Menpora: 7 Atlet PON Papua Tidak Kabur dari Tempat Isolasi

Semua karena hasil tes PCR yang terlambat

Jakarta, IDN Times - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali meluruskan isu terkait adanya tujuh atlet PON Papua 2021 yang teridentifikasi positif COVID-19 kabur dari tempat karantina atau isolasi. Menurut Zainudin, ketujuh atlet ini sejatinya sudah menjalani tes PCR dan antigen.

Tujuh atlet ini berasal dari beberapa daerah. Mereka semua berasal dari Tarakan, Kalimantan Utara, sebanyak satu orang, Jambi dua orang, Sidoarjo, Jawa Timur, sebanyak tiga orang, dan satu atlet lainnya berasal dari Yogyakarta.

"Terdapat informasi sebanyak tujuh orang seolah-olah kabur. Tetapi tidak seperti itu kenyataannya. Karena kalau untuk naik ke pesawat, itu pasti ada suratnya, minimal antigen. Jadi mereka yang pergi itu sudah di antigen," ujar Zainudin, Senin (12/10/2021).

Baca Juga: Atlet PON Papua Wajib Karantina 5 Hari Usai Tanding, Biaya dari Pemda 

1. Semua karena hasil tes PCR yang terlambat keluar

Menpora: 7 Atlet PON Papua Tidak Kabur dari Tempat IsolasiIlustrasi uji swab PCR.IDN Times/GrabHealth

Zainudin mengatakan, semua disebabkan keterlambatan dari hasil tes PCR yang dilakukan oleh ketujuh atlet tersebut, lantaran kurangnya faslitas untuk lab PCR di Papua. Di sisi lain, banyak juga atlet yang melakukan PCR untuk kepentingan kepulangannya ke daerah asal.

Zainudin pun memperkirakan, hal serupa akan terjadi lagi ke depannya, meski dia berharap keterlambatan ini tidak lagi terjadi kelak. Dia pun menegaskan jika tujuh atlet tersebut tidak kabur. Semua karena hasil tes PCR yang terlambat.

"Jadi sekali lagi dan perlu dicatat jika mereka bukannya kabur. Mereka sudah ada suratnya, kalau tidak ada, tidak mungkin mereka bisa naik pesawat, tetapi karena hasil tes PCR nya yang terlambat, maka baru bisa diketahui di sana," tegas Zainudin.

Baca Juga: Ketika Masyarakat Papua Mulai Gila Renang di PON XX

2. PON Papua dijaga dari berbagai aspek

Menpora: 7 Atlet PON Papua Tidak Kabur dari Tempat IsolasiPelari Sumut Agustina Mardika Damanik usai memenangkan lari 1.500 meter putri PON XX Papua di Stadion Atletik, Mimika Sport Complex, Senin (11/10/2021). (Dok.PB PON XX Papua /Rommy Pujianto)

Zainudin mengatakan jika perhelatan PON Papua ini benar-benar dijaga terhadap semua aspeknya, termasuk dalam aspek penanganan COVID-19. Semuanya dalam keadaan yang aman, tidak ada terkesan seolah-olah lari dari karantina dan seolah-olah tidak ada yang menjaga.

"Semua melakukan pengawasan. Jika terkonfirmasi ada yang positif, akan langsung dilakukan isolasi, seperti di Kapal Tidar, rumah sakit dan lain sebagainya. Jadi sekali lagi, saya meluruskan, tidak ada atlet, pelatih, atau ofisial yang kabur dari ini tanpa sepengetahuan dari panitia," ujarnya.

3. Sempat beredar kabar tujuh atlet PON Papua kabur

Menpora: 7 Atlet PON Papua Tidak Kabur dari Tempat IsolasiPara perain medali emas, perak dan perunggu PON XX Papua di nomor panjat tebing putri. (PB PON XX PAPUA 2021 Papua/Angga Eriyawan)

Isu mengenai kaburnya tujuh atlet PON Papua ini dari tempat isolasi disuarakan oleh Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin, pada Senin (11/10/2021). DIa mengungkapkan, ketujuh atlet ini kabur dari tempat isolasi sebelum masa isolasi usai.

"Mereka (tujuh atlet PON Papua ini) keluar dari tempat isolasi sebelum masa isolasi mandirinya selesai. Atas arahan Presiden kepada para atlet yang keburu kembali ke tempat asalnya sebelum isolasinya selesai, segera dikarantina atau diisolasi di tempat kedatangan," ujar Budi.

Baca Juga: Klasemen Sementara PON XX Papua 2021, Jateng Cuma Tambah 2 Emas 

Topik:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya