Comscore Tracker

Penghargaan Buat Bill Russell, NBA Pensiunkan Nomor 6

Nomor 6 Bill Russell tak boleh lagi dipakai

Jakarta, IDN Times - NBA memberikan penghargaan kepada salah satu legenda mereka yang baru meninggal dunia beberapa waktu lalu, Bill Russell. Mereka berencana untuk mempensiunkan nomor 6 yang dipakai Russell selama berkarier.

Hal ini merupakan salah satu upaya dari NBA untuk menghormati Russell selaku legenda NBA. Apalagi, selama membela Boston Celtics, Russell juga tidak cuma menorehkan prestasi, tetapi membawa banyak perubahan di NBA.

1. Alasan NBA memensiunkan nomor 6 Bill Russell

Penghargaan Buat Bill Russell, NBA Pensiunkan Nomor 6nba.com

Komisioner NBA, Adam Silver, menyebutkan alasan-alasan kenapa NBA memutuskan untuk memensiunkan nomor 6. Menurut Silver, kesuksesan yang didapat oleh Russell harus mendapatkan penghagraan yang unik dan historis.

"Sukses yang didapat oleh Bill Russell, terutama dalam hal dirinya yang memperjuangkan hak asasi manusia harus diberi penghargaan dengan cara yang unik. Memensiunkan nomor 6 adalah cara kami untuk melakukan itu," ujar Silver, dilansir Marca.

2. Nomor 6 akan mulai dipensiunkan pada musim 2022/23

Penghargaan Buat Bill Russell, NBA Pensiunkan Nomor 6Bill Russell (nba.com)

Proses pemensiunan nomor 6 milik Bill Russell ini akan berlaku di NBA 2022/23. Jadinya, nanti nomor 6 tidak boleh dipakai oleh atlet-atlet NBA yang lain, sama halnya seperti nomor 24 milik Jackie Robinson yang tak boleh dipakai di Liga Baseball (MLS).

"Aksi Bill (Russell) di dalam dan di luar lapangan membantu pemain-pemain dari generasi selanjutnya dan kami harus bersyukuruntuk itu. Kami harus meneruskan semangat yang telah dia kobarkan selama ini," ujar Silver.

3. Bill Russell meninggal, kehilangan besar bagi basket Amerika Serikat

Penghargaan Buat Bill Russell, NBA Pensiunkan Nomor 6gigantes.com

Salah seorang legenda NBA, Earvin 'Magic' Johnson, mengungkapkan rasa duka mendalam atas meninggalnya Russell. Dalam akun Twitter pribadinya, dia berujar meninggalnya Russell merupakan kehilangan besar bagi basket Amerika Serikat.

"Ini (meninggalnya Bill Russell) adalah salah satu kehilangan terbesar bagi basket Amerika Serikat dan NBA. Saya dan istri mendoakan yang terbaik untuk keluarga Bill, juga untuk semua komunitas basket di Amerika Serikat yang turut kehilangan," ujar Johnson.

Baca Juga: 5 Pelatih NBA Musim Ini yang Pernah Juara NBA Saat Jadi Pemain

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya