Bill Russell Meninggal Dunia, NBA Diselimuti Duka Mendalam

Russell meninggalkan sejarah yang apik di NBA

Jakarta, IDN Times - NBA diselimuti duka pada Minggu (31/7/2022). Salah satu legenda mereka, Bill Russell, meninggal dunia. Dia meninggal pada usia 88 tahun, dalam keadaan damai, bersama dengan istri di sisinya.

Dunia NBA pun bereaksi atas meninggalnya legenda Boston Celtics tersebut. Semua legenda dan pemain NBA turut mengekspresikan rasa duka mereka atas meninggalnya sosok peraih 11 gelar juara tersebut.

1. Kehilangan besar bagi dunia basket Amerika Serikat

Bill Russell Meninggal Dunia, NBA Diselimuti Duka MendalamBill Russell (nba.com)

Salah seorang legenda NBA, Earvin 'Magic' Johnson, mengungkapkan rasa duka mendalam atas meninggalnya Russell. Dalam akun Twitter pribadinya, dia berujar meninggalnya Russell merupakan kehilangan besar bagi basket Amerika Serikat.

"Ini (meninggalnya Russell) adalah salah satu kehilangan terbesar bagi basket Amerika Serikat. Saya dan istri mendoakan yang terbaik untuk keluarga Bill, juga untuk semua komunitas basket di Amerika Serikat yang turut kehilangan," ujar Johnson.

Baca Juga: 5 Pemain NBA Terbaik dari NBA Draft 2015, Ada Devin Booker!

2. Russell merupakan pejuang kesetaraan

Bill Russell Meninggal Dunia, NBA Diselimuti Duka Mendalamgigantes.com

Skip Bayless, kolumnis olahraga Amerika Serikat, menyebut Russell adalah sosok yang paling keras menentang rasialisme di Amerika Serikat. Dia memiliki keberanian besar untuk terus mengungkapkan isu ini di hadapan publik, demi memperjuangkan kesetaraan.

"RIP Russell, seorang legenda. Tak pernah ada bintang kulit hitam yang bicara dengan keras soal rasialisme selain dirinya. Total, 11 gelar NBA dan lima gelar MVP. Tawa dan kebijaksanaannya akan selalu dirindukan," ujar Bayless.

3. Ungkapan terima kasih dari Michael Jordan

Bill Russell Meninggal Dunia, NBA Diselimuti Duka MendalamBill Russell (nba.com)

Tak ketinggalan, legenda kenamaan NBA, Michael Jordan, juga mengungkapkan rasa duka atas berpulangnya Russell ini. Menurutnya, Russell adalah pionir yang membukakan jalan bagi pemain kulit hitam mentas di NBA.

"Bill Russell adalah seorang pionir dan juara. Dia membukakan jalan bagi setiap pemain kulit hitam menuju panggung NBA. Dunia kehilangan legenda. Duka cita mendalam dari saya dan semoga dia bisa beristirahat dengan tenang," ujar Jordan.

Baca Juga: Harden Rela Digaji Kecil, Asal Sixers Jadi Tim Kuat di NBA

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya