Final IBL 2021: Menang Atas Satria Muda, Pelita Jaya Jaga Asa Juara

Pelita Jaya menang di gim kedua

Jakarta, IDN Times - Gim kedua final IBL 2021 digelar di Mahaka Square Kelapa Gading, Jakarta, Jumat (4/6/2021). Setelah tumbang di gim pertama dari Satria Muda Pertamina Jakarta, Pelita Jaya Bakrie Jakarta mampu membalas di gim kedua ini.

Bertarung ketat sepanjang laga, Pelita Jaya menang dengan skor 71-65. Hardian Wicaksono jadi pahlawan buat Pelita Jaya di pertandingan ini dengan torehan 21 poin, enam rebound, dan dua asisnya. Ia mencetak seperempat dari seluruh poin Pelita Jaya di laga ini.

1. Pelita Jaya kuasai paruh pertama laga

Final IBL 2021: Menang Atas Satria Muda, Pelita Jaya Jaga Asa JuaraSatria Muda vs Pelita Jaya. (Dok. IBL)

Pada paruh pertama laga, tepatnya di kuarter pertama dan kedua, Pelita Jaya mampu menguasai laga. Di kuarter pertama, mereka sempat unggul jauh atas Satria Muda. Zone defense yang mereka terapkan di laga kali ini jauh lebih berhasil dibandingkan gim pertama kemarin.

Selain menerapkan zone defense, para pemain Pelita Jaya juga sukses menahan para pemain Satria Muda melepaskan tembakan tiga angka. Alhasil, sepanjang kuarter pertama, serangan Satria Muda seret. Hal ini berlanjut di kuarter kedua.

Alhasil, Pelita Jaya mampu menutup kuarter kedua dengan keunggulan 27-19. Fourth point play yang dicetak oleh Respati Ragil Pamungkas di sisa tujuh menit kuarter kedua jadi kunci keunggulan Pelita Jaya di paruh pertama ini.

Baca Juga: Diusir dari Pondok Pelita, 10 Kenangan Manis Andin dan Mama Rossa 

2. Paruh kedua, Satria Muda sempat bangkit

Final IBL 2021: Menang Atas Satria Muda, Pelita Jaya Jaga Asa JuaraSatria Muda vs Pelita Jaya. (Dok. IBL)

Memasuki paruh kedua, Satria Muda sempat bangkit. Di kuarter ketiga, mereka lebih intensif melepaskan serangan. Arki Dikania Wisnu kembali jadi motor permainan tim. Aksinya saat bertahan dan menyerang membuat Satria Muda lebih seimbang.

Di akhir kuarter ketiga, bahkan Satria Muda hanya tertinggal lima angka saja dari Pelita Jaya, dengan skor 51-56. Optimisme mulai membuncah, tetapi kuarter empat langsung memupus rasa percaya diri dari Satria Muda ini.

Dengan segala tenaga yang tersisa, Pelita Jaya terus mempertebal selisih dengan Satria Muda. Baik itu dengan tembakan dua poin atau tiga poin, mereka selalu berhasil menjauh dari kejaran Satria Muda.

Puncaknya, jelang kuarter empat usai, Andakara Prastawa mengunci keunggulan Pelita Jaya lewat tembakan tiga angkanya. Aljhasil, keunggulan 71-65 dan skor ini sudah cukup untuk memastikan kemenangan Pelita Jaya di gim kedua ini.

3. Masih ada gim ketiga untuk kedua tim

Final IBL 2021: Menang Atas Satria Muda, Pelita Jaya Jaga Asa JuaraSatria Muda vs Pelita Jaya. (Dok. IBL)

Berkat kemenangan Pelita Jaya ini, maka laga final IBL 2021 akan berlanjut ke gim ketiga. Laga ini akan digelar pada Minggu (6/6/2021), masih di venue yang sama, yakni Mahaka Square Kelapa Gading.

Nah, di laga tersebut, penentuan baru akan tercipta. Siapakah yang akan keluar menjadi juara IBL 2021? Apakah Pelita Jaya atau Satria Muda?

Baca Juga: IBL 2021 Gelar Laga Final, Ucapan Terima Kasih Bermunculan

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya