Profil Fahri Septian, Timnas Voli Putra yang Sabet Emas SEA Games 2023

Jadi MVP Proliga 2023, Fahri tampil apik di SEA Games 2023 

Cabang olahraga voli putra SEA Games 2023 resmi berakhir pada Senin, 8 Mei 2023 lalu. Pada babak final, tim voli putra Indonesia berhasil menjadi juara setelah mengalahkan tim voli putra tuan rumah, Kamboja, dengan skor telak 3-0. Hal tersebut mengukuhkan Indonesia sebagai penguasa Asia Tenggara pada cabang olahraga voli putra setelah tiga kali berturut-turut menjadi juara ajang SEA Games.

Sepanjang gelaran voli putra SEA Games 2023 tersebut, banyak penggawa tanah air yang tampil dengan apik dan gemilang, salah satunya Fahri Septian Putratama. Pemain bernomor punggung sepuluh tersebut selalu tampil konsisten dan berkontribusi besar pada setiap laga yang dijalani tim Indonesia. Lantas, seperti apa profil serta perjalanan karier Fahri Septian Putratama hingga akhirnya bisa mengharumkan nama Indonesia pada ajang voli putra SEA Games 2023? Yuk, simak ulasan lengkapnya berikut ini!

1. Fahri Septian Putratama mencuri perhatian pada ajang Proliga 2023 

Profil Fahri Septian, Timnas Voli Putra yang Sabet Emas SEA Games 2023potret Fahri Septian Putratama(instagram.com/lavani.forever)

Fahri Septian Putratama merupakan salah satu atlet muda voli Indonesia. Ia berasal dari Bantul, Yogyakarta. Lahir pada 26 September 1998, Fahri saat ini berusia 24 tahun.

Berposisi sebagai outside hitter, Fahri memiliki tinggi badan 187 cm dengan jangkauan spike 335 cm dan jangkauan block 320 cm. Fahri Septian kini tergabung dalam tim Jakarta LavAni Allo Bank. Memiliki performa yang apik, Fahri Septian berhasil mencuri perhatian sepanjang gelaran Proliga 2023.

2. Fahri Septian Putratama memiliki karier yang berliku di Proliga 

Profil Fahri Septian, Timnas Voli Putra yang Sabet Emas SEA Games 2023Fahri Septian (instagram.com/lavani.forever)

Pada 2019, Fahri melakukan debutnya di Proliga dengan memperkuat tim Jakarta Garuda. Meski sempat mencuri perhatian, Fahri dan kawan-kawan di Jakarta Garuda belum bisa berbuat banyak dan hanya menduduki posisi terakhir dari enam tim yang berlaga. Pada tahun 2020, Fahri melanjutkan sepak terjangnya di Proliga dengan memperkuat Palembang Bank Sumsel Babel. Sayangnya, turnamen tersebut tak selesai digelar karena pandemik COVID-19.

Sementara itu, pada Proliga 2022, Fahri menyeberang ke tim Kudus Sukun Badak. Dalam tim tersebut, Fahri dan kawan-kawan berhasil finis pada peringkat 5 dari 6 tim yang berlaga. Untuk Proliga 2023 sendiri, Fahri Septian menjadi pemain andalan tim Jakarta LavAni Allo Bank yang merupakan kampiun Proliga 2022 dan 2023.

 

Baca Juga: Viral, Kamboja Disebut Pakai Pemain Cabutan di SEA Games 2023

3. Fahri Septian sukses raih gelar MPV Proliga 2023   

Profil Fahri Septian, Timnas Voli Putra yang Sabet Emas SEA Games 2023Fahri Septian (instagram.com/lavani.forever)

Fahri Septian baru tergabung pada tim Jakarta LavAni Allo Bank pada Proliga 2023. Ia menggantikan peran Doni Haryono yang hijrah memperkuat VC Nagano Tridents di Liga Bola Voli Jepang, V.League 1. Diketahui, Doni Haryono sendiri merupakan MPV Proliga 2022.

Meski terbilang rekrutan baru bagi LavAni, Fahri Septian berhasil membuktikan kualitasnya. Ia sering kali menjadi salah satu penentu kemenangan tim dengan menyumbangkan skor paling banyak bagi LavAni saat pertandingan. Seperti pada pertandingan final Proliga 2023, Fahri menjadi best scorer bagi LavAni dengan menyumbangkan 22 poin. Dengan performa apik dan konsisten sepanjang turnamen, tak heran jika Fahri Septian dianugerahi penghargaan MPV alias pemain terbaik Proliga 2023.

 

4. Gagal masuk tim nasional untuk SEA Games 2021, Fahri Septian Putratama tampil gemilang di SEA Games 2023  

Profil Fahri Septian, Timnas Voli Putra yang Sabet Emas SEA Games 2023potret Fahri Septian Putratama (Lifco Photograph via instagram.com/fahryseptian_)

Fahri Septian pernah selangkah lagi akan menjadi penggawa tim voli putra Indonesia di ajang SEA Games 2021. Namun, karena performa yang kurang maksimal saat berada di Pelatnas kala itu, Fahri akhirnya dipulangkan pada detik-detik terakhir. Itu sebabnya, Fahri gagal membela Indonesia pada ajang SEA Games 2021 tersebut.

Kegagalan tersebut tampaknya menjadi cambuk bagi Fahri Septian. Ia terus meningkatkan kemampuannya hingga berhasil tampil gemilang dan konsisten di Proliga 2023 bersama dengan tim Jakarta LavAni Allo Bank. Fahri akhirnya kembali dipanggil ke Pelatnas dan resmi menjadi penggawa tim voli putra Indonesia untuk ajang Sea Games 2023 di Kamboja. Ia pun tampil gemilang dan konsisten di setiap pertandingan hingga Indonesia berhasil menjadi juara.

5. Fahri Septian kehilangan calon anak pertama sebelum tampil di SEA Games 2023 

Profil Fahri Septian, Timnas Voli Putra yang Sabet Emas SEA Games 2023potret Fahri Septian Putratama dan istri (instagram.com/diajengrindayu)

Meski masih berusia muda, yaitu 24 tahun, Fahri Septian sendiri ternyata sudah menikah. Sang istri diketahui bernama D Ajeng Rindayu. Fahri dan Ajeng diketahui menikah pada 18 September 2022 di Bantul, Yogyakarta.

Dilansir Instagram pribadi Fahri Septian, Fahri kehilangan calon buah hati pertamanya karena sang sang istri yang mengalami keguguran. Hal tersebut terjadi tepat 5 hari sebelum Fahri berangkat ke Kamboja. Meski diakuinya berat, Fahri tetap sabar, kuat, dan fokus berjuang untuk Indonesia. Perjuangan sang atlet pun tak sia-sia, tim voli putra Indonesia berhasil menjadi juara SEA Games 2023 dan medalinya ia persembahkan untuk istri dan ibu tercintanya.

Gagal menjadi penggawa Timnas Voli Indonesia pada Sea Games 2021 tak membuat Fahri patah semangat. Ia justru semakin mengasah kemampuannya hingga bisa menjadi MPV Proliga 2023. Terbaru, Fahri berhasil mengharumkan nama Indonesia dari cabang voli putra di ajang SEA Games 2023.

Baca Juga: Perolehan Medali SEA Games 2023 Jumat Malam, Indonesia Koleksi 51 Emas

Puteri Avantika Photo Verified Writer Puteri Avantika

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya