Geger Bendera Indonesia Terbalik, Menpora Kamboja Minta Maaf

Bendera Indonesia terbalik di pembukaan SEA Games 2023

Jakarta, IDN Times - Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora) Dito Ariotedjo bertemu Menpora Kamboja, Hang Chuon Naron, di Phnom Penh. Pertemuan tersebut membahas insiden bendera Indonesia yang terbalik dalam rangkaian acara pembukaan SEA Games 2023.

Pertemuan ini berlangsung di Kantor Menpora Kamboja pada Sabtu (6/5/2023) pagi waktu setempat. Momen ini dimanfaatkan Menteri Hang untuk menyampaikan permohonan maafnya kepada masyarakat Indonesia.

“Menpora Kamboja ingin bertemu untuk mengklarifikasi dan memohon maaf karena atas insiden bendera (Merah Putih) terbalik,” kata Dito dalam keterangan resminya.

1. Pemerintah Kamboja menyesali kejadian ini

Geger Bendera Indonesia Terbalik, Menpora Kamboja Minta MaafMenpora Dito bertemu Menpora Kamboja. (Dok. Kemenpora)

Menpora Dito menerangkan, pemerintah Kamboja sangat menyesali kejadian bendera terbalik tersebut. Menteri Hang menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh masyarakat Indonesia.

“Beliau (Menteri Hang) meminta maaf kepada seluruh masyarakat Indonesia atas kesalahan yang sudah terjadi kemarin,” ujar Dito.

Baca Juga: Bendera Indonesia Terbalik di Seremoni Pembukaan SEA Games 2023

2. Harapan Indonesia sukses di SEA Games 2023

Geger Bendera Indonesia Terbalik, Menpora Kamboja Minta MaafMenpora Dito bertemu Menpora Kamboja. (Dok. Kemenpora)

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Hang mengungkapkan bahwa pemerintah Kamboja sangat menyesali atas insiden bendera merah-putih terbalik. Dia juga berharap Indonesia bisa sukses dalam ajang SEA Games 2023.

“Saya minta maaf atas adanya insiden kemarin. Saya harap Indonesia akan sukses di SEA Games tahun ini. Indonesia adalah tim yang kuat. Saya harap yang terbaik buat Anda,” kata Menteri Hang.

3. Geger bendera Indonesia terbalik di SEA Games 2023

Geger Bendera Indonesia Terbalik, Menpora Kamboja Minta MaafSEA Games 2023 Kamboja (Instagram.com/cambodia_2023)

Insiden bendera terbalik kembali dialami Indonesia di ajang SEA Games. Kali ini, hal itu terjadi dalam acara pre-show opening ceremony SEA Games 2023 yang dihelat di Morodok Techno National Stadium pada Jumat, 5 Mei 2023.

Dalam acara itu, salah satu awak yang jadi pembawa bendera setiap kontingen SEA Games 2023. Nah, awak yang kebagian membawa bendera Indonesia, rupanya melakukan kesalahan. Dia membawa bendera tersebut dalam warna yang terbalik.

Sontak, hal ini langsung menarik perhatian warganet Indonesia. Kamboja selaku tuan rumah SEA Games 2023 sempat kena rujak warganet. Insiden ini pun mengulang apa yang sempat terjadi di Kuala Lumpur, Malaysia, pada 2017.

Baca Juga: Bendera Indonesia Terbalik, Tuan Rumah SEA Games 2023 Minta Maaf

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya