Misteri Lesunya Fabio Quaratararo di MotoGP Jerez

Ternyata, Quartararo dilanda masalah

Jakarta, IDN Times - Sejak sesi latihan bebas pertama hingga babak kualifikasi MotoGP Jerez, semua berjalan lancar bagi Fabio Quartararo. Namun, semua berubah saat MotoGP Jerez memasuki sesi balapan pada Minggu (2/5/2021).

Quartararo, yang sejatinya mampu mengunci pole position di Jerez, harus rela mengakhiri balapan di posisi 13. Dia gagal mempertahankan catatan apik yang sudah ditorehkan dalam dua seri sebelumnya.

Tetapi, yang paling menarik perhatian, mengapa Quartararo bisa terjerembab sejauh itu dari posisi satu? Apa sebenarnya yang terjadi pada pembalap asal Prancis tersebut?

1. Quartararo tiba-tiba kehilangan kekuatan di lengannya

Misteri Lesunya Fabio Quaratararo di MotoGP Jerezinstagram.com/fabioquartararo20

Beragam spekulasi pun hadir, buah dari buruknya performa Quartararo di Jerez. Ada yang menyebut jika motor dari Quartararo ini bermasalah, terutama di bagian ban. Memang, isu ban motor pernah menimpa Quartararo di awal MotoGP 2021.

Namun, ternyata Quartararo mengalami masalah di lengannya. Tiba-tiba saja, seiring balapan berjalan, lengannya kehilangan kekuatan dan tidak bisa memompa lagi. Hal itu pun pada akhirnya berpengaruh terhadap kecepatan motornya ketika balapan.

"Saya punya masalah besar dengan lengan. Sangat menyedihkan sekali karena sebenarnya saya sudah start paling depan. Kami sebenarnya sudah berada di jalan yang benar lalu masalah lengan ini datang. Sangat mengecewakan," ujar Quartararo, dilansir Crash.

Baca Juga: Hasil MotoGP Jerez: Perjuangan Jack Miller yang Luar Biasa

2. Quartararo memang pernah mengalami masalah ini sebelumnya

Misteri Lesunya Fabio Quaratararo di MotoGP Jerezgpone.com

Pada 2019 lalu, Quartararo juga pernah mengalami masalah serupa. Alhasil, dia menjalani operasi untuk meningkatkan kekuatan lengannya, dengan cara menggunting lemak-lemak kecil di sekitar otot agar darah bisa mengalir. Pada 2020, dia juga mengalami masalah lengan ini di Portimao.

"Biasanya, di Jerez saya tidak apa-apa. Tetapi, entah kenapa tahun ini, saya seolah tidak punya kekuatan (untuk memompa lengan saya). Sebenarnya, saya sudah tidak punya kekuatan lagi untuk membalap, namun saya tetap memaksakan diri agar dapat meraih poin," ujar Quartararo.

3. Quartararo sekarang ingin beristirahat

Misteri Lesunya Fabio Quaratararo di MotoGP JerezInstagram

Setelah melalui sesi balapan yang melelahkan di Jerez, Quartararo mengakui ingin beristirahat sementara waktu. Malah, dia dikabarkan tidak akan mengikuti tes pasca balapan. Tim dokter dari Yamaha juga akan memeriksa kondisi dari Quartararo lebih lanjut.

"Kami harus memikirkan itu juga. Saat ini, saya hanya ingin beristirahat, ingin menepikan otak saya terlebih dahulu. Karena, jujur saya tidak bisa berpikir dengan baik saat ini. Saya takut salah mengambil keputusan," ujar Fabio Quartararo.

Baca Juga: Dihantui Masalah Ban, Fabio Quartararo Merasa Senasib dengan Rossi

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya