Logo Baru Tim Indonesia di Olimpiade, Garuda Tetap di Dada

Filosofi Garuda di Dadaku tampak di logo baru ini

Jakarta, IDN Times - Komite Olimpiade Indonesia (KOI) resmi meluncurkan logo dan seragam baru untuk kontingen yang bertanding di ajang Olimpiade 2020 Tokyo. Ada perubahan logo yang dilakukan oleh kontingen Indonesia di ajang ini.

Jika pada Asian Games 2018 Indonesia menggunakan obor sebagai logo, kali ini, mereka menggunakan lambang burung Garuda, yang disatukan dengan lima cincin Olimpiade, plus dibalut lingkaran bendera merah putih, sebagai logo.

Menurut perwakilan KOI, Arlan Lukman, perubahan ini merupakan sebuah langkah pembaruan. Berdasarkan filosofi 'Garuda di Dadaku', dia ingin lewat logo baru ini, Garuda akan selalu berada di dada para anggota kontingen Indonesia di Olimpiade 2020.

"Ini sesuai dengan filosofi yang sering kita dengar, bahwa Garuda di Dadaku. Nah, kami ingin mengembalikan Garuda ini ke dada kita ini masing-masing. Itulah yang akan kami kembalikan dengan logo baru ini," ujar Arlan dalam siaran pers virtual, Senin (19/7/2021).

1. KOI dapat masukan dari stakeholder

Logo Baru Tim Indonesia di Olimpiade, Garuda Tetap di DadaLogo dan Seragam Baru Tim Olimpiade Indonesia. (dok. Media KOI)

Arlan berujar perubahan logo ke Garuda ini merupakan saran dari stakeholder olahraga nasional. Belum lagi, ada aturan dari IOC (International Olympic Committee) yang mewajibkan setiap negara memasukkan identitasnya pada logo yang digunakan tim di Olimpiade 2020 ini.

"Jadi, ada kententuan dari IOC, yang mewajibkan tercantum identitas dari setiap negara pada logo yang digunakan untuk timnya. Inilah yang membuktikan di logo tim Indonesia yang baru ini, tiga hal kami masukkan, Garuda, Cincin Olimpiade, dan bendera merah putih," ujar Arlan.

Baca Juga: 2 Atlet Afrika Selatan Positif COVID-19 di Kampung Atlet Olimpiade 

2. Logo jadi semangat baru untuk kontingen Indonesia

Logo Baru Tim Indonesia di Olimpiade, Garuda Tetap di DadaLogo dan Seragam Baru Tim Olimpiade Indonesia. (dok. Media KOI)

Lebih lanjut, Arlan mengungkapkan di tengah pandemik seperti ini, dibutuhkan pembaruan untuk mendongkrak semangat bagi para atlet. Nah, salah satu upaya untuk membangkitkan semangat itu ditempuh lewat logo baru.

"Logo baru ini mampu mempresentasikan tim Indonesia yang tetap berjuang dengan berbagai macam drama. Mungkin ini multievent paling susah yang kami hadapi. Di tengah keterbatasan, tetapi tim Indonesia tetap berangkat dan siap memberikan yang terbaik," ungkap Arlan.

3. Sponsor-sponsor Indonesia di Olimpiade

Logo Baru Tim Indonesia di Olimpiade, Garuda Tetap di DadaLogo dan Seragam Baru Tim Olimpiade Indonesia. (dok. Media KOI)

Selain meresmikan logo, tim Indonesia juga memperkenalkan beberapa sponsor yang akan mendukung kontigen Indonesia di Olimpiade, seperti Li Ning, Wall's, Oakley, Juragan99, Sate Khas Senayan, dan Pocari Sweat.

Khusus untuk Li Ning dan Wall's, mereka juga menyajikan beberapa atribut yang bisa dipakai Indonesia. Li Ning menyediakan seragam, mulai dari topi, ikat kepala, sepatu, dan kaus kaki. Wall's memberikan bantal, sedangkan Juragan99 memberikan bus untuk kontingen Indonesia.

"Selama tiga tahun terakhir, Wall's sudah cukup konsisten untuk mendukung tim Indonesia, termasuk di Olimpiade 2020 ini, jadi saya rasa kita tetap bersemangat dan olahraga ini jadi media yang baik untuk tujuan mulia kami, yaitu semua jadi happy," ujar Bernardus Rendita Kusumo, Senior Brand Manager Wall's.

Baca Juga: Toyota Tarik Iklan Selama Olimpiade Tokyo 2020

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya