Kirab Juara SEA Games 2023, Apresiasi dari Kemenpora untuk Cabor

Kemenpora tidak ingin menganakemaskan satu cabor

Jakarta, IDN Times - Staf Khusus Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Ardima Rama Putra, buka suara soal kirab juara SEA Games 2023. Dia menyatakan kirab ini merupakan bentuk apresiasi yang terhadap seluruh atlet yang berjuang di SEA Games 2023.

"Kirab Juara itu ada angka delapan dan tujuh di dalamnya, dan itu merupakan simbolisasi dari 87 emas yang dicapai oleh hampir seluruh cabor, bukan cabor tertentu saja. Tidak ada sama sekali peng-anakemas-an karena semua emas, perak dan perunggu ini milik masyarakat Indonesia," ujar Dima dalam keterangan resminya.

1. Kemenpora tetap meminta maaf

Kirab Juara SEA Games 2023, Apresiasi dari Kemenpora untuk CaborMenpora Dito saat lepas tim baseball putri Indonesia. (Dok. Kemenpora)

Terlepas dari beberapa situasi yang terjadi dalam pelaksanaan kirab, Dima meminta maaf jika masih ada kekurangan. Namun, dia menilai itu bukan sesuatu yang perlu dibesar-besarkan. Kemenpora adalah rumah yang merangkul semua atlet dan cabor.

"Ketika saya ikut langsung ke lapangan, masyarakat menyambut semuanya. Saya lihat para pencetak sejarah seperti basket putri, hoki, kriket, bahkan renang, banyak ikut disoraki masyarakat. Antusiasme masyarakat sama seperti ketika melihat emas," ujar Dima.

Baca Juga: Cerita Odekta Naibaho Perdana Ikut Kirab Juara SEA Games

2. Ada budaya baru yang berusaha dibentuk

Kirab Juara SEA Games 2023, Apresiasi dari Kemenpora untuk CaborKirab Juara SEA Games 2023. (Dok. Kemenpora)

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Dito Ariotedjo, menyatakan adanya kirab dengan kontingen sepak bola sebagai pemimpinnya, menandakan ada budaya baru yang ingin dibentuk. Lewat sepak bola, dia ingin masyarakat mengenal cabor-cabor lain.

"Nah ini budaya pertama di mana bisa dibilang memang kami menunggangi antusias masyarakat kepada bola yang menang. Lewat bola, kami ingin mempromosikan cabor-cabor lain juga berprestasi," kata Dito.

3. Apresiasi ini bisa menular ke cabor lain

Kirab Juara SEA Games 2023, Apresiasi dari Kemenpora untuk CaborKirab Juara SEA Games 2023. (Dok. Kemenpora)

Dima berharap apresiasi yang adil dan merata seperti ini bisa membudaya ke berbagai aspek. Dari cabor pun bisa mulai mempromosikan dan mempersiapkan diri untuk multievent ke depan. Masyarakat pun juga bisa lebih peduli terhadap olahraga lain.

"Kemarin, di SEA Games 2023 kita dapat 87 emas, 80 perak dan 109 perunggu. Kemenpora akan merapatkan kembali dengan tim review terkait catatan yang melewati target ini dan bagaimana selanjutnya di event-event multinasional lain kita lebih baik lagi, di ASEAN Para Games 2023, Asian Games 2022 hingga Olimpiade,” ujar Dima.

Baca Juga: Penjelasan Menpora Dito soal Pawai SEA Games 2023

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya