Comscore Tracker

Presiden Jokowi Serahkan Bonus Rp130,5 Miliar Buat Atlet SEA Games

Bonus diberikan langsung oleh Presiden

Jakarta, IDN Times - Para atlet peraih medali SEA Games 2021 resmi mendapatkan bonus dari pemerintah. Bonus ini diberikan oleh Presiden Joko 'Jokowi' Widodo dalam acara penerimaan atlet di Istana Merdeka, Senin (13/6/2022).

Presiden Jokowi berujar, total bonus yang diberikan kepada atlet kurang lebih berjumlah Rp130,5 miliar. Untuk pelatih dan asisten pelatih juga turut mendapatkan bonus, yakni Rp32 miliar.

"Hari ini akan kami serahkan bonus penghargaan kepada para atlet, pelatih, dan asisten pelatih. Kepada para atlet yang kami berikan kurang lebih Rp130,5 miliar. Sementara, pelatih dan asisten, jumlahnya Rp32 miliar," ujar Jokowi dalam siaran di YouTube Sekretariat Presiden, Senin (13/6/2022).

1. Harapan agar memberikan inspirasi

Presiden Jokowi Serahkan Bonus Rp130,5 Miliar Buat Atlet SEA GamesPresiden Jokowi lantik Dewan Pengarah BPIP dan Kepala BPIP (youtube.com/Sekretariat Presiden)

Jokowi juga berharap, bonus yang diberikan diharapkan dapat memberikan suntikan motivasi bagi atlet-atlet lain, agar nantinya bisa berprestasi lebih di ajang internasional. Dia juga ingin agar para atlet lebih semangat mengharumkan nama bangsa.

"Semoga ini memberikan inspirasi, memberikan motivasi kepada atlet-atlet yang lain untuk nantinya di ajang internasional apa pun bisa mengharumkan nama bangsa dan negara," tutur Jokowi.

Baca Juga: Menpora: Bonus SEA Games 2021 Diserahkan Senin di Istana

2. Jokowi apresiasi perubahan paradigma pembinaan olahraga

Presiden Jokowi Serahkan Bonus Rp130,5 Miliar Buat Atlet SEA GamesPresiden Joko Widodo memimpin rapat terbatas di Kantor Presiden, Jakarta, Rabu (26/2/2020) (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Dalam kesempatan yang sama, Jokowi juga mengapresiasi perubahan paradigma pembinaan olahraga nasional, yang tengah digencarkan oleh Kemenpora. Dia senang, ekosistem baik yang tengah dibentuk ini mulai menunjukkan hasil,

Jokowi berkaca pada hasil yang didapat Indonesia di beberapa gelaran SEA Games sebelumnya. Ada peningkatan hasil mulai dari peringkat lima SEA Games 2015, hingga kini peringkat tiga SEA Games 2021, dengan jumlah atlet yang lebih sedikit.

"Betul yang disampaikan Menpora tadi membangun ekosistem yang baik itulah yang akan memberikan hasil. Kerja juga fokus, kirim tidak usah banyak-banyak sampai 840 kayak tahun sebelumnya. Tetapi hasilnya meningkat," ujar Jokowi.

3. Indonesia berprestasi di SEA Games 2021

Presiden Jokowi Serahkan Bonus Rp130,5 Miliar Buat Atlet SEA GamesPemberian Bonus bagi Atlet SEA Games 2021 di Istana Negara. (youtube.com/Sekretariat Presiden)

Tim Indonesia sukses finis di posisi tiga besar klasemen medali SEA Games 2021. Kontingen Indonesia sukses menutup ajang yang dihelat di Vietnam itu dengan mengoleksi 241 keping medali.

Rinciannya, tim Indonesia meraih 69 medali emas, 92 perak, dan 80 perunggu. Torehan ini jadi catatan apik kontingen Merah Putih di SEA Games 2021, sekaligus mengungguli Filipina dan Singapura, yang menempati posisi empat serta lima.

Berikut adalah rincian bonus yang didapat para atlet SEA Games 2021, berdasarkan kategori medali dan nomor yang didapat.

Peraih emas tunggal: Rp 500 juta
Peraih emas ganda: Rp 400 juta
Peraih emas beregu: Rp350 juta

Peraih perak tunggal: Rp300 juta
Peraih perak ganda: Rp240 juta
Peraih perak beregu: Rp210 juta

Peraih perunggu tunggal: Rp150 juta
Peraih perunggu ganda: Rp120 juta
Peraih perunggu beregu: Rp105 juta

Baca Juga: Menilik Performa DBON di Ajang SEA Games 2021

Topic:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya