LeBron James Bikin Rekor, Kini Raja Poin Sepanjang Masa NBA

James sukses ungguli Kareem Abdul-Jabbar

Jakarta, IDN Times - NBA resmi memiliki pencetak poin terbanyak musim ini. Ya, dia adalah LeBron James. Penggawa Los Angeles Lakers itu berhasil melewati catatan Kareem Abdul-Jabbar sebagai pencetak poin terbanyak.

Total, James sukses menorehkan 38.388 poin sepanjang karier di NBA. Dia melewati catatan Abdul-Jabbar yang menorehkan 38.387 poin. James pun resmi menahbiskan diri sebagai salah satu legenda di NBA.

1. James butuh laga lebih sedikit dibanding Abdul-Jabbar

LeBron James Bikin Rekor, Kini Raja Poin Sepanjang Masa NBAskysports.com

Selain unggul soal torehan poin, James juga butuh laga yang lebih sedikit ketimbang Abdul-Jabbar untuk mencapai 38.388 poin. Jika Abdul-Jabbar membutuhkan 1.560 laga, James hanya butuh 1.400 laga saja.

Namun, dari segi rataan poin per laga terbanyak sepanjang sejarah NBA, James masih kalah dari legenda lain. Masih ada nama Michael Jordan yang jadi pemain dengan rataan poin per laga terbanyak di NBA, yakni 30,1 kali.

James sendiri berada di peringkat lima dengan rataan poin 27,1 per laga. Dia kalah dari pemain NBA lain yang masih aktif saat ini, yakni Kevin Durant (27,3 kali per laga).

Baca Juga: 4 Pemain yang Pernah Jadi Kapten NBA All-Star, LeBron James Terbanyak

2. Laga sempat dihentikan saat James pecah rekor

LeBron James Bikin Rekor, Kini Raja Poin Sepanjang Masa NBAtampabay.com

Ketika James resmi memecahkan rekor, laga Lakers lawan Oklahoma City Thunder, tempat James bermain, sempat dihentikan. Ada sedikit seremoni yang dilakukan, melibatkan Komisioner NBA yang hadir, Adam Silver.

"Terima kasih kepada semua pendukung Lakers. Menjadi bagian dari legenda NBA seperti Kareem (Abdul-Jabbar) adalah sesuatu yang luar biasa. Terima kasih juga atas dukungannya bagi saya selama ini," ujar James dilansir The Guardian.

3. Lakers kalah dari Thunder

LeBron James Bikin Rekor, Kini Raja Poin Sepanjang Masa NBALeBron James bersama Los Angeles Lakers. (NTARA FOTO/Gary A. Vasquez-USA TODAY Sports via Reuters)

Sayangnya, pemecahan rekor James ini berakhir kurang menyenangkan bagi Lakers secara keseluruhan. Mereka kalah 130-133 dari Thunder, sekaligus membuat catatan buruk mereka di NBA 2022/23 berlanjut.

Saat ini, LA Lakers masih bertengger di posisi 13 klasemen sementara Wilayah Barat NBA. Setelah memecahkan rekor Abdul-Jabbar, LeBron James kudu membawa tim asal Los Angeles itu bangkit di NBA 2022/23.

Baca Juga: NBA Player of the Week: Dominasi LeBron dan Malam Bersejarah Mitchell

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya