhasil mengunci kemenangan 1-2 dengan Lewis Hamilton yang finis di podium kedua. Selain kemenangan, Bottas juga memiliki tiga catatan manis lainnya di GP Abu Dhabi 2017 yakni meraih pole position, mencatatkan fastest lap, dan menjadi Driver Of The Day.

Baca Juga: 5 Kenangan Sebastian Vettel di Formula 1 GP Abu Dhabi sebelum Pensiun 

4. Max Verstappen

6 Pembalap yang Pernah Juara di Formula 1 GP Abu DhabiMax Verstappen mengangkat trofi juara pertama di GP Abu Dhabi 2021. (formula1.com)

Pembalap selanjutnya adalah juara dunia musim 2020 dan 2021, Max Verstappen. Pembalap Belanda ini sudah meraih dua kemenangan di GP Abu Dhabi bersama Red Bull pada 2020 dan 2021.

Ia meraih pole position di GP Abu Dhabi 2020 dan sukses tampil dominan untuk meraih kemenangan pertamanya di GP Abu Dhabi. Lalu, kemenangan keduanya di GP Abu Dhabi jauh lebih fantastis lagi karena ia meraihnya setelah menyalip Lewis Hamilton di putaran terakhir. Kemenangan ini sekaligus membawanya menjadi juara dunia Formula 1 untuk pertama kali.

5. Sebastian Vettel

6 Pembalap yang Pernah Juara di Formula 1 GP Abu DhabiSebastian Vettel menjuarai GP Abu Dhabi 2009. (formula1.com)

Sebelum Max Verstappen, pembalap Red Bull yang lebih dulu mengukir catatan manis di GP Abu Dhabi adalah Sebastian Vettel. Ia menjadi pemenang pertama sejak GP Abu Dhabi menggelar balap Formula 1 pada 2009. Selain menang, Vettel juga mencatat fastest lap dan membawa Red Bull menang 1-2 dengan rekannya, Mark Webber, di podium kedua.

Kemenangan keduanya di GP Abu Dhabi diraih pada tahun 2010. Hasil ini tidak hanya sekadar kemenangan biasa karena ia berhasil mengunci gelar juara dunia pembalap musim 2010 sekaligus menjadi pembalap pertama Red Bull yang menjadi juara dunia.

Lalu, hasil balapan GP Abu Dhabi 2013 mengulangi musim 2009 di mana Sebastian Vettel dan Mark Webber memberi kemenangan 1-2 untuk Red Bull. Dengan demikian, Vettel sudah meraih tiga kemenangan di GP Abu Dhabi.

6. Lewis Hamilton

6 Pembalap yang Pernah Juara di Formula 1 GP Abu DhabiLewis Hamilton memegang trofi juara pertama di GP Abu Dhabi 2019. (formula1.com)

Rekor pembalap dengan jumlah kemenangan terbanyak di GP Abu Dhabi sejauh ini dimiliki oleh Lewis Hamilton. Pembalap Inggris ini menang untuk pertama kalinya di GP Abu Dhabi pada 2011 bersama McLaren Mercedes.

Lalu, sejak pindah ke Mercedes, ia sukses menang empat kali di GP Abu Dhabi pada 2014, 2016, 2018, dan 2019. Dari keempatnya, kemenangannya pada 2016 tampaknya paling ia ingat karena sekaligus jadi saksi saat sang rekan satu tim, Nico Rosberg, sukses meraih gelar juara dunia pertamanya dan satu-satunya di Formula 1 hingga kini.

Dari keenam pembalap di atas, Sebastian Vettel dan Max Verstappen tampaknya jadi yang paling bahagia karena sukses sebagai juara pertama sekaligus menjadi juara dunia di Formula 1 GP Abu Dhabi. Lalu, apakah kita akan melihat juara baru di GP Abu Dhabi 2022 ini?

Baca Juga: 10 Potret Ferrari World Abu Dhabi, Taman Wisata buat Si Pencinta Balap

Samuel Photo Verified Writer Samuel

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya