Bintang Prawira Dipastikan Absen di Gim Kedua Final IBL 2023

Brandone Francis absen lantaran kena hukuman

Jakarta, IDN Times - Kabar buruk menghampiri Prawira Bandung di gim kedua final IBL 2023 lawan Pelita Jaya Jakarta pada Sabtu, 22 Juli 2023. Salah satu pemain asing terbaik mereka, Brandone Francis, dipastikan absen.

Brandone terkena hukuman ejected pada gim pertama final IBL 2023 Hall A Basket Gelora Bung Karno, Kamis (20/7/2023). Dia terkena akumulasi hukuman unsportsmanlike foul.

Hukuman ini terjadi sebanyak dua kali, tepatnya pada saat kuarter kedua tersisa 8 menit 17 detik. Kemudian pada saat kuarter ketiga tersisa 8 menit 41 detik, Brandone terkena hukuman technical foul. Buntut dari hukuman ini, dia harus absen.

1. Francis juga terkena hukuman denda

Bintang Prawira Dipastikan Absen di Gim Kedua Final IBL 2023Brandone Francis, pemain Prawira Bandung. (iblindonesia.com)

Tidak cuma absen, berdasarkan PP IBL BAB V Pasal 3 tentang Sanksi dan Denda Peraturan Khusus Pertandingan ayat 1, hukuman denda juga menanti Brandone. Seperti apa bunyi pasalnya?

"Apabila personel klub IBL dikeluarkan oleh wasit (diskualifikasi) sesuai dengan peraturan permainan FIBA (termasuk akumulasi foul yang bisa mengakibatkan diskualifikasi), maka personel klub IBL tersebut dapat dikenakan sanksi minimal 1 (satu) kali larangan mengikuti pertandingan selanjutnya, serta dikenakan denda minimal sebesar Rp 5.000.000, dengan rincian sebagai berikut: 1.1 bahwa "Diskualifikasi karena melakukan akumulasi 2 (dua) kali technical foul dan/atau unsportsmanlike foul akan dikenakan denda sebesar Rp 5.000.000."

Baca Juga: IBL 2023: Prawira Bandung Tantang Pelita Jaya di Final

2. Prawira tetap percaya diri meski tanpa Francis

Bintang Prawira Dipastikan Absen di Gim Kedua Final IBL 2023Prawira Bandung di IBL 2023. (iblindonesia.com)

Meski Francis harus absen di gim kedua, Prawira tidak ambil pusing. Kepercayaan diri tetap mereka tunjukkan, seperti tercermin dari ucapan salah satu pemain mereka, Reza Guntara.

Reza percaya, absennya Francis bisa tergantikan dengan permainan yang sesuai rencana. Di gim pertama lalu, tampak bahwa setelah Francis keluar, Prawira tetap solid dan mampu mempertahankan kemenangan hingga laga tuntas.

"Basket itu bukan permainan individu, tetapi permainan tim," ujar Reza dalam sesi jumpa pers selepas laga pada Kamis, 20 Juli 2023.

3. Kapan gim kedua final IBL 2023 dihelat?

Bintang Prawira Dipastikan Absen di Gim Kedua Final IBL 2023Gelaran IBL 2023. (iblindonesia.com)

Usai tuntas menggelar gim pertama, final IBL 2023 akan berlanjut ke gim kedua. Prawira Bandung dan Pelita Jaya Jakarta akan bertemu lagi di GOR C-Tra Arena pada Sabtu, 22 Juli 2023.

Jika di gim kedua ini Pelita Jaya dapat menyamakan kedudukan, final IBL 2023 akan berlanjut ke gim ketiga yang dihelat lagi di markas Prawira, yaitu GOR C-Tra Arena, pada Minggu, 23 Juli 2023.

Baca Juga: Final IBL 2023: Prawira Bandung Sikat Pelita Jaya Jakarta

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya