Giannis Antetokounmpo Bisa Bawa Yunani Juara EuroBasket 2022

Namun, ada syarat yang harus dipenuhi Yunani

Jakarta, IDN Times - Selain bersama Milwaukee Bucks, Giannis Antetokounmpo juga tengah mengalami masa-masa indah bersama Yunani. Di ajang EuroBasket 2022, dia membawa Negeri Para Dewa itu terbang tinggi sejauh ini.

Berkat kemenangan atas Estonia, Kamis (8/9/2022), Yunani memastikan satu tempat di fase gugur EuroBasket 2022. Di laga itu, Antetokounmpo kembali tampil gemilang dengan mencetak 25 poin dalam 19 menit. Sayangnya, dia sempat cedera di laga itu.

Dilansir ESPN FC, engkel Antetokounmpo terkena cedera saat Yunani menumbangkan Estonia dengan skor 90-69. Namun, pelatih Yunani, Dimitrios Itoudis memastikan kondisi dari Antetokounmpo baik-baik saja.

Nah, dengan keberhasilan Yunani lolos ke fase gugur, apakah kesempatan Antetokounmpo untuk membawa negaranya juara terbuka lebar?

1. Giannis Antetokounmpo memang luar biasa

Giannis Antetokounmpo Bisa Bawa Yunani Juara EuroBasket 2022twitter.com/ESPNStatsInfo

Sepanjang laga grup EuroBasket 2022, Antetokounmpo memang mempertontonkan performa ciamik. Ketika Yunani bersua Ukraina, dia berhasil mencetak 29 poin. Dia juga menorehkan 25 poin di laga lawan Estonia.

Sejauh ini, Antetokounmpo berhasil mencetak rataan poin sebanyak 29,5. Dia mengungguli Aleksandar Vezenkov (26,8), serta dua bintang NBA lain, yakni Luka Doncic (26,6) dan Lauri Markkanen (24,8). Tampak dominasi Antetokounmpo bersama Yunani.

Baca Juga: 5 Cerita Menarik di Balik Hidup Giannis Antetokounmpo

2. Ancaman yang ada bagi Yunani

Giannis Antetokounmpo Bisa Bawa Yunani Juara EuroBasket 2022Giannis Antetokounmpo (nba.com)

Terlepas dari dominasi penampilan Antetokounmpo, perlu dicatat EuroBasket 2022 ini jadi ajang beradunya bintang-bintang NBA. Ada Doncic yang juga tengah gemilang bersama Slovenia, sekaligus peraih gelar EuroBasket pada 2017.

Dari Serbia, ada Nikola Jokic yang berstatus sebagai MVP NBA. Ada juga Dennis Schroder yang jadi tumpuan Jerman, lalu Evan Fournier dan Rudy Gobert yang jadi motor permainan Prancis. EuroBasket 2022 jadi lebih kompetitif.

Nah, baik itu di Serbia dan Slovenia, Jokic dan Doncic memiliki pemain-pemain lain yang bisa menopang keduanya. Secara tim, kualitas mereka lebih merata. Sama halnya seperti Prancis dan juga Jerman. Belum lagi, ada Spanyol yang siap menggebrak.

3. Apa yang harus dilakukan Yunani?

Giannis Antetokounmpo Bisa Bawa Yunani Juara EuroBasket 2022potret Giannis Antetokounmpo (nba.com)

Agar bisa tampil kompetitif di fase gugur, Yunani harus melakukan sedikit modifikasi. Antetokounmpo harus ditopang oleh pemain-pemain lain, karena pasti akan ada momen ketika dia dijaga ketat, terutama ketika Yunani bersua tim-tim yang andal secara taktik.

Masih ada sisa empat laga lagi yang harus dilakoni Yunani dan Antetokounmpo menuju trofi EuroBasket 2022. Terdekat, ada Republik Ceko yang mengadang mereka. Belum lagi, mereka berpotensi bersua tim-tim macam Jerman, Spanyol. Prancis, dan Slovenia lagi.

Jika mampu mempraktikkan organisasi permainan yang apik, ditambah dengan para pemain yang menopang Giannis Antetokounmpo, Yunani berpeluang menggamit gelar EuroBasket 2022. Atau, apakah mereka harus belajar pada Bucks?

Baca Juga: Giannis Antetokounmpo Sejajar dengan Jordan dan Olajuwon

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya