Erick Thohir Dukung Okto untuk Tetap Pimpin NOC Indonesia

Okto dianggap sukses pimpin NOC Indonesia

Jakarta, IDN Times - Ketua Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia) Raja Sapta Oktohari didukung untuk terus melanjutkan tampuk kepemimpinan NOC Indonesia periode 2023-2027. Dukungan ini datang dari berbagai federasi, termasuk dari Ketua Umum PSSI, Erick Thohir.

Sekadar informasi, NOC Indonesia akan mengadakan Kongres pada 30 Juni 2023, dengan agenda pemilihan Ketua Umum dan Wakil Ketua Umum serta Komite Eksekutif. Okto disebut-sebut akan maju kembali sebagai Ketum.

Salah satu pimpinan cabor yang mendukung Okto untuk terus memimpin NOC Indonesia yaitu Erick Thohir. Pria yang juga menjadi itu menilai Okto merupakan sosok yang benar-benar fokus dalam mengurus olahraga Indonesia.

Baca Juga: NOC Indonesia dan BUMN Jajaki Kerja Sama Terkait Fasilitas

1. Okto disebut siap hadapi tantangan

Erick Thohir Dukung Okto untuk Tetap Pimpin NOC IndonesiaKetua Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Raja Sapta Oktohari (Dok. NOC Indonesia)

Selain fokus mengurus olahraga, Erick berkata bahwa Okto itu bukan sosok yang cari nama di olahraga. Dia adalah sosok yang siap menghadapi masalah-masalah guna membenahi olahraga di Indonesia, khususnya prestasi di dunia internasional.

“Saya waktu itu mendukung dan memilih Okto, karena memang beliau bukan cari nama tapi selesaikan masalah di olahraga. Untuk mengantarkan sukses cabor itu harus mau kerja. Jadi saya mewakili bola dan basket mendukung Pak Okto,” kata Erick dalam keterangan resmi NOC Indonesia.

2. Dukungan dari federasi nasional lain

Erick Thohir Dukung Okto untuk Tetap Pimpin NOC IndonesiaKetua Umum PSSI, Erick Thohir dan Ketua NOC Indonesia, Raja Sapta Oktohari dalam jumpa pers, Senin (6/3/2023). (IDN Times/Tino).

Selain Erick, dukungan untuk Okto juga disuarakan oleh Ketua Pengurus Besar Persatuan Squash Indonesia (PB PSI) Sylviana Murni. Dia mengatakan, NOC Indonesia di tangan Okto bersinar. Terutama dalam menjalankan perannya di dunia olahraga internasional.

“Jadi kami dari cabor santa merasakan diplomasi-diplomasi yang telah dilakukan Pak Okto di NOC untuk olahraga Indonesia. Posisi kita sekarang dipandang di mata dunia internasional dań ini harus kita jaga,” kata Sylviana.

Ketua Pengurus Besar Jujitsu Indonesia (PBJI) Desi Mamahit menyatakan hal serupa. Menurutnya, Okto adalah orang yang tepat untuk kembali memimpin NOC Indonesia empat tahun ke depan.

“Saya dukung 100 persen. Okto sosok muda yang mau bekerja buat olahraga Indonesia. Kami memberikan dukungan dan rekomendasi untuk Okto kembali menjadi ketua umum NOC Indonesia lagi,” kata Mamahit.

Baca Juga: NOC Indonesia Tepis Isu AWBG 2023 Batal Dihelat di Bali

3. Okto senang akan amanah yang diberikan

Erick Thohir Dukung Okto untuk Tetap Pimpin NOC IndonesiaKetua Komite Olimpiade Indonesia (KOI), Raja Sapta Oktohari (dok. NOC Indonesia)

Dukungan untuk Okto agar tetap bisa memimpin NOC Indonesia memang terlontar dari banyak cabang olahraga. Selain sepak bola, basket, dan jujitsu, dukungan juga hadir dari judo, senam, tinju, kriket, handball, hoki, dan akuatik.

“Atas kepercayaan yang diberikan oleh Bapak/Ibu pimpinan NF, maka saya siap kembali maju menjadi Ketua Umum NOC Indonesia periode 2023-2027. Ini bukan amanah kepada saya seorang, tapi kita semua para stakeholder olahraga agar dapat bahu membahu membangun olahraga Indonesia harum di dunia internasional,” kata Okto.

Topik:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya