Kondisi Terkini Yeremia, Absen Lama dan Tak Perlu Operasi

Yeremia sudah menjalani MRI bersama PBSI

Jakarta, IDN Times - Dokter PBSI, Grace Joselini, memberikan kabar terbaru terkait cedera yang dialami atlet ganda putra Indonesia, Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan. Menurutnya, pasangan dari Pramudya Kusumawardana ini tak perlu menjalani operasi.

"Opsinya yang pasti adalah tidak operasi. Artinya, masih belum membutuhkan operasi secara akut untuk Yere. Untuk mengukur cedera parah atau tidak, nanti bisa dilihat setelah masa akutnya Yere tuntas. Kami lihat lebih lanjut," ujar dr. Grace dalam sesi jumpa pers.

1. Yeremia harus absen tiga sampai enam bulan

Kondisi Terkini Yeremia, Absen Lama dan Tak Perlu OperasiPramudya/Yeremia di Indonesia Open 2022. (IDN Times/Reynaldy)

Kendati tidak perlu operasi, Grace menyebut Yeremia harus tetap absen dalam waktu lama. Dari hasil MRI yang sudah dilakukan, Yeremia kudu menepi selama tiga sampai enam bulan.

"Melihat dari hasil pemeriksaannya, kemungkinan masa penyembuhannya sekitar tiga sampai enam bulan. Tapi, itu juga tergantung kemampuan atletnya. Cuma, memang rentangnya tiga sampai enam bulan," ujar Grace.

Baca Juga: Dukungan Pramudya Buat Yeremia: Saya Tunggu Hingga Sembuh

2. Cedera Yeremia tak dibocorkan

Kondisi Terkini Yeremia, Absen Lama dan Tak Perlu OperasiPramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan di 32 besar East Ventures Indonesia Open 2022 (dok. PP PBSI)

Banyak spekulasi yang beredar, cedera yang dialami Yeremia itu antara dua, yakni ACL (anterior cruciate ligament) dan PCL (posterior cruciate ligament). Cedera ini memang lazim dialami atlet di bagian lutut.

Akan tetapi, Grace belum mau membeberkan lebih jauh cedera yang dialami Yeremia. Menurutnya, itu merupakan rahasia dari tim medis PBSI yang menangani cedera Yeremia.

"Tetapi, kalau dari sisi diagnosa kami belum bisa menceritakannya. Kami hanya mengatakan, memang Yere ada cedera di lutut dan perlu dilakukan terapi lebih lanjut. Untuk diagnosanya apa, itu memang jadi rahasia dari tim medis," ujar Grace.

3. PBSI siap dampingi Yeremia

Kondisi Terkini Yeremia, Absen Lama dan Tak Perlu OperasiFajar Alfian/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan di Mola TV PBSI Home Tournament (Dok. PBSI)

Grace menjamin, PBSI akan mendampingi Yeremia selama masa pemulihan. Tidak cuma dari segi fisik, mereka juga akan memantau kondisi mental Yeremia, bekerja sama dengan tim psikolog dari PBSI.

"Untuk dari segi mental dan motivasi, PBSI ada tim psikolog sendiri, yang dari awal kejadian sudah mendampingi dan memfollow up Yeremia dan Pramudya. Namun, harus diakui tekad keduanya memang luar biasa," kata Grace.

Baca Juga: Yeremia Rambitan Cedera, Rexy Mainaky Turut Menangis

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya