Malaysia Darurat Nasional, Tes MotoGP di Sepang Dibatalkan

Untuk tes di Losail, akan dikabarkan lebih lanjut.

Jakarta, IDN Times - Keadaan darurat nasional yang diumumkan oleh Raja Malaysia Sultan Abdullah Sultan Ahmad Shah membuat tes MotoGP 2021 yang sedianya bakal diadakan di Sepang terpaksa dibatalkan. 

"FIM, IRTA (Asosiasi Pembalap MotoGP), dan Dorna Sports dengan berat hati mengumumkan bahwa tes ofisial MotoGP di Sepang terpaksa dibatalkan," demikian tulis IRTA dalam keterangan resminya seperti dilansir GPOne.

1. Untuk tes di Qatar, akan ada pemberitahuan lebih lanjut

Malaysia Darurat Nasional, Tes MotoGP di Sepang Dibatalkanmotoamerica.com

Lalu, untuk tes di Losail, Qatar, yang bakal digelar Maret 2021 mendatang, IRTA menyebut hal tersebut masih perlu konfirmasi lebih lanjut. Mereka berjanji akan segera mengabarkan segala sesuatuny jika konfirmasi sudah didapatkan.

"Tes MotoGP di Qatar, yang sedianya bakal diadakan di Losail pada 10-12 Maret, juga masih akan dikonfirmasi lagi. Kami akan memberitahukan segala perkembangan atau perubahannya jika memang sudah ada konfirmasi lebih lanjut," ujar IRTA dalam keterangan resminya.

Baca Juga: MotoGP: Davide Brivio dan Suzuki Resmi Berpisah

2. Raja Malaysia umumkan keadaan darurat nasional

Malaysia Darurat Nasional, Tes MotoGP di Sepang DibatalkanIlustrasi jalanan protokol di Kuala Lumpur, Malaysia (IDN Times/Santi Dewi)

Raja Malaysia Sultan Abdullah Sultan Ahmad Shah mengumumkan status keadaan darurat nasional pada Selasa (12/1/2021). Langkah ini diambil untuk membendung penyebaran COVID-19 yang mencapai rekor tertinggi di Malaysia.

Deklarasi itu mengejutkan karena Perdana Menteri Muhyiddin Yassin tidak ada membahas rencana tersebut sebelumnya pada Senin, ketika mengumumkan penguncian nasional, menurut South China Morning Post.

“Persetujuan ini juga mempertimbangkan keamanan pribadi rakyat dan kepentingan terbaik negara. Itu juga berdasarkan statistik COVID-19 saat ini,” kata istana dalam pernyataan yang dirilis Selasa pagi. Dalam pernyataan juga disebutkan bahwa Raja Abdullah telah bertemu dengan Muhyiddin malam sebelumnya.

3. Penundaan di Sepang bisa saja berpengaruh terhadap tes di Qatar

Malaysia Darurat Nasional, Tes MotoGP di Sepang Dibatalkanmotogp.com

Dilansir GPOne, penundaan tes MotoGP di Sepang ini akan memberikan dampak terhadap tes yang dilakukan di Losail nantinya. Oleh karena itu, pada Kamis (14/1/2021) mendatang, tim-tim MotoGP akan menggelar pertemuan secara virtual.

Pertemuan antar tim-tim MotoGP ini nantinya akan membahas tentang bagaimana tes musim ini sebaiknya dilaksanakan. Bisa jadi, jika jadwal tes nantinya molor, hal itu bakal berpengaruh terhadap kalender MotoGP 2021.

Baca Juga: Bos Suzuki MotoGP Davide Brivio Dikabarkan Pindah ke Alpine F1

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya