Di MotoGP 2021, Yamaha Bangkit Lagi

Yamaha sekarang bisa mendongak di MotoGP 2021

Jakarta, IDN Times - Yamaha sempat terpendam. Sepanjang 2016 sampai 2019, mereka tenggelam di bawah bayang-bayang Repsol Honda yang berjaya bersama Marc Marquez.

Di musim 2020, mereka kena salip Suzuki bersama Joan Mir. Namun, di MotoGP 2021, cerita berakhir manis buat mereka.

Salah satu pembalap mereka, Fabio Quartararo, sukses mengakhiri musim sebagai juara. Kepastian ini didapat setelah Quartararo mengakhiri GP Misano pada Minggu (24/10/2021) di peringkat keempat. Bersamaan dengan itu, pesaingnya dari Ducati, Francesco Bagnaia, terjatuh.

Hasil juara ini menjadi titik balik bagi Yamaha. Setelah masa-masa suram, mentari akhirnya muncul kembali buat pabrikan motor asal Jepang tersebut.

1. Yamaha terakhir juara MotoGP pada 2015

Di MotoGP 2021, Yamaha Bangkit Lagimotogp.com

Yamaha terakhir kali menjuarai MotoGP pada 2015. Ketika itu, Jorge Lorenzo keluar sebagai juara dengan catatan 330 poin. Pembalap asal Spanyol itu 12 kali naik podium, dan tujuh di antaranya merupakan peringkat pertama.

Apiknya lagi, dominasi Yamaha saat itu makin terasa ketika Valentino Rossi sukses mengakhiri musim di posisi kedua, dengan torehan 325 poin. Yamaha kala itu berhasil mengangkangi Honda. Marc Marquez bertengger di posisi ketiga, dan Dani Pedrosa bertengger di posisi keempat.

Baca Juga: [BREAKING] Fabio Quartararo Juara MotoGP 2021

2. Langkah berani Yamaha berbuah apik

Di MotoGP 2021, Yamaha Bangkit LagiQuartararo keluar pit box usai lakukan pergantian motor di GP Prancis (motogp.com)

Pada musim 2021, Yamaha melakukan hal yang berani dengan memasukkan Quartararo ke tim utama, Monster Energy. Padahal, musim 2020 lalu, Quartararo masih bergelut dengan konsistensi bersama Petronas. Dia masih kerap meledak-ledak di beberapa kesempatan.

Akan tetapi, perjudian Yamaha membuahkan hasil. Quartararo mampu tampil lebih kalem. Ditopang dengan mesin M1 yang sudah dimodifikasi sedemikan rupa, kemampuan Quartararo keluar dan mampu menyabet gelar juara.

3. Quartararo dominan di musim 2021

Di MotoGP 2021, Yamaha Bangkit LagiQuartararo saat ada di podium GP Italia (twitter.com/YamahaMotoGP)

Sepanjang musim 2021, Quartararo tampil dominan. Tercatat, sejauh ini dia mampu mengumpulkan 267 poin, berselisih 65 poin dari Francesco Bagnaia yang berada di posisi kedua. Tidak cuma itu, dia juga rutin naik podium.

Dari 16 balapan yang sudah terlaksana di seri MotoGP 2021, Fabio Quartararo mampu masuk podium sebanyak 10 kali. Lima di antaranya berakhir di posisi pertama. Tak heran, dominasi ini mengantarkannya jadi juara, sekaligus membuat gelar kembali mendarat di kubu Yamaha.

Baca Juga: Revolusi Motor MotoGP dari Waktu ke Waktu

Topik:

  • Jihad Akbar

Berita Terkini Lainnya