Kurang Biaya, Sirkuit Brno Absen dalam MotoGP 2021

Brno masih belum diperbaiki

Jakarta, IDN Times - Pemerintah Kota Brno, Republik Ceko, memutuskan Sirkuit Brno tidak akan ambil bagian dalam penyelenggaraan MotoGP 2021. Kendala finansial jadi penyebabnya.

"Anggota Dewan sepakat Brno tidak akan menggelar balapan MotoGP 2021 karena situasi saat ini (pandemik COVID-19) dan kegagalan Brno masuk dalam kalender (MotoGP 2021)," demikian keterangan resmi pemerintah Brno seperti dikutip dari ANTARA, Kamis (10/12/2020).

1. Pemerintah Brno tidak ada dana untuk perbaikan sirkuit

Kurang Biaya, Sirkuit Brno Absen dalam MotoGP 2021motogp.com

Pemerintah Brno memang pernah mengungkapkan bahwa mereka siap menjadi tuan rumah GP mulai dari 2022 hingga 2026 dengan dua syarat. Pertama, Dorna memangkas biaya penyelenggaraan. Kedua, pemerintah Republik Ceko bersedia menambah anggaran untuk Brno.

Namun, dua syarat ini ditolak. Pemerintah Ceko menyatakan tidak akan menambah anggaran karena saat ini, anggaran negara tengah difokuskan untuk penanganan COVID-19. Dorna juga menolak jika harus memangkas biaya 9 juta euro yang menjadi biaya penyelenggaraan MotoGP.

Alhasil, akibat dua hal tersebut, pemerintah Brno tidak memiliki biaya untuk perbaikan lintasan. Mereka membutuhkan dana sebesar 3,8 juta euro untuk perbaikan lintasan tersebut, sesuai dengan permintaan Dorna dan FIM (Federasi Motosport International) yang meminta mereka memperbaiki lintasan.

Baca Juga: 6 Pembalap Suzuki yang Pernah Menjuarai MotoGP, Joan Mir yang Terbaru!

2. Pembalap banyak mengeluhkan kondisi sirkuit Brno

Kurang Biaya, Sirkuit Brno Absen dalam MotoGP 2021motogp.com

Lintasan sirkuit Brno memang mengundang keluhan dari sejumlah pembalap. Salah satunya Aleix Espargaro. Jelang balapan MotoGP 2020 di Brno pada Agustus lalu, ia mengungkapkan bahwa kondisi lintasan sirkuit laiknya bencana.

"Ini (Brno) adalah salah satu trek terburuk yang pernah saya lewati. Bukan cuma daya cengkeramnya yang payah, tonjolannya juga," ujar Espargaro seperti dilansir dari "Crash".

Setali tiga uang, Rossi juga menyebut bahwa kondisi lintasan Brno ini punya grip yang buruk. Pembalap kerap kesulitan mengendalikan motornya di lintasan ini, sehingga kerap terjadi benturan.

"Dalam beberapa tahun terakhir, level grip di sini selalu rendah dan selalu ada benturan. Kami akan bicara dengan pembalap lain. Situasi beberapa tahun terakhir di Brno ini sangat sulit," ujar Rossi.

3. Brno tidak masuk kalender provisional MotoGP 2021

Kurang Biaya, Sirkuit Brno Absen dalam MotoGP 2021Sirkuit MotoGP Mandalika (IDN Times/Kevin Handoko)

Sirkuit Brno sendiri memang tidak dimasukkan oleh Dorna ke kalender sementara MotoGP 2021. Dalam kalender sementara yang dirilis pada November lalu, hanya ada 19 sirkuit yang masuk, dengan satu nama seri yang belum diumumkan.

Sedangkan untuk sirkuit cadangan di MotoGP 2021, Dorna memasukkan tiga nama, yaitu Algarve (Portugal), Igora (Rusia), dan Mandalika (Indonesia). Bahkan, dalam daftar cadangan pun tidak ada nama Brno di situ.

Baca Juga: 5 Pembalap MotoGP Paling Sering Naik Podium, Rossi Masih Terbanyak!

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya