5 Kenangan Sebastian Vettel di Formula 1 GP Abu Dhabi sebelum Pensiun 

Ada satu momenn paling istimewa 

GP Abu Dhabi 2022 yang berlangsung di sirkuit Yas Marina pada 18–20 November 2022 akan menjadi balapan terakhir di kalender Formula 1 2022. Selain itu, balapan ini juga menjadi balapan terakhir Sebastian Vettel di kancah Formula 1 mengingat ia akan pensiun setelah musim 2022 ini berakhir.

Nah, pembalap Jerman ini punya beberapa kenangan di GP Abu Dhabi. Apa saja kenangan tersebut? Simak dulu ulasannya sebelum Sebastian Vettel resmi meninggalkan Formula 1, yuk!

1. Menang di GP Abu Dhabi perdana

5 Kenangan Sebastian Vettel di Formula 1 GP Abu Dhabi sebelum Pensiun Sebastian Vettel menjuarai GP Abu Dhabi 2009. (formula1.com)

GP Abu Dhabi menjadi tuan rumah balapan Formula 1 untuk pertama kalinya pada tahun 2009. Sebastian Vettel dari Red Bull Racing Renault berhasil mencatatkan namanya sebagai pemenang perdana di GP Abu Dhabi.

Selain itu, ia juga sukses menjadi pembalap yang mencatatkan fastest lap perdana di GP Abu Dhabi dengan catatan waktu 1:40.279. Hasil ini juga memberi momen indah untuk timnya karena berhasil meraih kemenangan 1-2 dengan rekan satu timnya saat itu, Mark Webber, yang sukses finis di podium kedua.

2. Raih gelar juara dunia pertamanya

5 Kenangan Sebastian Vettel di Formula 1 GP Abu Dhabi sebelum Pensiun Sebastian Vettel menjuarai GP Abu Dhabi 2010 sekaligus mengklaim gelar juara dunia pertamanya di Formula 1. (formula1.com)

Sebastian Vettel memulai GP Abu Dhabi 2010 dari pole position. Di Akhir balapan, ia sukses menjadi pembalap pertama yang melewati garis finis sekaligus meraih kemenangan keduanya di GP Abu Dhabi.

Kemenangan ini semakin istimewa karena sekaligus membawanya menjadi juara dunia pembalap Formula 1 untuk pertama kali. Ia meraihnya pada usia 23 tahun dan 133 hari yang membuatnya menjadi pembalap termuda sukses merengkuh gelar juara dunia di sepanjang sejarah Formula 1.

Baca Juga: Sebastian Vettel Sebut Siapa Rival Terberatnya di Formula 1

3. Disiram champagne oleh dua juara dunia

5 Kenangan Sebastian Vettel di Formula 1 GP Abu Dhabi sebelum Pensiun Lewis Hamilton dan Jenson Button menyiram champagne ke Sebastian Vettel di podium GP Abu Dhabi 2010. (redbull.com)

Di GP Abu Dhabi 2010, dua pembalap yang melintasi garis finis setelah Sebastian Vettel adalah Lewis Hamilton dan Jenson Button dari McLaren Mercedes. Keduanya adalah juara dunia beruntun sebelum Vettel. Hamilton mengklaim juara dunianya pada tahun 2008 bersama McLaren dan Button meraih gelar juara dunianya pada 2009 bersama Brawn GP.

Dengan kata lain, penghuni podium GP Abu Dhabi 2010 adalah tiga juara dunia dalam tiga tahun beruntun. Hal ini tentu menjadi momen spesial karena kegembiraan Vettel menjadi juara dunia untuk pertama kali langsung ditemani oleh kedua juara dunia sebelumnya yang bersama-sama menuangkan champagne di atas podium.

4. Menang ketiga kalinya di GP Abu Dhabi musim 2013

5 Kenangan Sebastian Vettel di Formula 1 GP Abu Dhabi sebelum Pensiun Sebastian Vettel menjuarai GP Abu Dhabi 2013. (redbull.com)

Red Bull Racing Renault berhasil mengunci dua posisi terdepan di sesi kualifikasi GP Abu Dhabi 2013. Mark Webber berada di pole position, sedangkan Sebastian Vettel berada di posisi start kedua.

Di akhir balapan, Red Bull ternyata berhasil menduduki dua podium teratas. Sebastian Vettel pulang sebagai pemenang, diikuti Mark Webber yang finis di podium kedua. Hasil ini sekaligus membuat pembalap Jerman tersebut meraih kemenangan ketiganya di GP Abu Dhabi.

5. Nyanyikan lagu perpisahan dengan Ferrari melalui radio

GP Abu Dhabi 2020 yang merupakan balapan penutup Formula 1 musim 2020 menjadi balapan terakhir Sebastian Vettel bersama Ferrari. Cukup disayangkan karena Ferrari tampil kurang kompetitif di musim tersebut.

Di GP Abu Dhabi 2020, dua pembalap Ferrari finis di luar 10 besar dengan Charles Leclerc dan Sebastian Vettel finis di posisi ke-13 dan ke-14 berturut-turut. Meski begitu, ia menyatakan kebanggaannya pada Ferrari setelah melalui enam musim Formula 1 bersama tim tersebut.

Pembalap Jerman ini bergabung bersama Ferrari pada 2015. Selama enam tahun tersebut, ia menjadi pembalap Ferrari tersukses ketiga dalam hal jumlah kemenangan. Ia pun mendapat salam hangat dari Ferrari ketika meninggalkan tim tersebut.

Nah, GP Abu Dhabi tentu memberi kenangan yang sangat indah untuk Sebastian Vettel di mana ia sanggup meraih tiga kemenangan dan satu gelar juara dunia. Hal ini diharapkan mampu memotivasi dirinya tampil maksimal pada balapan terakhirnya di Formula 1 akhir pekan ini.

Baca Juga: 5 Kenangan Sebastian Vettel di Formula 1 GP Brasil, Tak Terlupakan!

Samuel Photo Verified Writer Samuel

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya