Bagaimana Nasib Formula E Jakarta Setelah 2024?

Akankah kontrak Formula E berlanjut?

Jakarta, IDN Times - Setelah sukses pada 2022, gelaran Formula E 2023 Jakarta kembali menuai sukses. Mengusung tajuk Gulavit Jakarta E-Prix 2023, ajang balapan mobil listrik kenamaan dunia ini berhasil menyedot animo penggemar.

Sejatinya, kontrak Formula E di Jakarta berlangsung hingga 2024. Sudah ada jaminan juga bahwa Jakarta akan jadi tuan rumah Formula E lagi pada 2024. Pertanyaannya, setelah 2024, akankah ajang balap mobil listrik ini hadir lagi di Jakarta?

Baca Juga: Saat Jakarta Sambut Hangat Lagi Para Pembalap Formula E

1. Masalah kontrak masih dalam pembicaraan

Bagaimana Nasib Formula E Jakarta Setelah 2024?Potret mobil balap yang mengaspal di area Sirkuit Formula E pada Sabtu (4/6/2022). (IDN Times/Tata Firza)

Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta, Joko Agus Setyono, mengatakan, belum ada kepastian perpanjangan kontrak Formula E Jakarta. Hal itu harus didiskusikan lagi dengan PT Jakarta Propertindo.

"Belum kita diskusikan (soal penambahan kontrak Formula E). Nanti ada dari Jakpro dan juga ada dari beberapa kawan-kawan, dari Pak Gubernur-lah terutama," ujar Joko di Ancol, Minggu (4/6/2023).

Baca Juga: Akhirnya, Max Gunther Berjaya di Formula E 2023 Jakarta

2. Anies Baswedan serahkan pada Jakpro

Bagaimana Nasib Formula E Jakarta Setelah 2024?Anies Baswedan ketika hadir di Formula E 2023 Jakarta, Sabtu (3/6/2023). (IDN Times/Tino).

Mantan Gubernur DKI Jakarta, yang juga turut dalam pembicaraan kontrak Formula E pada 2022, Anies Baswedan menyerahkan sepenuhnya perpanjangan kontrak Formula E pada yang berwenang. Semua bergantung pada Jakpro.

"Ya terserah pengambil keputusan ya (soal perpanjangan kontrak). Karena pemegang kewenangannya ada di DKI Jakarta, dalam hal ini Jakpro. Biarkan nanti Jakpro yang memutuskan," kata Anies.

Baca Juga: Jagoan Anies Baswedan di Formula E 2023 Jakarta Keok

3. Formula E akan hadir lagi di Jakarta pada 2024

Bagaimana Nasib Formula E Jakarta Setelah 2024?Situasi gelaran Formula E 2023 Jakarta. (IDN Times/Tata Firza)

Direktur Utama Jakpro Iwan Takwin menyatakan, FEO (Formula E Operation) memercayakan Indonesia menjadi tuan rumah musim depan. Hal ini tak lepas dari keriuhan gelaran Formula E 2022 dan 2023.

"Hasilnya, Indonesia kembali dipercaya untuk menggelar satu seri balapan Formula E oleh
FEO untuk musim depan. Rencananya, balapan tahun depan digelar 8 Juni 2024. Kepercayaan ini merupakan buah dari keberhasilan dalam menyelenggarakan balapan Formula E 2022 lalu dan tahun ini," ujar Iwan.

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya