Co-Founder Formula E: Jakarta Sudah Siap Gelar Balapan

Formula E sempat tertunda selama beberapa tahun

Jakarta, IDN Times - Pada 2019, rencana menggelar Formula E Jakarta ini sempat digaungkan. Awalnya, ajang balap mobil listrik paling bergengsi di dunia itu akan dihelat pada 2020, dengan menjadikan daerah Monumen Nasional(Monas) sebagai sirkuitnya.

Akan tetapi, seiring dengan banyaknya turbulensi, termasuk pandemik COVID-19, membuat Formula E harus tertunda. Tiga tahun menunggu, akhirnya Formula E benar-benar terselenggara di Jakarta pada pada 2022.

Kepastian itu membuat Co-Founder Formula E Alberto Longo senang. Sebab, momen ini begitu ditunggu cukup lama.

"Apa yang kami inginkan, selama kurang lebih tiga tahun, sejak September 2019 kami pertama bertemu, akhirnya terjadi. Kami sudah menantikan momen ini," ujar Longo dalam sesi jumpa pers di Jakarta International Circuit, Jumat (3/6/2022).

1. Jakarta sudah siap menggelar Formula E

Co-Founder Formula E: Jakarta Sudah Siap Gelar Balapanilustrasi formula E (ANTARA/ (Mike Stobe/Getty Images for Kaspersky/AFP)

Lebih lanjut, Longo mengungkapkan, Jakarta sudah siap untuk menggelar Formula E. Pada Jumat (3/6/2022), uji coba sirkuit sudah digelar, begitu juga shakedown test. Hal itu menandakan kesiapan Jakarta International Circuit untuk menggelar balapan.

"Kami sangat siap [menggelar balapan], dan sebenarnya lima menit lalu, kami telah siap melakukan shakedown, yang berarti bahwa mobil ada dalam trek," ujar Longo.

Baca Juga: 5 Perbedaan Balapan Formula E dan Formula 1, Sudah Tahu?

2. Tiket Formula E ludes, diborong Sahroni

Co-Founder Formula E: Jakarta Sudah Siap Gelar BalapanPotret Jakarta International Circuit jelang Formula E 2022. (IDN Times/Fauzan)

Antusiasme orang-orang untuk menyambut gelaran Formula E 2022 Jakarta ini terlihat cukup tinggi. Terbukti, tiket yang disediakan untuk dijual sudah habis.

Usut-puna usut, sebagian tiket itu ternyata diborong Ketua Pelaksana Formula E Ahmad Sahroni. Dia mengaku sudah memborong tiket hingga Rp1,2 miliar dalam ajang balapan yang digelar di Jakarta International Circuit, Sabtu (4/6/2022).

Tiket ini dibelinya untuk tim dan kerabatnya yang berjumlah 640 orang.

“Saya punya tim aja, tim nih tim sendiri dari zaman 2013 itu 640. Bayangkan 640 orang itu gue beliin semua,” kata Sahroni pada Jumat (3/6/2022).

3. Pembalap Formula E tak sabar untuk menjajal sirkuit

Co-Founder Formula E: Jakarta Sudah Siap Gelar BalapanPembalap Formula E keturunan Belanda-Indonesia, Nyck de Vries (IDN Times/Margith Juita Damanik)

Beberapa pembalap Formula E sudah mengutarakan rasa tidak sabarnya untuk menjajal Jakarta International Circuit. Salah satunya adalah pembalap keturunan Indonesia-Belanda, Nyck de Vries. Juara Formula E musim lalu ini bahkan mengaku senang dengan karakter dari sirkuit ini, dan optimistis bisa mendapatkan hasil apik di sirkuit ini.

"Saya senang dengan flow dan momentum yang nantinya akan tercipta di sirkuit ini. Saya merasa sangat positif dengan sirkuit ini, dan bisa mendapatkan hasil baik di sini," ujar Nyck.

Selain Nyck, beberapa pembalap Formula E lain juga sudah tak sabar menjajal Jakarta International Circuit. Driver tim Avalanche Andretti, Oliver Ashkew, mengunggah ulang foto sirkuit yang diabadikan dari udara oleh akun resmi Formula E.

Sedangkan pembalap DAMS, Maximilian Guenther, memberikan pendapat di kolom komentar akun resmi Formula E dengan menyematkan emoticon api.

Baca Juga: Jokowi Dipastikan Nonton Langsung Balapan Formula E Besok!

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya