Comscore Tracker

Nomor 46 Milik Valentino Rossi akan Dipensiunkan dari MotoGP

Nomor 46 akan dipensiunkan di Mugello

Jakarta, IDN Times - Nomor 46 adalah sesuatu yang identik dengan Valentino Rossi di MotoGP. Selama 26 berkarier di dunia balap motor paling bergengsi di dunia tersebut, Rossi mencatatkan beragam torehan manis dan pahit dengan nomor ini.

Total, ada sembilan gelar dunia dan juga 115 kemenangan di MotoGP yang Rossi catatkan bersama nomor 46. Seiring dengan pensiunnya Rossi dari MotoGP, nomor 46 pun tidak lagi memiliki tuan. Pihak MotoGP mengambil sebuah keputusan bijak.

MotoGP dikabarkan akan memensiunkan nomor 46 milik Rossi ini. Sebab, mereka sadar, nomor ini sudah kadung melekat pada pembalap yang dijuluki The Doctor ini dan tak akan bisa lagi dipakai pembalap-pembalap lain.

1. Nomor 46 akan dipensiunkan di Mugello

Nomor 46 Milik Valentino Rossi akan Dipensiunkan dari MotoGPValentino Rossi menunduk jelang balapan GP Catalunya (motogp.com)

Dalam pernyataan resminya, MotoGP mengungkapkan akan mempensiunkan nomor 46 di Sirkuit Mugello, Italia. Nantinya, proses pensiunnya nomor ini akan dilakukan bersamaan dengan bergulirnya MotoGP Italia, 29 Mei mendatang.

"Nomor 46 akan dipensiunkan dari MotoGP di Sirkuit Mugello. Proses pensiunnya nomor ini akan dilangsungkan bersamaan dengan babak kualifikasi MotoGP Italia," tulis pernyataan resmi MotoGP.

Baca Juga: 5 Alasan Valentino Rossi Masih Ditunggu Khalayak MotoGP

2. Valentino Rossi hadir dalam acara di Mugello

Nomor 46 Milik Valentino Rossi akan Dipensiunkan dari MotoGPmotogp.com

MotoGP juga mengonfirmasi bahwa Rossi akan hadir dalam acara pensiunnya nomor 46 di Mugello ini. Dia akan menyaksikan langsung bagaimana nomor balapnya dipensiunkan, setelah 26 tahun berkarier di MotoGP dengan nomor tersebut.

"Rossi akan hadir dalam acara pensiunnya nomor 46 ini, karena dia telah membalap selama 26 musim bersama nomor tersebut, menciptakan banyak kesuksesan sehingga dia layak masuk MotoGP Legends Hall of Fame," ujar pernyataan resmi MotoGP.

3. Sudah banyak nomor dipensiunkan di MotoGP

Nomor 46 Milik Valentino Rossi akan Dipensiunkan dari MotoGPMarco Simoncelli (motogp.com)

Proses mempensiunkan nomor di MotoGP tidak hanya terjadi pada Rossi saja. Sebelumnya, ada juga beberapa nomor yang dipensiunkan, seperti nomor 69 milik Nicky Hayden, nomor 48 milik Shoya Tomizawa, serta nomor 58 milik Marco Simoncelli.

Valentino Rossi memang jadi salah satu pembalap yang paling berpengaruh di MotoGP. Selain meraih banyak gelar selama 26 tahun terakhir, dia juga sukses melebarkan sayap ajang balap motor ini ke seluruh dunia.

Baca Juga: Motivasi Enea Bastianini Ikuti Jejak Valentino Rossi

Topic:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya