Deretan Pembalap MotoGP yang Jatuh di Sirkuit Mandalika

Sirkuit Mandalika rajin makan korban jatuh

Jakarta, IDN Times - Sirkuit Mandalika adalah sirkuit yang kejam. Sejak digunakan untuk MotoGP dalam ajang pramusim, 11 sampai 13 Februari 2022, sirkuit ini sudah memakan banyak korban jatuh, termasuk dari para pembalap MotoGP.

Nama-nama besar merasakan kejamnya sirkuit yang berlokasi di Lombok ini. Berikut adalah deretan para pembalap yang merasakan jatuh di Sirkuit Mandalika, mulai dari pramusim hingga sesi kualifikasi MotoGP Mandalika yang dihelat Sabtu (19/3/2022).

1. Francesco Bagnaia dan Andrea Dovizioso jatuh di sesi pramusim

Deretan Pembalap MotoGP yang Jatuh di Sirkuit MandalikaFrancesco Bagnaia di MotoGP Mandalika. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Pada sesi pramusim, Francesco Bagnaia, Fabio Di Giannantonio, Jorge Martin, Marco Bezzecchi, dan Takaaki Nakagami mengalami pahitnya jatuh di Sirkuit Mandalika. Selain mereka, ada juga Jorge Martin dan Aleix Espargaro yang sempat terjatuh.

Namun, aksi jatuh paling parah dialami Andrea Dovizioso. Di hari kedua pramusim, Dovizioso jatuh di tikungan sembilan. Padahal ketika itu di tengah menorehkan catatan waktu yang baik. Sial baginya, dia terjatuh hingga bagian depan motornya sampai hancur.

Saat mengalami kecelakaan, Dovizioso sempat terguling-guling di gravel. Kepalanya pun sampai terbentur. Akan tetapi, sejauh ini dia dalam kondisi baik.

Motor Dovizioso yang mengalami kecelakaan pun langsung dibawa oleh marshal yang bertugas. Bagian depan motor nyaris tak berbentuk, begitu juga dengan fairing yang hancur. Sedangkan Dovizioso sendiri, dia langsung dievakuasi menuju garasi.

Baca Juga: Ini Hasil Lengkap Kualifikasi MotoGP di Sirkuit Pertamina Mandalika 

2. Banyak juga yang jatuh di sesi latihan bebas dan kualifikasi

Deretan Pembalap MotoGP yang Jatuh di Sirkuit MandalikaPembalap Repsol Honda Team Marc Marquez memacu sepeda motornya saat sesi latihan bebas 1 MotoGP seri Pertamina Grand Prix of Indonesia 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Jumat (18/3/2022). (ANTARA FOTO/Andika Wahyu)

Masuk ke sesi latihan bebas dan kualifikasi, Sirkuit Mandalika masih memakan korban. Marc Marquez adalah sosok utama di sesi latihan bebas dan kualifikasi ini. Dia terjatuh sampai dua kali.

Pertama, Marquez terjatuh di sesi latihan bebas kedua. Dia terpelanting saat akan menikung di tikungan 11. Kesialan pembalap asal Spanyol ini berlanjut di babak kualifikasi Q1. Di tengah upayanya menembus Q2, dia kembali terkapar.

Di tikungan 12, Marquez terjatuh saat sedang bersanding dengan Takaaki Nakagami. Buah dari jatuhnya ini, Marquez pun harus rela start di posisi 15 dalam sesi balapan MotoGP Mandalika.

Beberapa pembalap lain macam Enea Bastianini, Joan Mir dan Aleix Espargaro harus rela terjatuh di Sirkuit Mandalika. Bastianini terjatuh di sesi latihan bebas kedua. Sedangkan Espargaro dan Mir mereka terkapar di babak kualifikasi. Ada juga Johann Zarco yang terjatuh di sesi latihan bebas keempat.

3. Sesuai prediksi Brad Binder, banyak yang jatuh

Deretan Pembalap MotoGP yang Jatuh di Sirkuit MandalikaBrad Binder dan Darryn Binder (motogp.com)

Prediksi banyaknya pembalap yang jatuh di Sirkuit Mandalika ini sudah diutarakan Brad Binder. Menilik karakter trek dari Mandalika, dia mengutarakan sangat memungkinkan banyak pembalap jatuh di Sirkuit Mandalika.

"Di sini, gerakan pembalap harus jelas, karena sangat mudah membuat kesalahan. Pada akhirnya, jika kesalahan terjadi, pembalap akan mudah terjatuh. Jadi, saya bisa menyebut, balapan di Mandalika akan sulit," ujar Binder.

Kini, rangkaian MotoGP Mandalika akan berlanjut ke sesi balapan, Minggu (20/3/2022). Para pembalap akan menghadapi tantangan terakhir mereka di Sirkuit Mandalika, dan semoga saja, tidak ada lagi korban jatuh lagi di sini kelak.

Baca Juga: Fabio Quartararo: Pole Position di Sirkuit Mandalika Penting

Topik:

  • Jihad Akbar

Berita Terkini Lainnya