FIBA: Venue Piala Dunia Basket 2023 Butuh Tes Event

Venue Piala Dunia Basket 2023 harus dicoba dulu

Jakarta, IDN Times - Executive Director FIBA, David Crocker, tidak abai akan potensi kekurangan dari Indoor Multifunction Stadium GBK, venue dari Piala Dunia Basket 2023 di Indonesia. Dia menyatakan masih ada hal yang harus dilakukan demi menguji kualitas Indoor Multifunction Stadium GBK.

"Kami harus memahami lebih dalam venue ini, dan mengecek lagi apakah semua fasilitasnya berfungsi atau tidak. Jadi, harus ada test event yang dilaksanakan di sini, minimal sekali," ujar Crocker di Jakarta, Selasa (11/7/2023).

1. Sudah akui bisa digunakan untuk laga kelas dunia

FIBA: Venue Piala Dunia Basket 2023 Butuh Tes EventSuasana Indoor Multifunction Stadium GBK. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Meski masih harus mengadakan tes event, Crocker tidak menampik Indoor Multifunction Stadium GBK adalah fasilitas kelas dunia. Dia juga memberikan kredit bagi arsitek dari venue ini.

"Saya coba telisik, tak ada masalah bagi saya soal venue ini. Fasilitas baru kelas dunia, dan beri pujian khusus bagi arsitek venue ini. Ketika dapat desain dari venue ini, saya yakin venue ini memang untuk laga kelas dunia," ujar Crocker.

Baca Juga: Cinta Laura Jadi Duta Piala Dunia Basket 2023

2. FIBA puji kesiapan Indonesia

FIBA: Venue Piala Dunia Basket 2023 Butuh Tes EventSuasana Indoor Multifunction Stadium GBK. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Setelah mendapatkan jaminan dari Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo, Crocker puas dengan kesiapan Indonesia. Dia memuji komitmen Indonesia selaku tuan rumah Piala Dunia Basket 2023 dengan membangun Indoor Multifunction Stadium GBK.

"Melihat venue baru ini, saya tersenyum karena sangat menakjubkan. Terima kasih kepada pemerintah Indonesia yang memberikan fasilitas luar biasa yang akan membuat warganya bangga," kata Crocker.

3. Tes event akan libatkan negara Asia

FIBA: Venue Piala Dunia Basket 2023 Butuh Tes EventJumpa pers Piala Dunia Basket 2023. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Merespons keinginan FIBA, Ketua Umum (Ketum) Perbasi, Danny Kosasih, menyatakan pihaknya akan menggelar tes event untuk venue ini pada awal Agustus 2023. Untuk lawannya, tak jauh dari sesama negara Asia.

"Tes event venue Piala Dunia Basket 2023 akan melibatkan beberapa negara dari Asia Tenggara dan Timur Tengah. Namun, sejauh ini belum ada jawaban resmi," ujar Danny.

Baca Juga: Tiket Satu Laga Piala Dunia Basket 2023 Resmi Diluncurkan, Harganya?

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya