Petuah Lilyana Natsir buat Atlet Indonesia di Olimpiade 2020

Lilyana ingin Indonesia jaga mental

Jakarta, IDN Times - Mantan pebulu tangkis Indonesia sekaligus peraih medali emas di Olimpiade 2016 Rio de Janeiro, Lilyana Natsir, memberikan pesan bagi para atlet Indonesia di Olimpiade 2020. Selain latihan keras, dia juga meminta para atlet untuk menjaga kondisi mental.

Lilyana berujar, perkara mental bukan sesuatu yang remeh. Berdasarkan pengalamannya, ada atlet yang masuk kategori unggulan, tetapi pada akhirnya gagal meraih medali karena kondisi mental yang tidak stabil jelang pertandingan.

"Sepengalaman saya, beberapa pemain unggulan bahkan ada yang tidak dapat medali, karena mentalnya tidak siap. Apalagi, di Olimpiade itu tidak ada yang pasti, tak ada yang mustahil. Jadi, mental mesti disiapkan," ujar Lilyana dalam jumpa pers virtual, Senin (19/7/2021).

1. Olimpiade sajikan atmosfer berbeda

Petuah Lilyana Natsir buat Atlet Indonesia di Olimpiade 2020pinterest

Butet (sapaannya) juga mengungkapkan, mental jadi penting lantaran atmosfer yang disajikan Olimpiade benar-benar berbeda. Menurutnya, Olimpiade itu kerap memberikan rasa tegang tersendiri, dibandingkan kejuaraan-kejuaraan olahraga lainnya.

"Olimpiade ini beda, makanya harus siap mental. Olimpiade punya tekanan dan level pertandingan yang beda. Mental ini harus dijaga dan persiapkan dengan baik. Mental tidak siap, biasanya kita bisa luput," ujar Lilyana.

Baca Juga: Kampung Atlet Olimpiade Berpotensi Jadi Klaster COVID-19

2. Lilyana berpesan agar atlet tampil maksimal

Petuah Lilyana Natsir buat Atlet Indonesia di Olimpiade 2020bwfbadminton.com

Lebih lanjut, Lilyana berpesan agar atlet tampil maksimal. Kesempatan untuk tampil Olimpiade adalah sesuatu yang langka, dan itu harus benar-benar dimaksimalkan oleh para atlet. Dia pun ingin agar tradisi emas Indonesia terus berlanjut di 2020.

"Saya titip pesan juga buat teman-teman, kesempatan mungkin tidak akan datang dua kali, dan empat tahun ke depan kita belum tentu bisa ikut lagi. Kita berdoa semoga tradisi emas Olimpiade tidak hanya dari bulu tangkis saja, semoga dari cabor lain juga bisa," ujar Lilyana.

3. KOI luncurkan logo untuk Olimpiade 2020

Petuah Lilyana Natsir buat Atlet Indonesia di Olimpiade 2020Logo dan Seragam Baru Tim Olimpiade Indonesia. (dok. Media KOI)

Komite Olimpiade Indonesia (KOI) resmi meluncurkan logo dan seragam baru untuk kontingen yang bertanding di ajang Olimpiade 2020 Tokyo. Ada perubahan logo yang dilakukan oleh kontingen Indonesia di ajang ini.

Jika pada Asian Games 2018 Indonesia menggunakan obor sebagai logo, kali ini, mereka menggunakan lambang burung Garuda, yang disatukan dengan lima cincin Olimpiade, plus dibalut lingkaran bendera merah putih, sebagai logo.

Menurut perwakilan KOI, Arlan Lukman, perubahan ini merupakan sebuah langkah pembaruan. Berdasarkan filosofi 'Garuda di Dadaku', dia ingin lewat logo baru ini, Garuda akan selalu berada di dada para anggota kontingen Indonesia di Olimpiade 2020.

Baca Juga: Logo Baru Tim Indonesia di Olimpiade, Garuda Tetap di Dada

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya