KONI Lantik Agus Suparmanto Jadi Ketua Umum IKASI 2022-2026

IKASI punya ketua baru per 2022

Jakarta, IDN Times - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) secara resmi melantik dan mengukuhkan Agus Suparmanto sebagai Ketua Umum Ikatan Anggar Seluruh Indonesia (IKASI) periode 2022-2026.

Pelantikan dilakukan berdasarkan hasil Musyawarah Nasional (Munas) yang diselenggarakan pada 3 Desember 2022 lalu. Pelantikan ini dilakukan langsung oleh Ketua Umum KONI Pusat, Marciano Norman.

1. IKASI harus bekerja keras

KONI Lantik Agus Suparmanto Jadi Ketua Umum IKASI 2022-2026Pengurus IKASI periode 2022-2026. (Dok. IKASI)

Marciano menekankan kepada para pengurus IKASI untuk bekerja keras serta membawa atlet-atlet anggar Indonesia meraih prestasi dalam berbagai event olahraga, baik dalam ajang SEA Games, Asian Games, Olimpiade, serta kejuaraan internasional lainnya.

“Kami minta kepada jajaran pengurus IKASI untuk memperbaiki tata kelola organisasi, pengembangan atlet, rekrutmen atlet potensial di seluruh daerah, serta menjalankan kompetisi yang berkesinambungan dan terstruktur," ujar Marciano di Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Jumat (23/6/2023).

Baca Juga: KONI Lantik Pengurus PSSI Periode 2023-2027, Yunus Nusi Masih Sekjen

2. Pembinaan anggar tak bisa dilakukan secara instan

KONI Lantik Agus Suparmanto Jadi Ketua Umum IKASI 2022-2026Kejurnas Anggar 2022. (Dok. PB IKASI)

Agus, selaku Ketum IKASI yang baru, menegaskan pembinaan anggar tidak bisa terjadi secara instan. Dibutuhkan pembinaan dari level usia dini untuk menghasilkan prestasi yang berkelanjutan. Kerja sama dengan negara-negara lain juga diperlukan.

“Kami akan melakukan sosialisasi yang lebih luas agar anggar lebih dikenal dan populer di masyarakat. Kami berkomitmen untuk mengembangkan turnamen rutin dalam rangka meningkatkan popularitas anggar. Tidak hanya itu, program pembinaan akan melibatkan semua lapisan masyarakat," ujar Agus.

3. IKASI menyiapkan diri untuk Pra PON

KONI Lantik Agus Suparmanto Jadi Ketua Umum IKASI 2022-2026Kejurnas Anggar 2022. (Dok. PB IKASI)

Sekarang, IKASI sedang mempersiapkan diri untuk menghadapi Pra PON dan Kejurnas. Partisipasi dalam dua ajang ini akan menjadi langkah penting dalam mempersiapkan atlet-atlet anggar untuk berprestasi di PON yang akan datang.

“Kami mengucapkan terima kasih atas dukungan dari semua pihak yang telah berperan dalam pengembangan cabang anggar di Indonesia. Bersama-sama, kami akan mewujudkan prestasi yang gemilang dan menjadikan anggar sebagai salah satu kebanggaan bangsa," ujar Agus.

Baca Juga: Sejarah Anggar, Olahraga Bela Diri yang Menggunakan Senjata

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya