Jalan Panjang Tim Voli Putra ke Final AVC Challenge Cup 2023

Sudah banyak lawan berat menanti

Jakarta, IDN Times - Tim voli putra Indonesia sejauh ini perkasa di ajang AVC Challenge Cup 2023. Mereka sudah memastikan diri lolos ke babak 12 besar. Akan tetapi, jalan panjang masih harus mereka tempuh agar bisa sampai di final.

Di babak grup, atau di Pool F, tim voli putra Indonesia begitu perkasa. Mereka sukses mengalahkan Sri Lanka dan salah satu tim kuat Asia, Bahrain. Kedua negara itu masing-masing ditekuk dengan skor 3-1 dan 3-2.

Dua kemenangan terebut membuat Farhan Halim dan kolega melaju mulus masuk babak 12 besar AVC Challenge Cup 2023.

Tim voli putra Indonesia pun tengah dalam upaya merealisasikan target masuk final AVC Challenge Cup 2023. Namun, jalan panjang harus mereka tempuh untuk menuju ke sana.

1. Indonesia bakal bersua Kazakhstan

Jalan Panjang Tim Voli Putra ke Final AVC Challenge Cup 2023Tim voli putra Indonesia (image.kemenpora.go.id)

Pada babak 12 besar nanti, tim voli putra Indonesia mulai bersua lawan-lawan kuat. Salah satunya adalah Kazakhstan. Tim asal Asia Tengah ini tak bisa dianggap remeh, lantaran mereka pernah mentas di FIVB Challenger Cup 2018.

Itu menandakan, Kazakhstan pernah memenangi AVC Challenger Cup. Alhasil, Rivan Nurmulki dan kolega harus mewaspadai mereka. Nah, jika mereka menang lawan Kazakhstan, mereka tidak bisa langsung santai-santai.

Baca Juga: Profil Fahri Septian, Timnas Voli Putra yang Sabet Emas SEA Games 2023

2. Vietnam dan Thailand siap menanti

Jalan Panjang Tim Voli Putra ke Final AVC Challenge Cup 2023Tim voli indoor putra Indonesia di SEA Games 2023. (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)

Jika nanti Indonesia lolos ke babak delapan besar, ada Hong Kong atau Thailand yang sudah siap menunggu Indonesia. Menang di semifinal, mereka sudah ditunggu pemenang antara Vietnam atau Taiwan.

Di SEA Games 2023 lalu, tim voli putra Indonesia berhadapan dengan Vietnam dan sukses menang dengan skor 3-0. Mereka tidak berkesempatan melawan Thailand, yang kalah dari Kamboja di babak semifinal.

3. Potensi tercapainya target ke final

Jalan Panjang Tim Voli Putra ke Final AVC Challenge Cup 2023Tim voli indoor putra Indonesia di SEA Games 2023. (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)

Menilik performa Indonesia di fase grup AVC Challenge Cup 2023, mereka berpotensi mencapai final. Asal, tim voli putra Indonesia mempertahankan atau meningkatkan performa apik layaknya saat mereka bersua Bahrain.

Namun, jika ingin menang AVC Challenge Cup 2023 dan lolos ke FIVB Challenger Cup 2023, ada rintangan berat yang menanti tim voli putra Indonesia, yaitu Korea Selatan. Sebelum itu, ada Vietnam, Thailand, Taiwan, dan Kazakhstan yang harus mereka lewati.

Baca Juga: 5 Fakta Timnas Voli Putra Indonesia di AVC Challenge Cup for Men 2023

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya